Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru Divonis 8 Tahun Penjara, Wahid Dibebaskan dari Ganti Rugi Rp26 Miliar  Apkasi Ajak Perusahaan Barang Jasa Rebut Peluang Pengadaan di Pemda Melalui APN 2022 Pantas GR86 Jadi Primadona di GIIAS 2022, Berapa Harganya?
agustus

Pemkab HSS Salurkan Bantuan PRS dan UEP 2022

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) mulai menyalurkan bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Kreatif...
- Apahabar.com     Jumat, 5 Agustus 2022 - 14:27 WITA

Pemkab HSS Salurkan Bantuan PRS dan UEP 2022

Bupati HSS Achmad Fikry menyerahkan bantuan PRS dan UEP 2022 di wilayah Daha. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) mulai menyalurkan bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Kreatif (UEP) 2022 kepada masyarakat di wilayahnya.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah menyampaikan bahwa PRS diserahkan kepada 155 keluarga penerima manfaat atau KPM dengan total bantuan sebesar Rp 2,7 miliar.

Rinciannya, Kecamatan Kandangan ada sebanyak 20 KPM, Sungai Raya 10 KPM, Kalumpang 23 KPM, Simpur 8 KPM, Padang Batung 14 KPM, Loksado 9 KPM, Daha Utara 18 KPM, Daha Selatan 18 KPM, Daha Barat 10 KPM, Angkinang 13 KPM, dan Telaga Langsat 13 KPM.

“Masing-masing KPM menerima berupa uang melalui bank Rp 17.500.00 untuk pembangunan rumah,” kata Nordiansyah.

Setelah dana keluar, KPM mengambil didampingi pihak bank, Sarjana Pendamping Desa (Samping Desa) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Sementara untuk bantuan UEP, Pemkab HSS telah menyalurkan kepada 149 KPM dengan total Rp 431 juta dengan masing-masing penerima dari Rp 2 sampai dengan Rp 3 juta.

Wilayah Kandangan ada 38 KPM, Sungai Raya 7 KPM, Kalumpang 16 KPM, Simpur 3 KPM, Padang Batung 37 KPM, Loksado 1 KPM, Daha Utara 2 KPM, Daha Selatan 13 KPM, Angkinang 23 KPM, dan Telaga Langsat 9 KPM.

“Maksud program ini adalah untuk membantu keluarga dalam meningkatkan usaha yang telah mereka jalankan dengan tambahan modal yang kita berikan,” terang Nordiansyah.

Harapannya, KPM akan mendapatkan keuntungan dari usaha yang telah dijalankan kemudian meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat.

Terpisah, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, Rumah Sejahtera adalah program pemerintah daerah yang diluncurkan sejak tahun 2014 atau sudah memasuki tahun ke-8.

Berdasarkan data yang dimiliki Pemkab HSS, sebanyak 5.160 buah rumah sudah diperbaiki sehingga layak untuk menjadi tempat tinggal KPM.

“Mudah-mudahan tinggal setahun saya menjabat Bupati dengan data yang sudah ada itu bisa terpenuhi, karena tidak bisa bersamaan harus bergiliran sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” terang Bupati Fikry.

PRS berbeda dengan program bedah rumah yang ada di kabupaten lain karena selain diperbaiki rumahnya, masyarakat yang ada di dalam rumah juga ikut dibantu.

“Kita berikan berbagai bantuan, seperti Jaminan Hidup Lansia (Jadup Lansia), UEP, Program Keluarga Harapan (PKH) untuk anak usia sekolah, dan BPJS Kesehatan agar bisa berobat secara gratis,” tandasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tahun Baru Islam 1444 Hijriah HSS

Pemkab HSS

Peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Bupati HSS Bersama Masyarakat Berselawat
Bank Kalsel

Pemkab HSS

Seluruh Fraksi DPRD HSS Sepakat Raperda Penyertaan Modal Bank Kalsel
Tagana HSS

Pemkab HSS

HUT Ke-18, Bupati Fikry Apresiasi Peran Aktif Tagana HSS
Jaringan Telekomunikasi

Pemkab HSS

Dialog Pembangunan Pemkab HSS, Jaringan Telekomunikasi di Loksado Terus Ditingkatkan

Pemkab HSS

Latsar CPNS, Bupati Fikry Tekankan PNS Sebagai Pelayan Masyarakat
Kebijakan Menag

Pemkab HSS

Tunggu Kebijakan Menag, 314 Jemaah HSS Siap Berangkat Haji
Kunjungan Kerja Danrem 101/Antasari HSS

Pemkab HSS

Bupati HSS Sambut Kunjungan Kerja Danrem 101/Antasari

Pemkab HSS

Bupati HSS Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Baiturrahim
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com