Demonstrasi di DPRD Kalteng, Massa Protes Penertiban Tambang Emas Tradisional Tanpa Solusi Dugaan Penggelapan Mobil Rental, IRT Tabalong Terpaksa Diamankan Polisi Cuaca Kalsel Hari Ini: Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan Ringan Teten Masduki Sebut Pengembangan Produk Kriya Perlu Libatkan Agregator IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk
agustus

Kapolres Barito Kuala Bicara Tagline Sahabat Pian

- Apahabar.com     Kamis, 4 Agustus 2022 - 22:33 WITA

Kapolres Barito Kuala Bicara Tagline Sahabat Pian

Sahabat Pian menjadi motto di Polres Barito Kuala, sejak AKBP Diaz Sasongko menjabat sebagai Kapolres. Foto: Humas Polres Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Selain program Presisi, Polres Barito Kuala juga mengusung tagline Sahabat Pian yang terdengar familiar, kendati baru dicetuskan.

Presisi yang berarti Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan merupakan program yang diusung Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sejak menjabat sebagai Kapolri.

Adapun Sahabat Pian mulai bergaung di Bumi Selidah, setelah AKBP Diaz Sasongko menjabat Kapolres Batola menggantikan AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif sejak 6 Juli 2022.

Sejalan dengan Presisi, Sahabat Pian merupakan kependekan dari Bersahaja, Bermartabat, Peduli, dan Ikhlas Melayani.

Baca juga: Lebih Dekat Dengan Pejabat Baru Kapolres Batola AKBP Diaz Sasongko

Pian sendiri merupakan kata Bahasa Banjar yang berarti anda. Meski ‘ikam’ atau ‘nyawa’ juga memiliki arti anda, tetapi pian dianggap lebih halus dan biasanya disematkan kepada lawan bicara yang lebih tua atau dihormati.

“Sejatinya motto Sahabat Pian berlatar belakang dari program Presisi juga. Intinya kami ingin menjadi sahabat untuk masyarakat dan semua stakeholder di Batola,” jelas Diaz Sasongko kepada apahabar.com.

“Sebagai seorang sahabat, seharusnya bisa memprediksi kalau sahabat yang lain melakukan hal tidak tepat, lalu peduli atau merespons, serta memberi manfaat,” imbuhnya.

Kemudian ketika sudah bersahabat, seseorang semestinya juga dapat menjaga martabat sahabat maupun diri sendiri, sekaligus menjaga perasaan sahabat.

“Selanjutnya sebagai sahabat, apapun hal-hal baik yang dilakukan tidak mengharapkan pamrih atau balasan lantaran semuanya dikerjakan dengan ikhlas,” tegas Diaz Sasongko.

Sementara penerapan Sahabat Pian tidak berbentuk aplikasi atau program-program tertentu, karena motto ini berkaitan dengan sisi emosional anggota Polres Batola.

“Namun melalui motto Sahabat Pian, kami ingin membentuk karakter semua anggota Polres Batola agar tersugesti bahwa polisi ditunggu oleh masyarakat sebagai sahabat,” tegas Diaz Sasongko.

“Dengan begitu, seorang polisi tidak menjadi arogan hanya karena seragam dan atribut lain, atau merasa lebih hebat. Kalau sudah menjadi sahabat, berarti polisi setara dengan masyarakat,” tambahnya.

Kapolres Barito Kuala, AKBP Diaz Sasongko, ketika bersilaturahmi dengan Bupati Hj Noormiliyani AS. Foto: Istimewa

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjir Bandang

Hot Borneo

BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Lebaran Hari Kedua di Kalsel Diiringi Hujan Petir
Korupsi HSU

Hot Borneo

Kata Warga Soal Dugaan Gratifikasi Jual-Beli Jabatan di HSU

Hot Borneo

Antisipasi Kebutuhan Idulfitri, Pertamina Kalimantan Tambah Stok Elpiji
ASN HSS

Hot Borneo

Catat! ASN HSS Wajib Daftar Digital ID
Indocement

Hot Borneo

Pilot Project Pertama di Kalsel, Indocement Inisiasi Program Vokasi-Cetak SDM Handal
Masjid Islamic Center HSS

Hot Borneo

Pengerjaan Masjid Islamic Center HSS Terlambat, PT Daman Variakarya Diperkirakan Kena Denda Miliaran Rupiah

Hot Borneo

Akhir Semester Genap, Tak Semua Guru di Tabalong Menikmati Liburan
listrik padam

Hot Borneo

Gangguan, Listrik di Kaltim Padam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com