Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST Heboh Siswa Banjarmasin Diduga Tertular Covid-19, Disdik Turun Tangan Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Seluruh Wilayah Berpotensi Cerah Berawan Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam Terungkap, Motif Pembunuhan 17 Agustus di Cempaka Banjarbaru
agustus

Perbedaan Surat Tilang Merah dan Biru, Salah Pilih Bisa ke Pengadilan

Biasanya saat kita kena tilang, petugas menyodorkan kertas dengan dua warna, yaitu biru dan merah. Warna itu mencerminkan perilaku pengendara.
- Apahabar.com     Kamis, 4 Agustus 2022 - 21:24 WITA

Perbedaan Surat Tilang Merah dan Biru, Salah Pilih Bisa ke Pengadilan

Biasanya saat kita kena tilang, petugas menyodorkan kertas dengan dua warna, yaitu biru dan merah. (Foto: dok. ist.)

apahabar.com, JAKARTA – Pernah enggak, saat berkendara terkena tilang karena melanggar lalu lintas? Tentunya hal tersebut tidak enak dan bikin bete ya. Tetapi jangan sampai enggak mau mengakui kesalahan, karena nanti mungkin bisa terkena hukuman yang lebih berat.

Nah, biasanya saat kita kena tilang, petugas menyodorkan kertas dengan dua warna, yaitu biru dan merah. Dari warna tersebut melambangkan perilaku pelaku saat kena tilang.

Jika petugas polisi memberikan surat tilang berwarna biru, itu menandakan bahwa pelaku mau kooperatif dan mengakui kesalahannya. Dengan surat ini, pelaku juga bisa langsung membayar denda tilang dengan menggunakan sistem e-tilang. Atau bisa juga dengan mengurus denda tilang melalui bank yang ditunjuk.

Namun, jika pelaku tilang mendapatkan surat warna merah dari petugas, itu artinya pelaku tidak mengakui kesalahan, saat melanggar lalu lintas atau terkena razia. Biasanya surat ini diberikan untuk pelanggar yang bandel atau tidak kooperatif.

Dilansir dari laman polri.go.id, biasanya pelaku dengan surat tilang merah karena adalah mereka yang merasa mampu hadir dan mengikuti persidangan di pengadilan negeri. Selain berita acara, nantinya akan diberikan tanggal persidangan. Terkait masalah denda akan diputuskan ketika sidang sudah selesai.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa memang surat tilang merah dan biru memiliki beberapa perbedaan. Dalam menyelesaikan perkara tilang, kedua jenis surat pun berbeda.

Surat tilang biru tidak terlalu ribet dan bisa menyelesaikan proses penilangan lebih cepat dan dengan surat tilang biru ini, pelaku tidak perlu menjalani persidangan tilang dan bisa segera mendapatkan surat kendaraan (SIM atau STNK) yang ditahan oleh petugas kepolisian.

Sedangkan surat tilang merah berarti pelaku keberatan dengan keputusan petugas kepolisian dan mengajukan banding melalui persidangan tilang yang dilakukan di hari lain.

Meski jika dilihat sekilas terlihat sama, sebenarnya surat tilang merah dan biru sangat berbeda. Jadi, pastikan untuk selalu mengikuti peraturan lalu lintas agar tidak dapat surat warna-warni tersebut.

(Adit)

Editor: Denny Firmansyah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nadia Zulfa

Relax

Nadia Zulfa Gadis Cantik Kotabaru Segudang Prestasi di Dunia Tari & Modeling
Ridwan Kamil

Relax

Semprot Baim Wong Sola Citayam Fashion Week, Ridwan Kamil: Tak Semua Harus Dikomersialkan
Bubur Sabilal Muhtadin

Relax

Penawar Rindu, Nikmatnya Bubur Sabilal Muhtadin Banjarmasin Kala Berbuka Puasa

Relax

Satgas IDI Tegaskan Florona Bukan Mutasi dari Varian Baru Covid-19

Relax

Thrifting: Solusi Kaum ‘Elit’ yang Ingin Tampil Necis dengan Dompet Tipis
Viral! Video Pemotor Ngotot Lawan Arah, Warganet: Bapak Itu Gengsi untuk Mundur. Foto-Istimewa

Relax

Viral! Video Pemotor Ngotot Lawan Arah, Warganet: Bapak Itu Gengsi untuk Mundur
Xiaomi India

Relax

India Ungkap Sita Aset Xiaomi Senilai 725 Juta Dolar AS
tilang

Relax

Tahukah Anda Siapa Orang Pertama di Dunia yang Kena Tilang Polisi?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com