Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Truk Terobos Jembatan Paringin yang Rusak Parah, Mau Uji Nyali Ya?

- Apahabar.com     Senin, 29 Agustus 2022 - 14:54 WITA

Truk Terobos Jembatan Paringin yang Rusak Parah, Mau Uji Nyali Ya?

Sebuah truk fuso nekat melintasi Jembatan Paringin yang rusak parah ketika petugas jaga sedang beristirahat. Senin, 29 Agustus. apahabar.com/Hendry

apahabar.com, PARINGIN – Siapa bilang Jembatan Paringin yang sedang rusak parah tak lagi dilintasi truk besar?

Bahaya terus mengintai di Jembatan Paringin. Lantai jembatan penghubung Tabalong-Balangan itu retak-retak. Pelat besi penahan bebannya lepas.

Pelat besi yang lepas membentuk lubang dengan kedalaman sekitar 30 cm. Sebagian rangka jembatan sudah terlihat, semen cor dari lantai jembatan pun berguguran ke Sungai Balangan.

Sedianya jembatan tersebut juga rusak beberapa bulan lalu, namun telah diperbaiki oleh Balai Jalan dengan anggaran senilai Rp3 miliar. Tak lama berselang, lantai Jembatan Paringin kembali rusak.

Mengantisipasi insiden, sejak Senin pagi (29/8) hingga siang petugas dari Polres Balangan sibuk menghalau truk yang hendak melintas.

Di tengah guyuran hujan sekalipun, petugas tetap mengalihkan truk agar melalui jalan Desa Bungin atau Desa Mantimin menuju Lampihong.

Baca juga: Catat, Truk Dilarang Melintas di Jembatan Paringin

Baca juga: Waswasnya Warga HSU dan Tabalong Saat Jembatan Paringin Rusak

Kendati begitu, masih saja ada sopir yang memilih nekat melintas. Mungkin di benak mereka, ketimbang harus memutar 3 kilometer jauhnya untuk menuju pusat kota Paringin ataupun sebaliknya.

Saat sejumlah petugas jaga sejenak beristirahat atau sekitar pukul 14.00 sebuah truk Fuso tiba-tiba nekat melintas. Spanduk imbauan bertuliskan jika jembatan dalam status ‘rusak parah’ tak dipedulikannya. Truk itu tetap nekat melintas.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by apahabar.com (@apahabar)

Beruntung insiden Minggu (28/8) tadi malam ketika sebuah bus menghantam pelat besi penahan beban jembatan hingga jebol tak terulang.

Ya saat ini, tak banyak yang bisa dilakukan kepolisian. Mereka masih menunggu apa hasil keputusan pemerintah dengan balai jalan.

Rapat antarinstansi sendiri baru akan digelar Selasa esok, 30 Agustus. Di ruang sekda Balangan, sejumlah instansi bakal hadir. Dari Ditlantas Polda Kalsel, Dinas Perhubungan Kalsel, Dinas PUPR Kalsel, Pemkab HSU, Pemkab Tabalong, hingga pihak BPTD XV Kalsel, maupun Satker PJN, dan PPK 2.4 Kalsel.

“Kami sudah mengimbau dan mengarahkan truk untuk tidak melintas, jika terjadi sebuah perkara maka itu bukan kesalahan kami,” ucap Kasat Lantas, AKP Imam Suryana.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Nyaris Rp1 Miliar Dana Desa Dikorupsi, Eks Kades Kaburan Kapuas Jadi Tersangka

Hot Borneo

Over Kapasitas, Puluhan Warga Binaan Lapas Banjarmasin Dipindah ke Karang Intan
tali tiang pancang jembatan ambruk

Hot Borneo

Tertabrak Trailer, Polisi Usut Jembatan Telaga-Ampukung Tabalong Ambruk
Guru Kontrak Kapuas Murung

Hot Borneo

Ratusan Guru Kontrak Kapuas Murung Dapat Sembako Gratis
Sasirangan Banjarbaru New York Fashion Week

Hot Borneo

Tanpa Dukungan APBD, Dekranasda Banjarbaru Tampil Memukau di New York Fashion Week

Hot Borneo

Kumpul-kumpul Main Judi, Sekelompok Pria di Batola Residence Digerebek Polisi
penipuan balikpapan

Hot Borneo

Modus Teman ‘Makan’ Teman di Balikpapan, Tipu Puluhan Juta
Kebijakan Menag

Hot Borneo

Sambil Tunggu Kuota Haji 2022, Kemenag Tabalong Lakukan Sejumlah Persiapan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com