Gerak Cepat Polres Batola Bongkar Komplotan Garong Lintas Daerah Kemenhub Intensifkan Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan untuk Stabilkan Harga Tiket Pesawat Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan
agustus

Deretan Film Tentang Kemerdekaan, Nomor 3 ‘Mengandung Bawang’

- Apahabar.com     Jumat, 5 Agustus 2022 - 19:17 WITA

Deretan Film Tentang Kemerdekaan, Nomor 3 ‘Mengandung Bawang’

apahabar.com, JAKARTA – Perjuangan kemerdekaan bangsa punya kisah yang panjang. Dedikasi para pahlawan yang telah gugur, menorehkan sejarah yang menginspirasi generasi masa kini.

Sebagai bentuk dokumentasi, sejumlah rumah produksi mengangkat kisah dari perjalanan tokoh-tokoh bangsa sebagai inspirasi utama dalam pembuatan film.

Film karya anak bangsa tentang perjuangan bertujuan menciptakan rasa nasionalisme masyarakat, terlebih jika menontonnya menjelang HUT Kemerdekaan RI.

Deretan film ini mampu menangkap situasi perjuangan demi meraih kedaulatan bangsa dan menggambarkan situasi yang terjadi pada masa penjajahan.

1. Merah Putih (2009)

Film Merah Putih yang rilis pada tahun 2009 merupakan bagian pertama dari “Trilogi Merdeka”. Ini merupakan salah satu film sejarah terbaik yang mengisahkan para pejuang Indonesia yang kembali melawan Belanda setelah kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1947.

Film ini mungkin menjadi salah satu film nasional yang mendapat sentuhan Hollywood. Hal itu terjadi karena ‘Merah Putih’ melibatkan ahli-ahli Hollywood untuk proses produksinya, salah satunya ahli efek visual Adam Howarth yang sempat sukses dengan ‘Saving Private Ryan‘ dan ‘Blackhawk Down‘.

 

2. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film ini sangat direkomendasikan untuk ditonton pada 17 Agustus karena mengisahkan tentang presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Dalam film ini, penonton akan melihat Soekarno tampil dengan pidato-pidatonya yang penuh semangat.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini begitu detail mulai dari peristiwa pengasingan Soekarno hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Hebatnya, film ini menyabet penghargaan di ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA Award) untuk kategori Skenario Terbaik. Ario Bayu yang berperan sebagai Soekarno serta Lukman Sardi sebagai Moh. Hatta juga masuk dalam nominasi Aktor Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik dalam ajang tersebut.

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Relax

Petik Mangga Pakai Skill Pemandu Sorak, Gadis Ini Bikin Kagum Warganet

Relax

Ratu Kosmetik Hadir di Tanah Bumbu, Produknya Lengkap, Harganya Murah!
Dea Onlyfans

Relax

6 Pengakuan Dea ‘OnlyFans’: Foto Seksi Gegara Iseng hingga Jual Fantasi
Ilustrasi - Pemerintah akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, dan mempersiapkan vaksin penguat (booster) pada Januari 2022. Foto: Reuters

Relax

Waspada! Vaksinasi Tak Mengurangi Risiko Tertular Omicron
Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Relax

Kenali Bahaya Kebiasaan Minum Sambil Berdiri, Bisa Berdampak ke Ginjal!

Relax

Viral Pusar Tak Boleh Dibersihkan, Bahayakah? Ini Kata Ahlinya…
Hadiah utama Review & Win Natur-E Beauty Inside Out. Foto: Istimewa

Relax

Selain Dapat Bingkisan dari Natur-E, 10 Peserta Berikut Berkesempatan Raih Hadiah Utama
Jersey

Relax

Rilis Jersey Baru, Hipmi Kalsel Target Turnamen Sepak Bola di Banua
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com