Berkedok Guru Spiritual, Pria Batola Cabuli Empat Jemaah, Satu dari Tapin! Dukung Industri Otomotif, SKF Siapkan Komponen Kendaraan Hybrid dan Listrik Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru
agustus

Bawa Sabu, Sopir Truk Asal Simpang Empat Banjar Ditangkap Polisi Batola

- Apahabar.com     Sabtu, 6 Agustus 2022 - 21:08 WITA

Bawa Sabu, Sopir Truk Asal Simpang Empat Banjar Ditangkap Polisi Batola

Pelaku AM dan sejumlah barang bukti yang disita Polres Barito Kuala dalam kasus tindak pidana peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Seorang sopir truk berinisial AM (39), ditangkap Sat Resnarkoba Polres Barito Kuala akibat membawa sabu, Jumat (5/8).

Warga Desa Pasar Lama Kecamatan Simpang Empat, Banjar, tersebut ditangkap ketika sedang mengemudi truk di pinggir jalan hauling PT Talenta Bumi Kilometer 2, Kelurahan Lepasan, Bakumpai.

“Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan masyarakat yang ditindaklanjuti dengan penyelidikan,” papar Kapolres Batola AKBP Diaz Sasongko, melalui Kasi Humas AKP Abdul Malik, Sabtu (6/8).

“Setelah dilakukan penggeledahan, pelaku menyimpan 2 paket sabu dengan total berat kotor 0,47 gram,” imbuhnya.

Selain mengambil barang bukti sabu, polisi juga menyita ponsel dan truk Hino 500PC bernomor RK 117 yang dikemudikan pelaku.

Sinar Batola

Diketahui penanganan peredaran dan penyalahgunaan narkotika menjadi salah satu fokus utama Polres Batola, selain tindak pidana maupun program lain.

Bahkan Kapolres Batola mengancam akan menindak tegas anggota yang terlibat, baik dalam peredaran maupun penyalahgunaan narkotika.

“Kami siap memberikan efek jera tanpa pandang bulu. Kalau memang anggota terkait pelanggaran, pasti langsung ditindak,” tegas Diaz Sasongko.

“Memang akan menyedihkan, tetapi penindakan itu sekaligus menjadi edukasi kepada masyarakat tentang efek buruk narkotika,” imbuhnya.

Selain penindakan ekspresif, penanganan peredaran dan penyalahgunaan narkotika juga dilakukan melalui kegiatan-kegiatan preventif dan preemtif.

“Kami bersyukur Pemkab dan BNN Batola sudah memiliki Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar),” papar Diaz yang sebelumnya menjabat Kasubdit 3 Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalsel.

“Kami juga punya memiliki Kampung Tangguh Narkoba, ditambah program khusus penyuluhan narkoba Bersih Narkoba Sejak Dini di Batola (Sinar Batola),” tambahnya.

Sinar Batola sendiri menyasar usia rentan seperti pelajar dan mahasiswa. Penyuluhan ini dilakukan rutin ke seluruh kawasan, terutama yang memiliki persentase pengungkapan tindak pidana narkotika tinggi.

“Memang akan membosankan kalau materi yang disampaikan itu-itu saja. Namun kalau terus-menerus diberikan pemahaman dan motivasi, insyallah generasi muda akan memahami bahwa narkoba merusak semua sendi kehidupan,” tandas Diaz.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Mardani H Maming

Hot Borneo

Pakar Hukum: Kesaksian Mardani Lewat Virtual dengan Kehadiran Langsung Punya Nilai Setara
Warga Pasar Batuah

Hot Borneo

Pertemuan Berujung Buntu, Warga Pasar Batuah Tolak Mentah-Mentah Tawaran Pemkot Banjarmasin!
rapat dprd dan pupr banjarmasin

Hot Borneo

Hasrat Banjarmasin Bangun Jembatan Apung Sei Martapura Dapat Reaksi, DPRD; Tunda!
Haul Abah Guru Kapuh

Hot Borneo

Haul Abah Guru Kapuh ke-1: Jemaah Diminta Manut dengan Relawan
Martapura

Hot Borneo

Berdiri di Tanah Negara, Warga Martapura Pasrah Bangunannya Dibongkar!
senpi rakitan kotabaru

Hot Borneo

Miliki Senpi Rakitan, Pria Kotabaru Ditangkap Polisi

Hot Borneo

Jelang Lebaran, Ibnu Sina Keluarkan Aturan: dari Salat Berjemaah hingga Takbir Keliling
Penyekatan Kapuas

Hot Borneo

Jelang Iduladha, Kapuas Perketat Mobilisasi Angkutan Hewan Ternak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com