Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB

Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Setiap kendaraan bermotor wajib memiliki plat nomor untuk memudahkan identifikasi armada, sekaligus memudahkan jika terjadi kasus kecelakaan.
- Apahabar.com     Jumat, 23 September 2022 - 19:53 WITA

Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Mengenal arti plat nomor kendaraan di Indonesia. Foto: dok. Carroid)

apahabar.com, JAKARTA – Setiap kendaraan bermotor wajib memiliki plat nomor untuk memudahkan identifikasi armada, sekaligus memudahkan jika terjadi kasus kecelakaan.

Di Indonesia sendiri, plat nomor atau tanda nomor kendaraan (TNKB) memiliki warna berbeda, tidak hanya hitam mungkin sering melihat ada plat nomor warna putih, kuning, merah dan juga hijau.

Saat ini ada empat warna plat nomor kendaraan yang dibedakan berdsarkan jenis dan fungsinya, seperti tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 7 Tahun 2012.

Peraturan Kepolisian tersebut berisi Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, yaitu putih, hijau, kuning dan merah.

Nah, mungkin masih banyak yang belum mengetahui arti dari warna plat nomor yang ada di Indonesia:

1. Plat Nomor Putih

Plat nomor kendaraan yang berwarna putih dengan tulisan warna hitam diperuntukkan untuk kendaraan bermotor yang digunakan untuk perseorangan dan badan hukum.

Selain itu, plat nomor putih juga dipakai untuk perwakilan negara asing (PNA) atau kedutaan besar dan badan internasional.

2. Plat Nomor Hijau

Plat nomor hijau dengan tulisan warna hitam digunakan untuk kendaraan yang beroperasi di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan tiket bebas bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3. Plat Nomor Kuning

Plat kendaraan bermotor dengan warna kuning dan tulisan warna hitam digunakan untuk kendaraan bermotor jenis angkutan umum atau transportasi publik.

4. Plat nomor merah

Plat kendaraan bermotor warna merah dan tulisan putih berarti digunakan untuk kendaraan bermotor yang digunakan khusus oleh instansi pemerintah.

Editor: Denny Firmansyah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Anya Geraldine mendadak jadi sorotan usai ditunjuk jadi juri ajang Putri Indonesia 2022 yang berlangsung pada Jumat (27/5) kemarin. Foto-Istimewa

Relax

Anya Geraldine Jadi Juri Putri Indonesia 2022, Warganet: Ngapain?

Relax

Kembali Sapa Penggemar, NCT 127 Bakal Gelar Konser di Jakarta
apahabar.com

News

Buruh Suarakan 18 Tuntutan di May Day: Turunkan Harga Migor-Tolak Upah Murah
Sabu

News

Polres Tala Sukses Bekuk Bandar Besar Sabu di Tambang Ulang
Marahi Penjual Cabai

Relax

Video Pembeli Marahi Penjual Cabai Viral, Diduga Kurangi Timbangan

Relax

Sajikan Musik Dugem Saat Jadi Pengisi Acara di MTQ Banjar, Grup Gambus Ini Minta Maaf

News

87 Ribu Keluarga Miskin di Kalteng Bakal Dapat Bantuan STB
Nikita

News

Nikita Mirzani Datangi Polresta Serang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com