[ANALISIS] Bisakah Gugatan UU Kalsel Dicabut di Tengah Jalan? Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom
agustus

Kebab Turki Melantai Di Bursa, Menkop-UKM Teten: Bukti UMKM Bisa Naik Kelas

- Apahabar.com     Sabtu, 6 Agustus 2022 - 08:01 WITA

Kebab Turki Melantai Di Bursa, Menkop-UKM Teten: Bukti UMKM Bisa Naik Kelas

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Foto: Kemenkop-UKM

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki mengapresiasi PT Sari Kreasi Boga Tbk UMKM produsen kebab yang berhasil melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan menjadi bukti bahwa UMKM yang dikelola dengan baik akan mampu naik kelas dan menjadi unit usaha yang bisa bersaing dengan perusahaan besar lainnya.

Menkop-UKM Teten Masduki menambahkan bahwa perusahaan yang memiliki kode saham RAFI ini awalnya adalah UMKM yang terkenal dengan brand Kebab Turki Baba Rafi. Sebelum menjadi perusahaan besar seperti saat ini, PT Sari Kreasi Boga Tbk hanya berjualan dengan gerobak di pinggir jalan.

“Ini adalah kabar gembira selaku pembina UMKM, karena bertambah lagi UMKM yang bisa melantai di bursa. Jadi kami mengapresiasi Baba Rafi yang berhasil go public. Memang UMKM harus punya tata kelola bisnis yang baik supaya bisa masuk ke dalam proses Initial Public Offering (IPO), sebab puncak UMKM naik kelas adalah bisa IPO,” ucap Menteri Teten dalam sambutannya pada acara Opening Bell di BEI Jakarta, Jumat (5/8).

Dijelaskan bahwa saat ini peluang UMKM untuk naik kelas bahkan bisa IPO semakin besar. Pasalnya pemerintah terus memberikan kemudahan dan dukungan terhadap UMKM agar terus tumbuh. Dukungan yang telah diberikan seperti kemudahan akses pembiayaan, kemudahan perizinan, hingga akses pasar telah dibuka ruangnya oleh pemerintah.

Menteri Teten berharap dengan suksesnya PT Sari Kreasi Boga Tbk melakukan aksi korporasi IPO, dapat menjadi pemantik bagi UMKM lainnya agar terus melakukan inovasi dan mengelola usahanya dengan baik. Pemerintah melalui Kemenkop-UKM menegaskan siap memberikan pendampingan dan dukungan bagi UMKM agar bisa naik kelas.

“Ke depan kami akan terus mendorong UMKM untuk bisa masuk pasar modal. Saya harap dengan terdaftarnya PT Sari Kreasi Boga Tbk di pasar saham ini bisa menyemangati UMKM lainnya untuk bisa go public demi memperkokoh ekonomi nasional menuju Indonesia emas di tahun 2045,” kata Menteri Teten.

Menteri Teten juga berharap agar PT Sari Kreasi Boga Tbk nantinya bisa mengembangkan klaster-klaster baru sehingga akan semakin banyak UMKM yang bisa bermitra. Dengan begitu kesempatan bagi UMKM untuk naik kelas juga semakin lebar. Terlebih pemerintah ditargetkan untuk meningkatkan rasio wirausaha di Indonesia sebesar 3,95 persen di tahun 2024.

“Kami ditargetkan untuk terus tambah jumlah wirausaha karena rasio wirausaha kita baru 3,18 persen (dari total jumlah penduduk) jadi kita harus nambah 1 juta wirausaha baru. Saya ingin nanti PT Sari Kreasi Boga Tbk ini bisa terus kembangkan klaster bagi UMKM untuk bermitra,” jelasnya.

Editor: Bethriq Kindy Arrazy - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kadin

News

Kadin Kalsel Dukung Program Penyaluran Zakat dari Baznas
Intelkam

News

Intelkam Polda Kalsel Diskusi Kamtibmas di Lingkungan Nelayan HSS

News

Pengamanan Idulfitri 1443 H di Batola, Ratusan Personel Gabungan Diturunkan
BUMN

News

Erick Thohir Terbitkan SE Cegah Kekerasan-Pelecehan di BUMN

News

Bakal Dijual Mahal ke Luar Jakarta, Truk Bermuatan 26 Ton Minyak Goreng Diamankan Polisi
Kompol Fauzan Arianto

News

Termasuk Kompol Fauzan Arianto, Peserta Didik Sespimmen Polri Angkatan Ke-62 Jalani Donor Darah
Afrika Selatan

News

Dor! 2 Insiden Penembakan Brutal di Afsel dalam Semalam, 19 Tewas
FPI

News

Profil M Husein Bin Alatas, Menantu Rizieq yang Jadi Ketua Baru FPI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com