Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Masuk Grup Neraka, Pelatih: Hasil Uji Coba Bisa Jadi Keyakinan

Manopeng, Tari Mistis Banjar Memanggil Roh Halus

- Apahabar.com     Senin, 29 Agustus 2022 - 10:49 WITA

Manopeng, Tari Mistis Banjar Memanggil Roh Halus

Daya tarik tarian Manopeng kembali menyelimuti masyarakat Kota Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Daya tarik tarian Manopeng kembali menyelimuti masyarakat Kota Banjarmasin.

Kegiatan yang digelar di kawasan Banyiur Luar, Basirih, Banjarmasin Selatan ini telah dihidupkan, pasca pandemi Covid-19.

Manopeng biasanya digelar sebagai ungkapan syukur, ritual bebersih desa atau penolak bala. Tarian yang digelar setahun sekali setiap Muharram ini menjadi kesenian khas Banjarmasin.

Daya tarik Manopeng terletak pada ritual mengundang para leluhur dan mahluk gaib lainnya. Detik-detik penari tak sadar diri dan kerasukan roh leluhur menjadi tontonan yang ditunggu-tunggu oleh warga sekitar.

Sekilas memang nampak sama seperti tari topeng di daerah lain, namun yang menjadi ciri khas Manopeng jiwanya tak sadarkan diri. Seseorang yang sebelumnya kaku tak bisa menari pun dalam tarian ini bisa lihai menari.

Bahkan tak jarang, penonton tiba-tiba kerasukan dan ikut menari. Tak ada cara khusus untuk mencabut roh halus dari seorang penonton yang kesurupan. Penonton yang kerasukan akan berhenti dengan sendirinya setelah puas menari.

Topeng Sangkala beraksi dengan energik, menghentak-hentakkan kaki di atas panggung. Sangkala, topeng dengan karakter jelek ini bak raja sebagai pengusir hal-hal buruk. Sangkala yang muncul di akhir acara, sebagai penanda pagelaran Manopeng segera usai.

Ada ritual panjang sebelum Manopeng dilaksanakan.

Tarian yang dilaksanakan setiap hari Senin ini sudah disiapkan sejak hari Jumat. Dari Mawajik, Malabuh, menyiapkan wadai 41, Mangiyau hingga Manopeng.

Pelaksanaan Manopeng selalu digelar hari Senin di malam hari dan biasanya hingga pagi dini hari.

Wadai 41 adalah aneka makanan dan minuman, rata-rata didominasi bahan yang bersumber dari empat bahan pokok, beras ketan, kelapa, gula aren merah, telur.

Letaknya pun tak boleh sembarangan, mereka harus dipisah-pisah. Setiap sesaji ini memiliki makna yang mendalam.

Kepala Bidang Pariwisata Disbudporapar Banjarmasin, Fitriah menerangkan bahwa manopeng merupakan tradisi turun temurun yang menjadi warisan budaya banjar.

Dari zuriat sendiri ujar Fitri menyampaikan keinginan bisa mengangkat dan melestarikan peninggalan budaya tari manopeng.

Untuk itu ia meminta agar mereka bisa membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang nantinya akan dibantu untuk mempromosikan budaya tari manopeng tersebut.

“Tentunya dengan arahan langsung dari Pa Wali dan Wakil Wali Kota,” ujarnya.

Sebab dengan dibentuknya pokdarwis sebagai wadah komunitas mereka maka akan lebih mudah dalam memperkenalkan dan mempromosikan kembali menjadi salah satu wisata dalam bentuk budaya tarian khas banjar.

Apalagi di era digitalisasi saat ini, tarian maupun permainan tradisional hampir tidak ada lagi ditampilkan. Sehingga sudah semestinya dibudidayakan agar terjaga keasriannya.

“Mudah-mudahan manopeng ini bisa kita lestarikan,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Banjarmasin Pintar, Branding Baru Kota Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Predikat Layak Anak Banjarmasin Meningkat, dari Madya ke Nindya
bapok

Pemkot Banjarmasin

Ibnu Sina Terima 40 Ton Bapok Bantuan Banjir dari Danlanal Banjarmasin
Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Triptday dan Foodcourt di Banjarmasin Kembali Dibuka, Simak Lokasinya

Pemkot Banjarmasin

Satgas Covid-19 Banjarbaru Sidak Lokasi Tes SKD CAT di BKN Regional VIII

Pemkot Banjarmasin

Kemenkumham Bakal Buka Kantor Layanan Imigrasi Banjarmasin
BPJS

Pemkot Banjarmasin

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan, Wali Kota Banjarmasin Ingatkan Perusahaan Daftarkan Seluruh Pekerja
Syukuran MB GPP

Pemkot Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin Ikuti Syukuran MB GPP ke 30
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com