Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri Kementerian Investasi Kantongi 700 Pengaduan Keberatan IUP yang Dicabut  
agustus

Diversifikasi Ekonomi di Sektor Industri Kecil dan Menengah Dinilai Dapat Memulihkan Perekonomian Bali

- Apahabar.com     Kamis, 4 Agustus 2022 - 18:41 WITA

Diversifikasi Ekonomi di Sektor Industri Kecil dan Menengah Dinilai Dapat Memulihkan Perekonomian Bali

Ilustrasi Pulau Bali. Foto: Rumah123.com

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah sedang mendorong perekonomian Bali, khususnya di sisi sektor kerajinan atau industri kecil dan menengah (IKM). Diketahui Provinsi Bali hidup dari sektor pariwisata, adanya pandemi Covid-19 megakibatkan Bali lumpuh disemua sektor usaha.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, I Wayan Jarta, mengatakan selama pandemi Covid-19 melanda Bali, hal tersebu memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat. Sebab, Provinsi Bali, selama ini bertumpu pada sektor pariwisata.

“Sementara pandemi Covid-19 betul-betul menjadikan sektor pariwisata lumpuh hampir tidak bergerak,” kata Wayan dalam Launching Indonesia Fashion and Craft Award (IFCA), Kamis (4/8).

Ia menyampaikan, pemerintah Provinsi Bali mulai merancang sebuah strategi pembangunan ke depan dengan program transformasi ekonomi kreatif untuk Provinsi Bali. Salah satunya dengan mengurangi semaksimal mungkin ketergantungan perekonomian dari sektor pariwisata yang saat ini mencapai hampir 54 persen.

“Kalau global beberapa sektor yang lain hampir 70 persen tergantung dari sektor pariwisata. Ini tentu ke depan kita ingin agar sektor ini (IKM) tetap bertumbuh dengan tidak meninggalkan sektor lainnya,” ucapnya.

Salah satu di antaranya yaitu melalui sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang menjadi prioritas ke depan bagi pemerintah Bali. Langkah tersebut dilakukan agar sektor IKM dapat menjadi bagian dari perekonomian unggulan di Bali.

“Semenjak pandemi Covid-19, sejak akhir tahun 2020 pemerintah Provinsi Bali bekerja sama dengan Dekrasnada memikirkan bagaimana menjaga industri kecil, terutama para perajin kita agar tidak terpuruk karena sepi atau tidak adanya pasar,” pungkasnya. (Resti)

Editor: Bethriq Kindy Arrazy - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Zakat Fitrah

News

MUI Kalteng Tetapkan Zakat Fitrah 1443 H Sebanyak 3,5 Liter
Dinas Peternakan Tapin

News

Stok Cukup, Ternak Luar Tak Dilarang Masuk Tapin
Sawit

News

Kemendag Klaim Sengketa Sawit dengan Uni Eropa Masuki Babak Akhir
Dirtahti Polda Gorontalo

News

Tragis, Dirtahti Polda Gorontalo AKBP Beni Tewas Ditembak Tahanan Narkoba

News

Jejak Proklamasi: Sosok Sayuti Melik Dari ‘Penculik’ Menjadi ‘Juru Ketik’
cacar monyet

News

31 Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Spanyol, WHO Sebut Tak Berpotensi Pandemi
Presiden Jokowi

News

Jadwal Pemilu Sudah Jelas, Jokowi: Jangan Ada Lagi Suara Penundaan
BMKG

News

Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com