Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB

Tak Surut Tuntut Hak, PT BTG Minta KPK Turun Tangan Berantas Mafia Tambang di Tala

- Apahabar.com     Kamis, 25 Agustus 2022 - 19:58 WITA

Tak Surut Tuntut Hak, PT BTG Minta KPK Turun Tangan Berantas Mafia Tambang di Tala

Owner PT Bimo Taksoko Gono, Bambang Triguna, bersama kuasa hukum Sinar Bintang Aritonang. Foto: apahabar.com/Ali Chandra

apahabar.com, PELAIHARI – Terus berusaha mempertahankan hak tambang biji besi di Tanah Laut, PT Bimo Taksoko Gono juga meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun tangan.

Diketahui PT BTG mengklaim sudah menggarap lahan biji besi di Pemalongan, sesuai Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) Nomor 313 Menhut.II/2008 tertanggal 15 September 2008.

Kerja sama pun sudah dijalin dengan Perusahaan Daerah (PD) Baratala Tuntung Pandang yang sebelumnya bernama PD Aneka Usaha Manuntung Berseri (PD AUMB).

Belakangan PD Baratala malah merekomendasikan Surat Perintah Kerja (SPK) kepada perusahaan lain bernama PT Nusantara Dwikarya Mandiri (NDM), bukan kepada PT BTG yang telah mengeluarkan banyak investasi.

Padahal PT BTG sudah berusaha memenuhi kewajiban, seperti pengurusan perpanjangan IPPKH.

Atas perlakuan yang diterima, mereka pun telah melapor kepada Bareskrim Polri, Polda Kalimantan Selatan dan Polres Tala dengan kasus pencurian.

Baca juga: Merasa Dipermainkan, PT Bimo Taksoko Gono Laporkan PD Baratala ke Mabes Polri

Namun demikian, pelaporan itu tak kunjung ditindaklanjuti. Tak ayal mereka pun menginginkan Kejaksaan Agung (Kejagung) dan KPK turun tangan.

“Melihat rumit urusan ini, kami menduga terdapat permainan yang dilakukan mafia tambang,” papar kuasa hukum PT BTG, Sinar Bintang Aritonang, Rabu (24/8).

“Klien kami benar-benar dipersulit, kendati sudah berinvestasi puluhan miliar dan membebaskan lahan 52 hektar lahan sporadik yang dikuasai warga,” imbuhnya.

Sinar Bintang Aritonang juga menegaskan permainan mafia tambang itu terjadi lantaran kurang pengawasan lapangan, illegal mining, serta kelemahan tata kelola dan perizinan sektor pertambangan.

“Tentunya pemerintah, pengusaha dan masyarakat sangat berperan meminimalisasi mafia tambang ini, karena mereka melawan aturan baku untuk mencari keuntungan,” urai Sinar Bintang.

“Makanya perlu kerja sama aparat penegak hukum. Mulai dari Polri, KPK dan Kejagung untuk memberantas kasus mafia tambang,” imbuh advokat dari Firma Stevie Law Firm and Partner ini.

Sementara owner PT BTG, Bambang Triguna, menyebut aksi mafia tambang bukan hal baru. Praktik ini kerap melibatkan oknum shadow government.

“Mereka sebetulnya berada di luar pemerintahan, tapi memiliki pengaruh lantaran memampuan modal. Mereka ingin menguasai tambang-tambang, terutama di daerah-daerah,” tukas Bambang.

“Kami meminta KPK, Polri dan Kejagung turun tangan memberantas praktik mafia tambang dengan lebih intensif turun sampai ke daerah,” sambungnya.

Adapun investasi yang diakui sudah dikeluarkan PT BTG mencapai Rp50 miliar. Lantas akibat pengalihan SPK, mereka mengklaim kerugian lebih dari Rp21 miliar dari fee lahan dan jasa pengolahan lahan.

“Investasi itu dimulai ganti rugi lahan kepada masyarakat, hingga pembuatan jalan. Semua memiliki perjanjian dan saya pegang atas nama perusahaan,” tandas Bambang.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

bandara Syamsudin Noor

Hot Borneo

Angkasa Pura I Layani 27,9 Juta Penumpang Selama 2022, Traffic Tertinggi di Juli Sebanyak 5 Juta

Hot Borneo

Sekali Tepuk, 2 Budak Sabu Dilibas Satresnarkoba Polres HST
AKBP AB

Hot Borneo

Oknum Polda Kalsel Resmi Dipolisikan, Dua Perwira Satu Bintara
Terduga pencabulan di Tanbu

Hot Borneo

Diduga Setubuhi Anak di Bawah Umur, KS Diamankan Polisi Tanbu
Stok Hewan Kurban Banjarbaru

Hot Borneo

Stok Hewan Kurban di Banjarbaru Mencukupi, Tapi…
Truk Tapin

Hot Borneo

Ssstt… Truk Batu Bara yang Terperosok di Tapin Ternyata Bodong!
Lapas Kotabaru

Hot Borneo

Tegas, Kalapas Kotabaru Minta Anak Buah Jangan Mencla-mencle
Jambret Banjarbaru

Hot Borneo

Apes, Penjambret di Banjarbaru Berhasil Diciduk Polisi Gegara Aksi Heroik Korbannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com