Mengenal Deretan Mobil yang Digunakan dalam Tragedi G30S PKI [Breaking News] Polri Tahan Putri Candrawathi Kecelakaan Maut di Sebamban Baru Tanbu, Truk Kontainer Timpa Pemotor Jarang Mencatat Laporan Keuangan, Jadi Penyebab UMKM Susah Naik Kelas BUMN Merugi, Siap-Siap Tak Terima Kucuran Dana PMN

Hilang dan Dicari ‘Begandang Nyiru’, Warga Sungai Gampa Batola Ditemukan di Bawah Pohon

- Apahabar.com     Jumat, 26 Agustus 2022 - 12:12 WITA

Hilang dan Dicari ‘Begandang Nyiru’, Warga Sungai Gampa Batola Ditemukan di Bawah Pohon

Sejumlah warga melakukan doa bersama, sebelum mencari Hj Norhalidah yang dilaporkan hilang seusai terlihat berjalan menuju persawahan menjelang magrib. Foto: Instagram Peristiwa Banua

apahabar.com, MARABAHAN – Sempat dicari lewat tradisi ‘bagandang nyiru’, seorang perempuan di Desa Sungai Gampa, Kecamatan Rantau Badauh, Barito Kuala, akhirnya ditemukan dalam keadaan sehat, Kamis (26/8) malam.

Awalnya perempuan yang diketahui bernama Hj Norhalidah itu dilaporkan hilang, setelah terlihat berjalan menuju area persawahan sekitar pukul 18.00 Wita.

Adapun jarak dari rumah ke persawahan hanya sekitar 100 meter. Namun hingga tiba waktu salat magrib dan sedikit gerimis, perempuan berusia 62 tahun ini tak kunjung kembali ke rumah.

Keluarga sontak menjadi cemas dan langsung mencari di area persawahan, tetapi Norhalidah tidak berhasil ditemukan.

Selanjutnya mereka meminta bantuan kepada ketua RT setempat, serta mengundang masyarakat untuk membantu mencari.

Baca juga: BREAKING! Warga “Bagandang Nyiru” Cari Ibu Muda yang Hilang di Cukan Lipai HST

Suasana semakin heboh, karena kabar tersebut tersiar di media sosial dan grup WhatsApp. Tak ayal jumlah pencari yang semula 10 orang, bertambah menjadi lebih dari 40 orang.

Diyakini narasi di media sosial yang membuat warga dari desa lain berdatangan. Dituliskan bahwa Norhalidah hilang lantaran disembunyikan makhluk halus.

Kendati jumlah orang yang mencari bertambah, Norhalidah tetap tidak ditemukan di sekitar persawahan. Area pencarian pun diperlebar hingga ke pinggir sungai yang berada di dekat sawah.

Atas inisiatif warga, juga sempat dilakukan ritual ‘bagandang nyiru’ atau memukul-mukul tampah sembari berdoa. Dalam tradisi Banjar Hulu, suara pukulan nyiru dianggap dapat membuka tirai gaib.

Bahkan dalam beberapa kasus orang hilang di Kalimantan Selatan di masa sekarang, pencarian kerap dibarengi bagandang nyiru.

Akhirnya menjelang tengah malam atau sekitar pukul 23.19 Wita, Norhalidah berhasil ditemukan tidak jauh dari rumahnya dalam keadaan lemas dan langsung dievakuasi.

“Awalnya jumlah orang yang mencari sekitar 10 orang. Setelah viral di media sosial, jumlah pencari semakin banyak. Beberapa di antaranya juga menggandang nyiru,” papar Kepala Desa Sungai Gampa, Ahmad Raini, Jumat (26/8).

“Kemudian di antara warga yang mencari, mendengar suara orang menangis. Setelah didatangi ke sumber suara, ternyata Sidin (Norhalidah) terlihat terkulai di bawah pohon sawo,” imbuhnya.

Anehnya, lokasi penemuan Norhalidah diakui warga sudah beberapa kali dilewati. Namun sebelum ditemukan, tak seorang pun melihat wanita yang biasa disapa Haji Inur tersebut di lokasi.

“Sebenarnya ini bukan pertama kali terjadi. Beliau juga pernah hilang dari rumah beberapa tahun lalu. Makanya beberapa warga berinisiatif menggandang nyiru,” tambah Raini.

Sementara Kapolres Batola, AKBP Diaz Sasongko, melalui Kapolsek Rantau Badauh, Iptu Ma’rum, membenarkan kejadian tersebut.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan bekas-bekas tindak pidana,” tandas Ma’rum.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

MTQ

Hot Borneo

Persiapan MTQN di Kalsel Diklaim Maksimal, Kemenag Beber Cabang Andalan

Hot Borneo

Viral Seorang Nenek di Banjarmasin Dipukuli Hingga Berdarah, Ternyata…

Hot Borneo

Habib Syech Berselawat Basuh Kerinduan Masyarakat Tanah Laut
Tambang Nateh

Hot Borneo

Meratus HST Terancam Lagi, Alat Berat Penambang Terciduk di Nateh
Pemilu

Hot Borneo

Pemilu 2024 Kader Golkar Kalsel Dituntut Kerja Keras
Perjalanan Domestik

Hot Borneo

Warga Kalsel Siap-Siap! Harga Tiket Pesawat Segera Naik
Wakil Ketua PN Kandangan, Ngurah Suradatta Dharmaputra

Hot Borneo

Tok! PN Kandangan Vonis Guru Cabul HSS 5 Tahun Penjara
Banjir

Hot Borneo

Selain Pesisir Kalsel, BMKG Sebut Hulu Sungai Potensi Diterjang Banjir!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com