Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam
agustus

Bupati Banjar dan Wakil Tanam Sawit Program PSR di Cintapuri Darussalam

Bupati Banjar H Saidi Mansyur tanam kelapa sawit program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Cintapuri Darussalam, Rabu (3/8).
- Apahabar.com     Rabu, 3 Agustus 2022 - 22:04 WITA

Bupati Banjar dan Wakil Tanam Sawit Program PSR di Cintapuri Darussalam

Penamaan kelapa sawit oleh Bupati Banjar dan Wakilnya program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Desa Sumber Sari, Kecamatan Cintapuri Darussalam, Rabu (3/8). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Mansyur melakukan penanaman perdana kelapa sawit program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Desa Sumber Sari, Kecamatan Cintapuri Darussalam, Rabu (3/8).

Didampingi Wakilnya Habib Idrus Al-Habsyie, pada kesempatan tersebut Bupati Banjar juga menyerahkan secara simbolis Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) usaha perkebunan dari Pemkab Banjar kepada Ketua Gapoktan Ngudi Rahayu dan Maju Bersama.

Bupati Saidi Mansyur mengatakan, program PSR merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan sawit dengan menjaga luasan lahan, agar perkebunan sawit dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Juga sebagai bentuk dukungan nyata Pemkab Banjar dalam menjaga keberlangsungan pendapatan petani sawit di masa depan, dan menjaga kontinuitas sawit sebagai komoditas strategis bagi perekonomian daerah dan nasional,” ujar Saidi.

Lebih lanjut, industri kelapa sawit mendorong pertumbuhan industri dalam negeri dengan memproduksi lebih dari 146 jenis produk hilir yaitu pangan, produk industri, juga energi. Singkatnya, sawit merupakan komoditas yang selalu diperlukan.

Saidi Mansyur menjelaskan, program PSR di Kabupaten Banjar sudah berjalan 3 tahun dengan areal seluas 466,45 hektare.

Pemiliknya adalah gabungan kelompok tani (Gapoktan) Ngudi Rahayu seluas 172,45 hektare, Gapoktan Maju Bersama seluas 104,5 hektare, serta Koperasi Unit Desa (KUD) Ikhlas Membangun seluas 189 hektare

Bupati Saidi menyebut, tahun 2022 ini Kementerian Pertanian menargetkan penerbitan Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) sebanyak 20 ribu pekebun di 16 provinsi termasuk Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah Kabupaten Banjar tahun 2022 ini bisa menerbitkan sebanyak 208 STDB dari target 200 STDB kita serahkan,” sebutnya.

Ia berharap produktifitas sawit semakin meningkat dan membawa kesejahteraan bagi para pekebun sawit di Kabupaten Banjar.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Banjar

Presiden Jokowi Puji Capaian Vaksinasi Lansia di Kabupaten Banjar
Guru Khalil

Pemkab Banjar

Mantan Bupati Banjar Guru Khalil Wafat, Bupati Saidi Ucapkan Duka Cita
Menteri Sandiaga Uno

Pemkab Banjar

Giliran Pedagang Divaksin, Bupati Banjar: Arahan Menteri Sandiaga Uno
Bupati Banjar Saidi Mansyur

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Terima Anugerah Top 30 SP4N Lapor 2021
Pemkab Banjar

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Bahas Rencana Program Pinjaman Bunga 0 Persen
Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Wakil Habib Idrus Al-Habsyie mengahidiri Haul ke 32 KH Muhammad Seman Mulia, di Jalan Pangeran Abdurrahman, Keraton Martapura, Senin (31/1) malam. Foto-istimewa.

Pemkab Banjar

Bupati dan Wakil Hadiri Haul KH Seman Mulia
Menara Falakiyah Darul Hijrah

Pemkab Banjar

Pertama di Kalsel, Pembangunan Menara Falakiyah Darul Hijrah Martapura Dimulai

Pemkab Banjar

Pemkot Palangka Raya Adopsi Kota Layak Pemuda Kabupaten Banjar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com