Berkedok Guru Spiritual, Pria Batola Cabuli Empat Jemaah, Satu dari Tapin! Dukung Industri Otomotif, SKF Siapkan Komponen Kendaraan Hybrid dan Listrik Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru
agustus

Masjid di Desa Madang HSS Butuh Uluran Tangan Dermawan

- Apahabar.com     Jumat, 5 Agustus 2022 - 14:51 WITA

Masjid di Desa Madang HSS Butuh Uluran Tangan Dermawan

Warga saling gotong royong membangun masjid di Desa Madang Padang Batung, HSS. Foto-apahabar.com/Nuha

apahabar.com, KANDANGAN – Sejak awal tahun 2021 hingga sekarang, warga Desa Madang RT 02 Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bergotong royong membangun masjid, namun karena kurangnya uluran tangan dari para dermawan, pembangunan masjid yang merupakan keinginan besar dari masyarakat lereng Pegunungan Meratus itu berjalan lamban.

Panitia Pembangunan Masjid Jami Darul Qorar, Hamberi (56) mengatakan bahwa awalnya pihaknya bersama warga sepakat membangun masjid dengan modal Rp 7 juta dari uang kas jemaah.

Awalnya, di sana hanya berdiri Langgar Darul Qorar yang telah direnovasi tahun 2001. Langgar tersebut diperkirakan berusia lebih dari 50 tahun.

Kemudian, RT 02 yang diisi lebih dari 100 kepala keluarga itu ingin langgar itu digantikan masjid karena sudah tidak muat lagi untuk beribadah.

“Masyarakat yang mayoritas beragama Islam sangat berkeinginan untuk memiliki sebuah masjid di Desa Madang RT 02,” kata Hamberi.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jarak menuju masjid yang sudah ada di sana cukup jauh sekitar 2 kilometer dari desa setempat.

Selain untuk salat, Langgar Darul Qorar menjadi wadah majelis zikir dan taklim. Kemudian ada juga pembelajaran tentang rukun kematian.

“Alhamdulillah selama ada yang meninggal dunia, masyarakat tidak mengeluarkan biaya lagi,” lanjutnya.

Hamberi menjelaskan, bantuan hingga sekarang yang diterima yakni dari kas jemaah Rp7 juta, penggalangan dana setiap Kamis di RT 02 Desa Madang yang tak seberapa jumlahnya, bantuan dinas sosial setempat Rp10 juta dan bantuan dari pengusaha.

“Ada bantuan material dari dermawan yang tidak ingin diketahui identitasnya berupa semen, bata, taso, dan lainnya,” terang Hamberi.

Bahkan, warga di sana membuka warung setiap hari Jumat yang seluruh keuntungannya diserahkan untuk pembangunan Masjid Jami Darul Qorar.

“Saat ini pembangunan Masjid Jami Darul Qorar baru mencapai 30 persen,” ungkapnya.

Oleh karenanya, pihaknya berharap agar para dermawan baik dari pengusaha hingga pemerintah daerah bisa turut berpartisipasi menyisihkan rezekinya untuk amal jariah pembangunan masjid.

“Kami memohon ada bantuan sehingga masjid bisa cepat berdiri. Apalagi kalau ada kegiatan majelis tidak muat di dalam langgar, sampai kadang-kadang di jalan,” ujar Hamberi.

Panitia pembangunan masjid membuka donasi kepada semua pihak melalui rekening Bank BRI dengan nomor 4513-01-020443-53-8 atas nama Langgar Darul Qorar Desa Madang Kecamatan Padang Batung.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Denny Indrayana Minta KPK Hormati Praperadilan Mardani H Maming

Hot Borneo

ASN Banjarmasin Harap Bersabar, Berkas Validasi TPP Sudah Dikirim ke Kemendagri

Hot Borneo

Kasus Solar Subsidi Dilimpahkan ke PN Kotabaru, Mantan Anggota DPRD Kalsel Terancam 6 Tahun Penjara

Hot Borneo

Korban Kecelakaan di Tanbu Terancam Diamputasi, HIPMI Peduli Beri Santunan Rp20 Juta
Bersalawat

Hot Borneo

HUT Bhayangkara, Ribuan Jemaah Hadiri Polres Tabalong Bersalawat Bersama Guru Danau
Pria kotabaru ditangkap polisi tanbu

Hot Borneo

Apes, Pria Kotabaru Dibekuk Polisi Tanah Bumbu
ASN Banjarmasin

Hot Borneo

Kabar Terkini TPP ASN di Banjarmasin: Kemendagri Balas Surat Sekdakot

Hot Borneo

Speedboat Bermuatan 21 Orang Terbakar di Tarakan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com