Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB

DPKP Banjar Latih Petugas Lapas Narkotika Karang Intan Tanggulangi Kebakaran

Maraknya terjadi kebakaran, Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan dan DPKP Banjar latih petugas lapas tanggulangi kebakaran.
- Apahabar.com     Jumat, 26 Agustus 2022 - 23:12 WITA

DPKP Banjar Latih Petugas Lapas Narkotika Karang Intan Tanggulangi Kebakaran

Pelatihan penanganan kebakaran di Lapas Narkotika Karang Intan, Jumat (26/8). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Maraknya terjadi kebakaran, Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kalsel berinisiatif memberikan pelatihan penanggulangan kebakaran kepada petugas lapas.

Kerja sama dengan Pemkab Banjar, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) memberikan pelatihan langsung bersama praktek.

Pembinaan fisik mental dan disiplin (FMD) bagi petugas Lapas dengan materi pelatihan pencegahan dan simulasi penanggulangan kebakaran, digelar di lapangan dalam Lapas, Jumat (26/8).

Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP Banjar HM Sofyan bersama 10 anggotanya memberikan materi kepada petugas Lapas Narkotika Karang Intan, yang dibuka langsung Kepala Lapas Wahyu Susetyo.

“Tujuan kegiatan ini agar petugas kami dapat pengetahuan dan bisa menguasai tindakan kesiapsiagaan ketika menghadapi musibah kebakaran di Lapas,” ujar Kalapas.

Materi pertama disampaikan oleh Rizki anggota DPKP Banjar, mengenai pengenalan kelas dan sumber api serta jenis alat pemadam api ringan (APAR) yang digunakan sesuai dengan kelas api yang ada.

Juga mengenai perawatan APAR dan penggunaannya. Di saat yang sama anggota lainnya mempraktikan berkenaan materi yang disampaikan.

“Cara mengangkat tabung ada tiga, pertama dijinjing, kemudian digendung seperti menggendong bayi, dan terakhir dipikul. Cara membawa ini disesuaikan dengan pintu yang akan dilewati. Untuk perawatan APAR usahakan seminggu sekali, atau setidaknya sebulan sekali,” jelas Rizki.

Petugas Lapas Narkotika Karang Intan antusias menyimak materi yang disampaikan kemudian maju ke depan praktik langsung berkaitan dengan materi disampaikan. Petugas juga diminta memadamkan api langsung pada tong besi yang dinyalakan api.

Kegiatan dilanjutkan simulasi pemadaman kebakaran jika terjadi musibah di blok hunian, apa saja yang harus dilakukan dalam penanganan kejadian, pengamanan lingkungan, hingga evakuasi dan pendataan korban kebakaran. Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Proyek ‘Air Santri’

Pemkab Banjar

Wabup Banjar Tinjau Proyek ‘Air Santri’, Digadang Tahan Banjir 50 Tahun
Puluhan anak antusias mengikuti kegiatan belajar bahasa isyarat, yang dilaksanakan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Sabtu (22/1). Foto-istimewa.

Pemkab Banjar

Puluhan Anak Antusias Belajar Bahasa Isyarat
Polsubsektor Kertak Hanyar di Tatah Makmur

Pemkab Banjar

Kini Ada Polsubsektor Polsek Kertak Hanyar di Tatah Makmur, Ini Harapan Bupati Banjar
Pelantikan dan mengukuhkan DPW Forsesdasi Kalsel

Pemkab Banjar

Pelantikan DPW Forsesdasi Kalsel, Sekda Banjar Jadi Sekretaris
Panen kedelai kabupaten banjar

Pemkab Banjar

Kabupaten Banjar Panen Kedelai di Tengah Kelangkaan Stok Nasional
Baznas Banjar

Pemkab Banjar

Nuryadi Pimpin Baznas Banjar, Ini Pesan Bupati Saidi
Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan piala dan piagam kepada pemenang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Banjar 2021, di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar, Martapura, Senin (14/6).  Foto-istimewa.

Pemkab Banjar

Serahkan Piala Juara Lomba Desa, Bupati Banjar Harap Selalu Berinovasi
Pasar Murah KNPI Banjar

Pemkab Banjar

Kerja Sama Pemkab Banjar, KNPI Gelar Pasar Murah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com