Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB

Kemenkes Sebut Orang Tua Lebih Kebal Tertular Cacar Monyet, Begini Penjelasannya

- Apahabar.com     Jumat, 26 Agustus 2022 - 13:11 WITA

Kemenkes Sebut Orang Tua Lebih Kebal Tertular Cacar Monyet, Begini Penjelasannya

Monkeypox (Foto: Africanews)

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut orang-orang kelahiran tahun 1980 ke bawah lebih kebal tertular cacar monyet. Sebab, mereka umumnya telah mendapat vaksin cacar.

“Jadi buat teman-teman yang lahirnya di 1980 ke bawah, seperti saya ini yang sudah tua-tua, itu terproteksi (dari cacar monyet). Mungkin tidak 100 persen, tetapi terproteksi,” ujarnya saat agenda The 3rd G20 Health Working Group, dikutip dari YouTube Kemenkes RI, Jumat (26/8).

Budi menegaskan vaksin cacar itu berbeda dengan vaksin Covid-19 yang hanya berlaku enam bulan. Vaksin cacar, kata dia, berlaku seumur hidup.

“Kalau teman-teman seperti saya, itu kalau dilihat lengannya ada goresannya, kalau saya itu masih ada. Bedanya dengan vaksinasi Covid-19 yang berlakunya enam bulan. Ini (vaksin cacar) sekali divaksin berlakunya seumur hidup,” tuturnya.

Berkat vaksin itu pula, Budi memprediksi, pasien positif cacar monyet di Indonesia tak bakal mengalami gejala parah yang sampai berujung fatal. Hal ini juga diduga membuat prevalensi cacar monyet di Asia, termasuk Indonesia, tidak separah di Eropa atau wilayah lainnya.

Budi lantas membandingkan kasus yang terjadi di Asia dengan di Eropa. Dia mengatakan masyarakat di negara-negara Benua Biru itu tidak diberikan vaksinasi secara menyeluruh lantaran penyakit cacar air cepat hilang.

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Perlu Kepastian Usaha, APRINDO: Gubernur Jakarta Perlu Libatkan Seluruh Lapisan Masyarakat
Rekonstruksi Brigadir J

News

Alasan Polisi Larang Pengacara Brigadir J Hadiri Rekonstruksi
Lebaran

News

Tradisi Berbagi ‘Duit Hanyar’ Warga Kotabaru di Momen Lebaran

Relax

Mengenang Leonardo da Vinci, Sosok di Balik Senyum Simpul Mona Lisa
Perang

News

Presiden Jokowi Pulang, Perang Rusia-Ukraina Makin Memanas

News

Membanggakan, Anak Penjual Ikan Sukses Jadi Kades di Kotabaru

Relax

Justin Bieber Idap Sindrom Ramsay Hunt-Tunda Konser, Beliebers Indonesia Galau!
Feri Kotabaru

News

Siap-Siap, Feri Penyeberangan Batulicin-Kotabaru Bakal Terapkan E-Tiket
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com