Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Masuk Grup Neraka, Pelatih: Hasil Uji Coba Bisa Jadi Keyakinan

Jelajah Waktu 1883: Dunia Luluh Lantak Diterjang Krakatau, Puluhan Ribu Nyawa Hilang Sekejap

- Apahabar.com     Kamis, 25 Agustus 2022 - 09:28 WITA

Jelajah Waktu 1883: Dunia Luluh Lantak Diterjang Krakatau, Puluhan Ribu Nyawa Hilang Sekejap

apahabar.com, JAKARTAHari Ahad nyatalah tentu, pukul empat jam di situ, berbunyi guruh menderu-deru, dikatakan kapal apinya itu. Gaduhlah orang di dalam negeri, mengatakan datang kapalnya api, lalu berjalan berperi-peri. Nyatalah Rakata empunya bunyi.

Demikianlah Syair Lampung Karam menggambarkan betapa kalutnya pesisir Lampung tatkala Gunung Krakatau meletus pada 26 Agustus 1883. Bak belum puas, Krakatau terus mengamuk hingga tubuh gunung itu ambruk ke dasar laut, yang lantas memicu tsunami keesokan harinya, 27 Agustus 1883 pukul 10.02 pagi.

Gelombang tsunami setinggi 30 meter itu, dalam sekejap, meluluhlantakkan pesisir Banten dan Lampung. Akibatnya, bencana tersebut menewaskan sekitar 36.417 jiwa, di mana 31.000 di antaranya meregang nyawa saat tsunami melanda, sedangkan sisanya hangus karena aliran piroklastik menerjang permukiman.

Sejumlah laporan bahkan menyebut kerangka-kerangka manusia ditemukan mengambang di Samudra Hindia hingga pantai timur Afrika. Tulang belulang ini disinyalir mendiami wilayah perairan itu selama setahun pascaerupsi.

Pertanda Petaka Malah Disambut Gembira

Cikal bakal peristiwa mematikan ini ternyata sudah terendus tiga bulan sebelumnya. Kamis dini hari, tepatnya 10 Mei 1883, penjaga menara suar Eerste Punt yang belokasi di Tanjung Layar, Banten, merasakan getaran sekaligus menyaksikan penampakan ombak yang menggelak.

“Mula-mula getarannya kecil, lebih mirip udara yang menggeletar, serangkaian angin yang menyapu, kelebatnya atmosfer yang nyaris tak terasakan,” ungkap Simon Winchester, seperti dikutip dari Krakatoa: The Day the World Exploded, August 27, 1883.

Selang beberapa hari, getaran lemah itu menjalar sampai ke area Selat Sunda. Bahkan, pada 20 Mei 1883, salah satu gunung api di Pulau Krakatau, Gunung Perbuwatan, memuntahkan awan dan debu setinggi 11.000 meter. Kejadian ini sebagaimana dilaporkan oleh komandan kapal perang Jerman, Kapten Hollman, yang kala itu tengah singgah di Anyer untuk mengisi persediaan logistik.

Dia menulis laporan yang berbunyi, “Kami melihat sebuah awan kumulus putih naik dengan cepat dari pulau itu. Awan itu nyaris vertikal, dan setelah sekitar setengah jam ia mencapai ketinggian sekitar 11.000 meter. Di situ ia mulai menyebar seperti sebuah payung, mungkin karena ia sudah mencapai ketinggian angin anti-pasat, sehingga tak lama kemudian hanya sebagian kecil dari langit biru itu yang tampak di cakrawala.”

Meski sudah banyak laporan mengenai gejala alam yang tak lazim, penduduk setempat kala itu mafhum bahwa gempa dan erupsi lumrah terjadi di Hindia Belanda. Malahan, aktivitas vulkanik ini disambut dengan gembira, sebagaimana dilaporkan History. Kegembiraan yang mulanya dirayakan penduduk, niscaya berubah menjadi bencana besar.

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Glock 17

Relax

Fakta Tentang Glock 17 dan HS-9, Senjata yang Digunakan Brigadir J dan Bharada E dalam Aksi Polisi Tembak Polisi
Dibungkus dengan Plastik ES, Hembusan Nafas Billie Elish di Jual Seharga Rp 222 Juta.

Relax

Dibungkus dengan Plastik ES, Hembusan Nafas Billie Elish Dijual Seharga Rp 222 Juta

Relax

Menelusuri Katedral St Giles, Tempat Persemayaman Ratu Elizabeth II
Risiko-penyakit-Leggionaires-dari-AC.-Foto-coolibg-spot.jpg

Relax

Waspada Legionaires! Ancaman Penyakit Berbahaya di Balik Penggunaan AC
Bapak-Bapak Bangunkan Anak Sahur

Relax

Viral, Video Bapak-Bapak Bangunkan Anak Sahur Pakai Pengeras Suara dan Musik Remix

Relax

YouTuber Ini Beberkan Daftar 34 Nama yang Diduga Menjadi Affiliator Binary Option, Siapa Saja?

Relax

Tumplek Blek Hadirkan ‘Jimmy Fashion Week’, Ajang Pamer Mobil-Mobil Suzuki Jimny
Rendi Jhon Resmi Lamar Glenca Chysara. Foto-Istimewa

Relax

Usai Cinlok di Ikatan Cinta, Rendi Jhon Resmi Lamar Glenca Chysara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com