Rodney Goncalves; Pemain Barito Putera Harus Punya Rasa Marah dan Lapar Hasil MotoGP Jepang: Quartararo Melempem, Bagnaia Crash, Selisih Poin Semakin Menjauh Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama

Santer Isu BBM Bakal Naik, Begini Suara Hati Pengemudi Ojol

Hampir semua lini bisnis bakal terkena dampak dari kenaikan BBM, tak terkecuali pengemudi ojol yang setiap harinya menggunakan kendaraan.
- Apahabar.com     Senin, 29 Agustus 2022 - 19:41 WITA

Santer Isu BBM Bakal Naik, Begini Suara Hati Pengemudi Ojol

Hampir semua lini bisnis bakal terkena dampak dari kenaikan BBM, tak terkecuali pengemudi ojek online (ojol). (Foto: dok. apahabar.cpm/BS)

apahabar.com, JAKARTA – Suara hati pengemudi ojol akan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali menjadi perbincangan hangat belakangan ini. Isu naiknya harga BBM bersubsidi tentunya menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Tanah Air.

Hampir semua lini bisnis bakal terkena dampak dari kenaikan BBM, tak terkecuali pengemudi ojek online (ojol) yang mayoritas menjadikan profesi tersebut sebagai mata pencaharian utama mereka.

“Kalau harga BBM naik, otomatis harga sembako juga ikut naik, sudah pasti merepotkan,” ujar Faisal Riza salah satu pengemudi ojol di kawasan Ragunan, Jakarta kepada apahabar.com, Senin (29/8).

Lelaki berbadan kurus itu menjelaskan, bahwa setiap harinya, ia menghabiskan Rp20 ribu untuk mengisi bensin ketika mengojek dari pagi hingga malam hari. Dengan isu naiknya BBM, ia memperkirakan angka tersebut bertambah menjadi Rp30 ribu perharinya untuk mengisi BBM saja.

“Belum lagi banyak risiko di jalan, seperti kemacetan, kecelakaan, dan kondisi keadaan motor. Udah begitu jadi tanggung jawab siapa? kita sendiri kan,” terangnya.

“Servis kendaraan juga kan memakai uang sendiri. Ujung-ujungnya kalau ada masalah jadi derita lu sendiri,” tambahnya.

Selain itu, dengan isu kenaikan BBM, ia pun mengeluhkan kelangsungan hidup termasuk mata pencaharian sebagai ojol akan semakin sulit. Terlebih, kata dia, sekarang yang sulit mendapatkan bonus dan biaya layanan aplikator yang cukup tinggi.

“Biaya pemotongan dari layanan aplikator saja sudah lebih dari 20% untuk saat ini. Nanti kalau harganya semakin mahal, kan lama-lama pelanggan juga jadi males memesan ojek online,” beber pria berjanggut tebal itu.

Kendaraan Listrik Jadi Solusi?

Keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM, mungkin menjadi salah satu langkah untuk mempercepat pengurangan emisi karbon serta pengenalan ekosistem kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat.

Kendaraan listrik disinyalir bisa menjadi jalan keluar dari kenaikan harga bahan bakar yang terus menerus terjadi di tanah air.

“Untuk motor listrik sebenarnya saya tertarik, tetapi untuk sekarang kayanya kondisi masih susah, karena masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi,” ungkapnya.

Belum meratanya charging station untuk mengisi daya listrik di tengah perjalanan, membuatnya khawatir dan berpikir dua kali akan keputusan membeli kendaraan listrik yang dinilai cukup mahal.

“Mungkin pemerintah memang ingin mempercepat masyarakat untuk memakai kendaraan listrik. Tetapi caranya salah. Jadi wajar saja masyarakat marah dan memancing demo,” tutupnya.

“Sediakan dulu BBM bersubsidi agar masyarakat tidak marah. Untuk kendaraan listrik (pengenalannya) bisa pelan-pelan,” tutupnya.

 

Reporter: Adit

Editor: Denny Firmansyah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

News

Bahas Oligarki, Mahfud MD Sebut Ada Demokrasi Jual Beli-Lahirkan Pemimpin Bayaran

News

Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom

News

2.064 Personel Disiagakan Saat Presiden Berkemah di IKN
PPKM

News

Ketahui Aturan PPKM Level 3 Banjarmasin Saat Ramadan
nilai tukar rupiah

News

Rupiah Menguat ke Posisi Rp14.651 per Dolar AS
xpander hybrid

News

Mitsubishi Bersiap Luncurkan Xpander Hybrid, Kapan Waktunya?

News

Ratu Kerajaan Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia
set top box tv digital

News

Kominfo Akan Berikan Set Top Box TV Digital Gratis untuk Masyarakat, Asal…
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com