Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan Tindaklanjuti Instruksi Kapolri, Polda Kalsel Siap Copot Anggota Tersandung Pidana Dari Rekaman CCTV Menunjukkan Putri Candrawathi Ada di Lokasi Pembunuhan
agustus

Buntut Laka Maut Muara Rapak, Wali Kota Balikpapan hingga Presiden Digugat

PBH Peradi Balikpapan yang mendaftarkan gugatan warga negara atau citizen lawsuit ke Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan, Selasa (2/8).
- Apahabar.com     Rabu, 3 Agustus 2022 - 01:11 WITA

Buntut Laka Maut Muara Rapak, Wali Kota Balikpapan hingga Presiden Digugat

PBH) Peradi Balikpapan yang mendaftarkan gugatan warga negara atau citizen lawsuit ke Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan, Selasa (2/8). Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Kecelakaan maut yang terjadi di turunan Muara Rapak Balikpapan jadi atensi masyarakat.

Pasalnya di lokasi ini sudah terlalu sering alami kecelakaan dan menelan sejumlah korban jiwa.

Hal ini pun memantik reaksi sejumlah masyarakat yang mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam menangani persoalan laka maut di Muara Rapak itu.

Salah satunya Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Balikpapan yang mendaftarkan gugatan warga negara atau citizen lawsuit ke Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan, Selasa (2/8).

Gugatan tersebut dilayangkan kepada Presiden, Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum, Gubernur Kaltim, Wali Kota Balikpapan, DPRD Kaltim, dan DPRD Kota Balikpapan.

PBH Peradi Balikpapan menilai pemerintah tidak serius dalam menangani persoalan kecelakaan di turunan Muara Rapak.

“Hari ini kami serahkan berkas gugatan citizen lawsuit terkait tragedi laka Rapak yang disebabkan dari kesalahan tata kelola dan pengaturan lalu lintas yang ada di tempat itu,” kata Ketua PBH Peradi Balikpapan, Ardiansyah.

Ia berharap gugatannya diterima oleh pengadilan, khususnya terkait penataan kembali lalu lintas di sekitar area tersebut. Seperti pembangunan fisik, mencakup pelebaran jalan hingga pembangunan fly over, ataupun pengaturan lalu lintas di kawasan Muara Rapak.

Ardiansyah mengatakan selama ini kecelakaan maut terus terjadi hampir setiap tahunnya di lokasi ini dan telah menelah puluhan korban jiwa serta luka-luka.

“Perhitungan kami selama 13 tahun terakhir ini diatas 10 korban yang kehilangan nyawa akibat dari pihak pemangku kebijakan. Sehingga melalui gugatan ini apabila dikabulkan maka tidak ada lagi alasan pemerintah atau negara bertindak untuk melakukan perbaikan terhadap lalu lintas di daerah tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Panitera PN Balikpapan, Munir Hamid mengatakan gugatan citizen lawsuit itu nantinya akan diproses dan disampaikan kepada Kepala PN Balikpapan untuk menunjuk hakim yang akan menyidangkan.

“Akan kami panggil secepatnya pihak-pihak tergugat. Tapi terkait waktu, itu kewenangan hakim untuk menentukan kapan disidangkan,” pungkasnya.

Sidang Putusan Laka Maut Muara Rapak Balikpapan, Sopir Truk Divonis 9 Tahun Penjara

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Pemerintah Sudah Transfer Uang Kartu Prakerja Gelombang 1
Kaltim

Tak Berkategori

Ratusan Gram Sabu Gagal Edar di Kukar, Polda Kaltim Ringkus 1 Pelaku

Tak Berkategori

Nginx: Pengertian dan Cara Kerjanya
apahabar.com

Tak Berkategori

Realisasi Investasi Kalsel Masih di Bawah Kaltim, dan Kalbar!
apahabar.com

Tak Berkategori

Mengenal Kanker Tenggorokan yang Diidap Eddie Van Halen
apahabar.com

Tak Berkategori

Pemkab Tala Buka Call Center Covid-19
apahabar.com

Tak Berkategori

Masih Dalam Suasana Lebaran, Adu Tembak Digelar di HSS
apahabar.com

Tak Berkategori

Miliki 93 Paket Sabu, IRT Asal Sungai Rangas Ulu Dibekuk Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com