Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan Tindaklanjuti Instruksi Kapolri, Polda Kalsel Siap Copot Anggota Tersandung Pidana Dari Rekaman CCTV Menunjukkan Putri Candrawathi Ada di Lokasi Pembunuhan
agustus

Pesulap Merah Versus Gus Samsudin Berujung Pelaporan ke Polisi

- Apahabar.com     Rabu, 3 Agustus 2022 - 21:19 WITA

Pesulap Merah Versus Gus Samsudin Berujung Pelaporan ke Polisi

Samsudin Jadab alias Gus Samsudin ketika bertemu Pesulap Merah yang menginginkan pembuktian keaslian trik-trik si dukun. Foto: YouTube

apahabar.com, SURABAYA – Perseteruan Samsudin Jadab alias Gus Samsudin dengan Pesulap Merah atau Marcel Radhival, berujung pelaporan ke Polda Jawa Timur, Rabu (3/8).

Diwakili Teguh Puji Wahono sebagai kuasa hukum, Samsudin menganggap Pesulap Merah telah mencemarkan nama baik di YouTube dan dituduh melakukan ujaran kebencian.

“Kami melaporkan Marcel dengan tindak pidana pencemaran nama baik dan ujaran kebencian,” papar Teguh Puji Wahono seperti dilansir CNN.

“Semua yang disampaikan melalui YouTube merupakan penggiringan opini bahwa pengobatan yang dilakukan Samsudin hanya sulap atau trik,” imbuhnya.

Samsudin melaporkan Marcel dengan Pasal 27 ayat (3) dan 28 ayat (2) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dalam laporan tersebut, kuasa hukum Samsudin membawa barang bukti video diduga berisi pencemaran nama baik yang dibuat Pesulap Merah.

“Kami sudah mediasi, tapi Marcel bersikukuh lebih benar. Makanya kami melakukan proses secara hukum,” tegas Teguh.

Praktisi Supranatural

Sebagaimana diketahui Samsudin memiliki Padepokan Nur Dzat Sejati di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Samsudin membuka layanan pengobatan santet dan pembersihan rumah, serta mengklaim cara pengobatan yang digunakan secara religi dengan Ilmu Kulhugeni.

Melalui kanal YouTube Padepokan Nur Dzat Sejati, Samsudin mengklaim pernah mendalami ilmu agama di Pondok Condro Mowo di Giri Mulyo, Jogo Rogo, Kota Ngawi.

Belakangan sejumlah aktivitas pengobatan yang dilakukan Samsudin, dibongkar oleh Pesulap Merah melalui kanal YouTube pribadi.

Salah satu yang dibongkar Pesulap Merah adalah ilmu tenaga api Samsudin. Demikian pula keris petir Samsudin yang disebut Pesulap Merah hanya senjata mainan.

“Pembongkaran ini dilakukan agar masyarakat tidak dibodohi, sehingga bisa memahami seni dunia hiburan yang sebenarnya,” papar Pesulap Merah.

“Apalagi trik-trik seperti itu seolah-olah menjadi keajaiban, karena diimbuhi dengan mantra-mantra ayat Al-Qur’an,” tandasnya.

Semenjak Pesulap Merah hadir dan membongkar trik pengobatan yang dilakukan Samsudin, muncul pro dan kotra di kalangan masyarakat sekitar.

Lantas sejumlah warga melakukan aksi untuk mendesak penutupan Padepokan Nur Dzat Sejati, Minggu (31/7). Meski belum permanen, padepokan ini akhirnya ditutup untuk umum.

Sentilan NU

Meski tidak langsung turun tangan, Nahdlatul Ulama (NU) mengimbau agar masyarakat tak mudah tertipu dengan jubah dan serban yang dikenakan Samsudin.

“Memang doa-doa itu bermanfaat. Tapi kalau yang bersifat konten dan pamer, itu jelas sulap,” tegas Ketua PBNU, Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur, seperti dilansir NU Online, Selasa (2/8).

“Tidak mungkin kiai seperti itu. Seorang kiai justru sembunyi. Kiai tidak mau mempertontonkan yang seperti itu karena takut riya,” tegasnya.

Gus Fahrur juga mengajak masyarakat bisa membedakan kiai dan dukun, sekaligus memastikan aksi yang dilakukan Samsudin berbeda dengan sikap kiai ahli hikmah.

“Itu jelas konten. Orang tidak bisa mengaji hanya karena memakai jubah. Kalau dia kiai, mengajar di pesantren, salat lima waktu dan haji bagus, baru bisa dipercaya kalau berdoa manjur,” papar Gus Fahrur.

“Namun kalau orang itu tidak salat, tidak beribadah dan cuma bekerja membuat konten, sebaiknya jangan dipercaya,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Cuaca Hari Ini, Kalsel Berpotensi Hujan Lagi
Corona

News

Hari Ini 285 Orang di Indonesia Sembuh dari Covid-19

News

Bendung Mis-Disinformasi, AJI Rangkul Akademisi & Jurnalis Balikpapan

News

Bawa Sajam, Polisi Tangkap Massa Penyusup Demo 11 April

News

Puluhan Jemaah Haji Kaltim Tiba di SAMS Sepinggan 
BLT UMKM

News

Mengenal Perseroan Perorangan dan Kelebihannya untuk UMKM Kalsel
EV test track

News

Arena Test Kendaraan Listrik di GIIAS 2022 Dijejali Pengunjung, Ada Apa?
PLN

News

Fluktuasi di Pasar Internasional, PLN Pastikan Pasokan Batu Bara Tercukupi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com