Mengenal Deretan Mobil yang Digunakan dalam Tragedi G30S PKI [Breaking News] Polri Tahan Putri Candrawathi Kecelakaan Maut di Sebamban Baru Tanbu, Truk Kontainer Timpa Pemotor Jarang Mencatat Laporan Keuangan, Jadi Penyebab UMKM Susah Naik Kelas BUMN Merugi, Siap-Siap Tak Terima Kucuran Dana PMN

Baru Dibuka, Pendaftaran Calon Panwascam di Banjar Langsung Diserbu

- Apahabar.com     Rabu, 21 September 2022 - 21:49 WITA

Baru Dibuka, Pendaftaran Calon Panwascam di Banjar Langsung Diserbu

Sejumlah calon Panwascam menyerahkan formulir pendaftaran di Kantor Bawaslu Banjar, Rabu (21/9). Foto: apahabar.com/Hendra Lianor

apahabar.com, MARTAPURA – Animo masyarakat Banjar terhadap Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) terbilang tinggi.

Begitu pendaftaran dibuka, Rabu (21/9) pagi, puluhan masyarakat mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjar di Jalan Taisir Martapura, Rabu (21/9).

Pendaftaran sendiri berlangsung hingga 27 September 2022. Mereka yang lolos seleksi, akan bertugas mengawasi Pemilu dan Pilkada 2024 di masing-masing kecamatan.

“Hingga menjelang sore, pendaftar mencapai 31 orang dari berbagai kecamatan,” papar Ideham Khalik, Kepala Sekretariat (Kasek) Bawaslu Banjar.

“Masyarakat memang lebih antusias. Di sisi lain, pendaftaran sudah disosialisasikan ke seluruh kecamatan dan media sosial,” imbuhnya.

Untuk setiap kecamatan, formasi terpilih berjumlah 6 orang. Mengingat Banjar memiliki 20 kecamatan, berarti seleksi akan mencari total 120 orang.

Namun tidak semua dari 6 orang tersebut berhak menyandang predikat Panwascam. Hanya 3 orang yang terpilih, sedangkan 3 orang lain menjadi cadangan.

“Kami menargetkan jumlah pendaftar mencapai 30 persen keterwakilan perempuan. Kalau tidak terpenuhi, jadwal pendaftaran akan diperpanjang,” tukas Khalik.

Adapun syarat calon Panwascam di antaranya berdomisili di kabupaten setempat, minimal berusia 25 tahun dan lulusan SLTA/Sederajat.

“Syarat lain tidak pernah dipidana penjara, serta bukan pengurus partai politik maupun tim sukses dalam 5 tahun terakhir,” tutur Khalik.

Setelah pendaftaran ditutup, agenda selanjutnya adalah penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon anggota yang berlangsung sejak 28 hingga 30 September 2022.

“Hasil penelitian berkas administrasi akan diumumkan 12 Oktober 2022, diikuti tertulis yang berlangsung sejak 14 hingga 16 Oktober 2022,” jelas Khalik.

“Selanjutnya hasil tes tertulis diumumkan 17 Oktober. Sedangkan pelantikan dan pembekalan dijadwalkan 26 hingga 28 Oktober 2022,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Penggerebekan Maut

Hot Borneo

Diburu, Dor..Dor..! TO Narkotika di Banjar Tewas Tertembak
sabu

Hot Borneo

Edarkan Sabu, Pasutri-Ipar di Banjarmasin Ditangkap Polisi

Hot Borneo

Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, Negara Rugi 393,1 Triliun

Hot Borneo

Dikira Perang Sarung, Pelaku Perkelahian di Balikpapan Ternyata Bawa Sajam
Banjarmasin

Hot Borneo

Mengintip Kelancaran Program Smart City di Duta Mall Banjarmasin

Hot Borneo

Kasus Nenek Martapura Dipenjara di Arab, Kemenlu Terganjal Otoritas
Gempa Bumi

Hot Borneo

Heboh! Beredar Kabar Gempa Bumi Guncang Tabalong Kalsel

Hot Borneo

Rotasi Pama di Polres Batola, Kasat Lantas Dijabat Wajah Baru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com