Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Besok Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru Divonis 8 Tahun Penjara, Wahid Dibebaskan dari Ganti Rugi Rp26 Miliar  Apkasi Ajak Perusahaan Barang Jasa Rebut Peluang Pengadaan di Pemda Melalui APN 2022
agustus

Seratus Tank Lapis Baja China Disebut Berada di Seberang Taiwan

- Apahabar.com     Selasa, 2 Agustus 2022 - 21:34 WITA

Seratus Tank Lapis Baja China Disebut Berada di Seberang Taiwan

Ilustrasi, tank China. Foto-dok.Pertahanan Rusia.

apahabar.com, JAKARTA – Tank lapis baja terpantau dikerahkan ke Kota Xiamen, Provinsi Fujian, China, daerah yang terletak di seberang Taiwan. Penampakan tank itu diunggah dalam beberapa foto di dunia maya. Namun, foto tersebut belum terverifikasi.

Dilansir CNN Indonesia yang mengutip Reuters, seorang warga di Xiamen, Chen Jinhuo (50) mengatakan ia melihat puluhan kendaraan militer dari berbagai tipe berada di kota itu menuju jalur lingkar utama sejak Minggu (31/7).

Chen juga mengatakan ia melihat sekitar 100 kendaraan lapis baja terparkir di jalur lingkar utama saat ia berkendara pada Senin (1/8), dikutip dari South China Morning Post.

Huang Bo (45), warga di Xiamen lain, mengaku melihat derek dikerahkan untuk menarik kendaraan infanteri lapis baja yang rusak pada Senin (1/8).

Tak hanya itu, penerbangan di Kota Xiamen, Fuzhou, Quanzhou, dan sejumlah kota lain di Provinsi Fujian juga dibatalkan sebagian sampai pada Selasa (2/8) siang.

Sebagaimana diberitakan The Global Times, informasi ini dapatkan dari maskapai Xiamen Airlines, mengutip dari kontrol lalu lintas regional.

Dari sisi perairan, Administrasi Keamanan Maritim Shandong memberikan peringatan navigasi. Badan itu menyampaikan pelabuhan Weifang di Laut Bohai bakal melakukan latihan militer pada pukul 15.00 hingga 24.00 waktu setempat mulai 3 Agustus.

Administrasi Keamanan Maritim Qinglan juga memberikan peringatan navigasi imbas penyelenggaraan latihan militer di beberapa wilayah Laut China Selatan mulai Selasa (2/8) sampai Sabtu (6/8).

Selain itu, Komando Militer Provinsi Fujian mengunggah video dan foto terkait penyelenggaraan latihan tembak pada Selasa (2/8). Latihan tersebut, kata badan itu, ditujukan untuk “mengetes kemampuan tarung keseluruhan di bawah kondisi kompleks.”

Beberapa warganet di Twitter dan Weibo juga menuturkan kapal induk Liaoning milik China telah meninggalkan Qingdao pada Minggu (31/7) menuju arah selatan. Tak hanya itu, kapal induk Shandong telah meninggalkan Sanya pada Senin (1/8), bertolak ke arah utara.

Pengerahan dua kapal induk memunculkan spekulasi bahwa China bakal melangsungkan operasi dua kapal induk di Selat Taiwan.

Berbagai tindakan militer ini dilakukan kala Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi, dikabarkan bertolak ke Taiwan pada hari ini, Selasa (2/8).

Pemerintah China sendiri menentang tegas kunjungan Pelosi ke Taiwan.

Bahkan, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan “militer China tidak akan tinggal diam” merespons lawatan Pelosi, pun bakal menerapkan tindakan keras untuk melindungi kedaulatan dan integritas teritorial China.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Draupadi Murmu

News

Resmi! Draupadi Murmu Pribumi Pertama Jadi Presiden India
Rusia

News

Rusia Tegaskan Tidak akan Tunduk Meski Disanksi Barat

News

Pelajar di Banjarbaru Libur Selama Bulan Puasa, Sebagian Ikuti Pesantren Ramadan

News

Wahai Pecinta Kopi! Selamat Datang di Era ‘Ngopi Instagenik’
Pangeran Banjar

News

Insiden Wadas, 6 Polisi Diperiksa Propam

News

Daftar Mobil yang Dilarang Isi Pertalite, Cek di Sini
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto-Net.

News

Pesan Menag: Perkuat Solidaritas, Hilangkan Kesombongan
bank dunia

News

Salut! Bank Dunia Puji Indonesia Sukses Atasi Krisis Ekonomi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com