Duh, ASN di Banjarmasin Masih Ada Tak Taat Pajak Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri
agustus

Duka Balikpapan, Rizal: Kita Kehilangan Bapak ‘Madinatul Iman’

- Apahabar.com     Rabu, 3 Agustus 2022 - 13:39 WITA

Duka Balikpapan, Rizal: Kita Kehilangan Bapak ‘Madinatul Iman’

Rizal Effendi bersama Imdaad Hamid. Foto: Ist

apahabar.com, BALIKPAPAN – Berpulangnya mantan Imdaad Hamid mengejutkan banyak pihak. Salah satunya Rizal Effendy.

Imdaad dan Rizal dulunya wali dan wakil wali kota Balikpapan periode 2006-2011. Berkat tangan dingin Imdaad, Rizal kemudian menjabat wali kota dua periode.

Imdaad baru saja tutup usia, Rabu (3/8) pukul 00.30 WIB di Jakarta. Bagi Rizal, Imdaad bukan sekadar mentor. Melainkan pemimpin yang luar biasa.

“Kita sedih kita kehilangan bapak daerah, luar biasa pengabdiannya untuk Kalimantan Timur khususnya Balikpapan,” ujar Rizal melalui sambungan telepon.

“Beliau merupakan salah satu pemimpin daerah yang sangat kaya dengan gagasan-gagasan pembangunan yang bermartabat beraroma hijau lingkungan, pembangunan yang agamis,” sambung mantan pemimpin redaksi Kaltim Post ini.

Di masa kepemimpinan Imdaad, tercetus konsep Balikpapan Kota ‘Madinatul Iman’. Imdaad sangat ingin Kota Minyak menjadi wadah umat antaragama. Konsep ini pun akhirnya berjalan hingga saat ini.

“Beliau ‘lah yang mencetuskannya, dengan pengalamannya beliau seorang yang cerdas. Beliau ingin konsep Kota Madinatul Iman terwujud, diharap bisa mewadahi semua bangsa dan agama, ya kemudian warganya sejahtera, tidak ada gesekan. Ya saya rasa konsep itu berjalan dengan baik, bahkan hingga sampai saat ini,” jelasnya.

Imdaad meninggal di usia 78 tahun. Beberapa tahun terakhir, ia kerap sakit-sakitan. Kali terakhir, Rizal bertemu dengan Imdad sebelum Iduladha di kediamannya kawasan Balikpapan Baru.

“Kondisinya memang masih belum banyak bicara, tapi masih menanyakan perkembangan kota, setelah itu belum komunikasi dengan beliau,” ungkapnya.

Seperti apa kepribadian Imdaad? Rizal melihat almarhum adalah sosok yang tegas dan bijaksana. Sifat optimis sangat terasa pada diri Imdaad.

“Beliau tegas dalam hal yang disampaikan. Tapi dengan sikap yang arif dan bijaksana. Selama bersama-sama memimpin, tidak pernah ada perselisihan, beliau begitu menghargai saya sebagai wakil wali kota,” ujar Rizal.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

News

Bertambah 5, Parpol yang Miliki Akun Sipol

News

HUT HIPMI ke-50, Presiden Jokowi Harap Pengusaha Muda Mampu Hadapi Tantangan Bangun Indonesia
apahabar.com

News

Menu Sahur agar Tahan Puasa Seharian, Dari Susu hingga Sayur

News

Tenggelam di Selat Makassar, Nakhoda dan Pemilik KM Ladang Pertiwi Jadi Tersangka
Pemudik

News

Pemudik Diprediksi Melonjak, DLU Balikpapan Siapkan Armada Tambahan
Vaksinasi banjarmasin

News

Jadi Syarat Mudik, Warga di Banjarmasin Berbondong-bondong Vaksin

News

Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Berikut Tips Aman Mengemudi
Korupsi HSU

News

Babak Baru Skandal Bupati Nonaktif HSU, Wahid Segera Disidang di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com