Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Tips Berkendara Aman di Sekitar Truk Agar Terhindar dari Kecelakaan Maut

Tips berkendara di sekitar truk agar terhindar seperti kecelakaan maut truk yang baru saja terjadi di Jalan Sultan Agung Bekasi, Jawa Barat.
- Apahabar.com     Rabu, 31 Agustus 2022 - 22:29 WITA

Tips Berkendara Aman di Sekitar Truk Agar Terhindar dari Kecelakaan Maut

tips berkendara di sekitar truk agar terhindar dari kecelakaan maut. (Foto: istimewa)

apahabar.com, JAKARTA – Tips berkendara aman di sekitar truk agar terhindar seperti kecelakaan maut yang baru saja terjadi di Jalan Sultan Agung Bekasi, Jawa Barat. Peristiwa kecelakaan truk tersebut mengakibatkan 10 orang meninggal dunia dan 20 orang luka-luka.

Dengan kejadian itu, membuat kita berpikir mengapa truk sering terlibat kecelakaan. Alasannya bisa dari rem blong, patah as roda, hingga pecah ban.

Selain itu, truk juga memiliki area blind spot atau titik buta yang mana pengemudi tidak bisa melihat kendaraan lain di sekitarnya, terutama pada kaca spion.

Tak mengherankan jika banyak pengendara lebih memilih menghindari truk saat bertemu di jalan. Mau tidak mau pengemudi kendaraan pribadi yang berada di sekitar atau di belakang truk atau kendaraan berat lainnya harus lebih berhati-hati dan selalu waspada.

BACA JUGA: Berkaca pada Kecelakaan Maut di Bekasi, Pakar Beberkan Cara Mencegah Rem Blong

Berkaca dari kecelakaan tersebut, Praktisi Keselamatan Berkendara yang sekaligus pendiri Safety Driving Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, memberikan tips agar aman berkendara saat berada di belakang atau sekitar truk.

Jaga Jarak Aman

Menurut lelaki yang juga mengajar sebagai Training Director di SDCI ini, langkah awal yang harus dilakukan pengemudi kendaraan pribadi adalah menjaga jarak aman 4-6 meter kedepan. Apabila jarak pandang hanya 100 meter maka disarankan untuk menyalakan lampu jauh.

“Kemudian, jangan mengikuti truk dengan jarak yang terlalu dekat, karena mobil tidak terlihat oleh sopir truk,” ujar pria berkacamata itu kepada apahabar.com, Rabu (31/8).

“Menjaga jarak aman ketika kita sebagai pengemudi, bukan sekadar memberi ruang gerak bagi truk, tapi juga membuat mobil mudah terlihat oleh sopir truk. Sehingga bisa mengantisipasi pergerakan truk terutama apabila truk tersebut mengerem mendadak,” sambungnya.

Jaga Kecepatan

Perihal mengatur kecepatan kendaraan saat bertemu dengan truk, menurut Sony itu adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

“Mengemudi dengan kecepatan tinggi boleh saja, tapi perhatikan pengendara lain di sekitar Anda, mereka juga membutuhkan jalan untuk akses kendaraannya,” ungkap Sony.

Jaga emosi

Terkadang beberapa pengendara terlihat bernafsu untuk mendahului truk dari sisi kiri. Hal ini dapat membahayakan bagi pengendara tersebut maupun sopir truk.

“Dengan kita mampu menstabilkan emosi saat berkendara, hal-hal seperti ini diharapkan dapat berkurang, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya,” tutupnya.

 

Reporter: Leni
Editor: Denny Firmansyah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Lagi! Kasus Pemaksaan Jilbab di Sekolah, SETARA Institute Minta Sekolah Negeri Terapkan Protokol Kebinekaan

News

Daftar Bersamaan dengan KIB, PSI: Tanda-Tanda Alam Nih!
Habib Bahar Bin Smith

News

Tok! Habib Bahar Bin Smith Divonis 6 Bulan Penjara

News

Modus Pacaran, Gadis 14 Tahun di Samarinda Diperdagangkan

News

Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Masuk ke Dalam Ekosistem Digital Pada 2024
jas hujan

News

5 Rekomendasi Jas Hujan yang Memiliki Kualitas Terbaik

News

Gerakan Literasi Film: Forum Sineas Banua Siap Luncurkan Pustaka FSB
Menhan Austin

News

Menhan AS Bilang China Menjadi Semakin Agresif di Asia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com