Aksi Ciamik Pereli Kalsel di Kejurnas Danau Toba Rally 2022, Rifat Sungkar Tercecer IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk Liburland Festival di Banjarbaru, Isyana Sarasvati Pikat Ribuan Pengunjung Breaking! Toko Pecah Belah di Palangka Raya Terbakar Aksi Dugaan Perampasan, 3 Polisi Kalsel Berhadapan dengan Propam
agustus

Setop Instal Whatsapp GB, Kenapa?

- Apahabar.com     Sabtu, 6 Agustus 2022 - 09:24 WITA

Setop Instal Whatsapp GB, Kenapa?

Whatsapp GB menyediakan banyak fitur namun menyimpan potensi bahaya. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Whatsapp banyak dikembangkan oleh pihak ketiga yang ingin memodifikasi plus menambahkan fitur baru di dalamnya. Salah satu Whatsapp modifikasi adalah Whatsapp GB (WA GB).

Sepintas Whatsapp GB bisa memanjakan para penggunanya karena fitur berlimpah yang tak ada di Whatsapp resmi.

Beberapa fitur itu seperti mengirim pesan terjadwal, menghapus pesan yang sudah terkirim, mematikan koneksi internet, menghilangkan status online, hingga membaca pesan terhapus.

Karena hasil modifikasi, WA GB tidak tersedia di Play Store atau App Store karena kebijakan penerbitannya hanya bisa diinstal dari sumber pihak ketiga.

Dilansir CNNIndonesia.com dari laman Digitbin, terlepas dari berbagai fitur menarik yang ditawarkan aplikasi MOD seperti WA GB tersebut, tetap saja ada sisi lain yang mengancam keamanan pengguna.

Peneliti online di Internet Research Institute mengungkapkan, versi modifikasi WhatsApp lebih rentan menyuntikkan malware dan spyware karena server yang di-hosting kurang aman.

Ditambah lagi, aplikasi WhatsApp MOD umumnya tidak dilengkapi fitur enkripsi sehingga perpesanan pengguna bisa saja disusupi dan dibaca oleh pihak ketiga. Hal ini mengakibatkan rawan terjadinya kerusakan data dan mengancam privasi pengguna.

Berikut selengkapnya bahaya dari Whatsapp GB

1. Membahayakan perangkat

WhatsApp terlarang versi modifikasi lebih rentan disuntikkan malware dan spyware terhadap perangkat yang Anda gunakan seperti smartphone Anda.

Selain itu WhatsApp modifikasi lebih mungkin membawa virus yang dapat membahayakan perangkat, data, serta keamanan privasi pengguna.

2. Mengandung iklan

Pengembang WhatsApp modifikasi rata-rata meraup pendapatan dari hasil iklan yang dipasang pada beranda aplikasi. Keberadaan iklan tersebut tentu dapat mengganggu pengguna saat sedang menjalankan aplikasi.

Iklan pada aplikasi juga dapat disusupi virus serta dapat menggiring pengguna pada situs yang berbahaya.

3. Tidak terenkripsi

Aplikasi WhatsApp resmi memiliki sistem end-to-end encryption yang membuat seluruh percakapan di akun WhatsApp terlindungi dan tidak dapat diintip siapa pun.

Sedangkan pada WhatsApp MOD, umumnya aplikasi ini tidak terenkripsi dan rentan bocor kepada pihak ketiga yang dapat menjadi ancaman keamanan privasi pengguna.

4. Tidak dapat melakukan pembaruan

Pembaruan di WhatsApp MOD cenderung sulit karena tidak otomatis seperti pada WhatsApp resmi. Pengguna sering kali harus masuk ke link tautan yang bisa saja berisi malware.

5. Terancam diblokir

Menggunakan aplikasi modifikasi seperti GB WhatsApp dapat membuat akun WhatsApp diblokir. Merujuk pada situs resmi WhatsApp, WhatsApp Inc. akan menindak tegas pengguna WhatsApp bodong dengan melakukan blokir akun sementara hingga permanen.

Masih dari situs resminya, WhatsApp menyatakan tidak bertanggung jawab atas berfungsinya aplikasi WA GB di ponsel karena tidak dapat divalidasi keamanannya.

Demikian bahaya download GB WhatsApp. Meski menawarkan berbagai fitur menarik, tetap saja aplikasi MOD seperti WA GB tidak aman bagi pengguna.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Presiden Jokowi ke Ukraina, Pasukan Elite Bawa Amunisi Tak Terbatas
Elon Musk

News

Berkunjung ke Space X di Boca Chica, Presiden Jokowi Bertemu Elon Musk
Kotabaru

News

Lestari, Ribuan Bibit Sepatudea Ditanam di Desa Karang Payau Kotabaru

News

Viral Pelajar SMA Berau Kaltim Tirukan Suara Jokowi

News

Bantuan Mabes, Dandim Teweh Serahkan 5 Ribu BLT ke PKL dan Warung
Rusia Serang Ukraina

News

Kabar Terbaru Serangan Rusia ke Ukraina, Pesawat Tempur Jatuh Tertembak di Kiev
Google doodle

News

Google Doodle Peringati Hari Bumi 2022, Tampilkan Potret Dampak Perubahan Iklim
Puting Beliung Tanah Bumbu

News

Puting Beliung di Tanah Bumbu: Listrik Padam, Belasan Rumah Porak-Poranda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com