Gerak Cepat Polres Batola Bongkar Komplotan Garong Lintas Daerah Kemenhub Intensifkan Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan untuk Stabilkan Harga Tiket Pesawat Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan
agustus

Bawas Mahkamah Agung Periksa 3 Hakim yang Vonis Bebas Terdakwa Narkoba di Palangkaraya

- Apahabar.com     Selasa, 2 Agustus 2022 - 19:02 WITA

Bawas Mahkamah Agung Periksa 3 Hakim yang Vonis Bebas Terdakwa Narkoba di Palangkaraya

Humas Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Wahyu Prasetyo Wibowo. Foto-apahabar.com/Andre.

apahabar.com, PALANGKA RAYA – 3 orang Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Palangka Raya yang memvonis bebas terdakwa pidana narkoba atas nama Salihin alias Saleh diperiksa Badan Pengawas Mahkamah Agung RI.

Kasus ini sempat memunculkan gejolak penolakan oleh sejumlah Ormas Dayak di Kalteng. Pasalnya, ada dugaan pelanggaran yang dilakukan Majelis Hakim ketika menangani kasus tersebut.

Humas Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Wahyu Prasetyo Wibowo saat diwawancarai apahabar.com, Selasa (2/8) siang menuturkan bahwa 3 orang Hakim tersebut sebelumnya telah dinonaktifkan sampai hari ini untuk tidak menangani perkara baru.

“Mereka yang dinonaktifkan posisinya saat ini tidak boleh menangani perkara haru sampai nanti dikeluarkannya hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pengawas Mahkamah Agung RI,” terangnya.

Wahyu pun belum tahu kapan keputusan dari pihak Badan Pengawas Mahkamah Agung akan keluar, namun pemeriksaan terhadap 3 orang hakim tersebut telah dilakukan belum lama ini.

“Hasil keputusan pemeriksaan Badan Pengawas Mahkamah Agung ini nanti akan ditembuskan langsung ke pihak Pengadilan Negeri Kelas 1A Palangka Raya,” katanya.

Wahyu menegaskan bahwa Pengadilan Tinggi Palangka Raya waktu itu hanya sebagai penerima laporan secara administrasi dari Pengadilan Negeri Kelas 1A Palangka Raya terkait dugaan pelanggaran 3 orang Hakim tersebut. Kasus tersebut kiini ditangani Badan Pengawas Mahkamah Agung RI untuk dilakukan pemeriksaan.

“Saya tidak berani berspekulasi terkait apa nanti hasil pemeriksaanya oleh Bawas, namun secara umum jika ditemukan pelanggaran akan dikenakan sanksi mulai dari yang ringan, sedang hingga paling berat,” jelasnya.

Untuk pemeriksaan terhadap 3 orang Hakim yang memvonis bebas terdakwa atas perkara Narkoba akan dilakukan pemeriksaan mulai apakah ada pelanggaran hukum acara, materiil dan kode etik hakim.

Disinggung mengenai kasasi yang dilakukan oleh Pihak Kejaksaan atas putusan bebas terhadap terdakwa Salihin alias Saleh Puntun ini, Wahyu mengatakan bahwa upaya tersebut dilakukan di Mahkamah Agung.

“Untuk setiap hasil putusan bebas atau lepas dari jeratan hukum, itu upaya kasasinya di Mahkamah Agung, terkecuali terkait pengurangan atau penambahan hukuman hasil dari putusan itu di Pengadilan Tinggi,” tandasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Bawa Sajam, Pria di Batulicin Diamankan Polisi

Hot Borneo

Tinggalkan Polres Batola, AKBP Lalu Arif Simpan Sederet Kenangan
FKP-IKASBA

Hot Borneo

FPK-IKASBA Gencar Bagikan Semangat Kedamaian di Tengah Warga Antar Etnis di Kalsel
Pencuri motor di Balikpapan

Hot Borneo

Ditangkap! IRT Curi Motor Bawa Anak di Balikpapan Pura-pura Gila
UMKM Binaan Pertamina

Hot Borneo

UMKM Binaan Pertamina Mejeng di GBBI Kalsel 2022
BNPT

Hot Borneo

Mitigasi Masuknya Paham Radikal, BNPT Gelar Deklarasi Kesiapsiagaan di Kalsel

Hot Borneo

Polisi Ungkap Modus Guru Cabul SMK Banjarmasin

Hot Borneo

Brakkk! Tronton vs Motor, 1 Tewas Terjepit Roda Truk
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com