Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST Heboh Siswa Banjarmasin Diduga Tertular Covid-19, Disdik Turun Tangan Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Seluruh Wilayah Berpotensi Cerah Berawan Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam Terungkap, Motif Pembunuhan 17 Agustus di Cempaka Banjarbaru
agustus

Persiapan Pemilu 2024, KPU Banjar Update Daftar Pemilih Berkelanjutan

- Apahabar.com     Rabu, 3 Agustus 2022 - 21:09 WITA

Persiapan Pemilu 2024, KPU Banjar Update Daftar Pemilih Berkelanjutan

Penandatanganan dan penyerahan berita acara pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) KPU Banjar, Rabu (3/8). Foto-apahabar.com/hendralianor.

apahabar.com, MARTAPURA – Meski Pemilu 2024 masih lama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar melakukan berbagai persiapan.

Di antaranya pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). Data terbaru periode Juli 2022, total pemilih sementara 390.421 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020, yakni 389.993.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi DPB, hadiri Ketua KPU Banjar Muhaimin dan seluruh anggota serta Komisioner KPU Kalsel Siswandi Reya’an serta pihak terkait, di Aula KPU Banjar di Indrasari Martapura, Rabu (3/8).

“Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan total 390.421 orang pemilih,” ujar Ketua KPU Banjar, Muhaimin saat menyampaikan kesimpulan berita acara.

Ia melanjutkan, ada penambahan 7.383 pemilih dibanding DPB periode Juni 2022 lalu. Penambahan diterima dari pemadanan KPU Banjar dan Kemendagri.

“Penambahan merupakan pemilih baru yang pindah (alamat dari luar) ke Kabupaten Banjar,” ucap Muhaimin.

pemilu 2024

Sementara, Anggota KPU Banjar Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Muslihah, menerangkan data warga yang pindah tersebut baru didapat dari Kemendagri.

“Jadi sebenarnya yang pindah ini tidak hanya bulan Juli saja, tapi termasuk bulan-bukan sbelumnya. Karena datanya baru turun dari Kemendagri,” ucap Muslihah.

Ia menambahkan, pihaknya cukup kesulitan mengumpulkan data pemimpin baru maupun mengeluarkan pemilih yang meninggal atau pindah ke luar daerah.

“Sebab di Disdukcapil hanya memberi data rekap saja, tidak lagi by name by address sehingga belum bisa dimasukkan ke dalam daftar pemilih,” terang Muslihah.

Oleh karenaya, ia mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan ke KPU Banjar jika pindah alamat, kematian, atau pemilih baru agar segera dilakukan update data pemilih.

“Masyarakat juga bisa mengakses di website atau aplikasi lindungi hak pilihmu guna mengetahui apakah sudah masuk daftar pemilih atau belum,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Subhan

Hot Borneo

Janggal Kematian Subhan, Fauzan Ramon Siap Bawa ke Senayan-Komnas HAM!

Hot Borneo

Ambruk Lima Tahun Lalu, Jembatan Mandastana di Batola Mulai Dibangun Ulang
Menteri Hadi Tjahjanto

Hot Borneo

Legislator Kalsel Ingatkan PR Menteri Hadi Tjahjanto!
Ibu Kota Banjarmasin

Hot Borneo

Ramai-Ramai Gagalkan Pemindahan Ibu Kota Kalsel: Forkot Siap, DPRD Bulat

Hot Borneo

Harga Sawit Jeblok, Ketua Dewan Kotabaru Minta Disbunak Kalsel Cek Pabrik Nakal
Operasi Keselamatan Intan 2022

Hot Borneo

Operasi Keselamatan Intan 2022 di HST: Sinyal Larangan Mudik, Kerumunan hingga Knalpot Brong

Hot Borneo

Soal Pembebasan Lahan Bandara Internasional, Tabalong Tunggu Kepastian

Hot Borneo

Menengok Kemeriahan Lomba Olahraga Tradisional di Lapas Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com