Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB

BBM Naik, Harga Bawang Merah di Palangka Raya Turun

Sudah dua pekan berlalu harga BBM mengalami kenaikan yang cukup signifikan hingga membuat harga bahan pokok di pasaran ikut merangkak naik...
- Apahabar.com     Selasa, 20 September 2022 - 20:55 WITA

BBM Naik, Harga Bawang Merah di Palangka Raya Turun

Penjual bawang merah di pasar besar Palangka Raya. Foto-apahabar.com/Andre

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Sudah dua pekan berlalu harga BBM mengalami kenaikan yang cukup signifikan hingga membuat harga bahan pokok di pasaran ikut merangkak naik, seperti harga beras, daging ayam, telur, cabai dan lain-lain.

Kendati demikian, ada salah satu komoditi yang cenderung turun seperti harga bawang merah di pasar tradisional Palangka Raya, Kalteng.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Amandus Frenaldy, melalui Kabid Perdagangan, Hadriansyah mengatakan sebelumnya harga bawang merah Rp40 ribu per kilogram kini menjadi Rp35 Ribu perkilogramnya.

“Penurunan harga ini karena pemerintah ikut menekan inflasi dengan mengadakan pasar murah untuk masyarakat,” ujarnya, Senin (20/9).

Ia juga menjelaskan, untuk harga bahan pokok mengalami kenaikan yaitu beras jenis karang dukuh yang sebelumnya Rp16 ribu kini menjadi Rp18 ribu perkilogram, daging ayam yang sebelumnya seharga Rp39 ribu kini menjadi Rp42 ribu.

Untuk cabai merah keriting yang sebelumnya seharga Rp90 ribu kini menjadi Rp95 ribu perkilogram, cabai rawit yang sebelumnya Rp90 ribu, kini menjadi Rp100 ribu perkilogram.

“Adanya kenaikan harga itu akibat dari kenaikan BBM dan faktor cuaca yang berdampak pada petani yang gagal panen,” katanya.

Hadiansyah menambahkan, saat ini Pemkot Palangka Raya masih terus menggelar operasi pasar sembako murah termasuk gas elpiji ukuran 3 kg yang dijual Rp20.000.

“Operasi pasar itu dilaksanakan di setiap kelurahan di Kota Palangka Raya. Semoga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

knpi tabalong

Hot Borneo

Mudahkan Pengunjung Dapat Vaksin Covid-19, KNPI Tabalong Siapkan Dua Gerai di BUM 2022

Hot Borneo

Harga TBS Terjun Bebas, Petani Biarkan Sawit Membusuk di Pohon
minyak goreng langka

Hot Borneo

Polisi Ungkap Penyebab Langkanya Minyak Goreng di Kotabaru

Hot Borneo

Geruduk Balai Kota Samarinda, Ratusan Sopir Dump Truk Keluhkan Kelangkaan Solar

Hot Borneo

Angka Kesembuhan Meningkat, BOR di RSD Idaman Banjarbaru Berangsur Turun
Banjir Kotabaru

Hot Borneo

Duh, Ruas Jalan di Pusat Kotabaru Langganan Banjir

Hot Borneo

Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, Negara Rugi 393,1 Triliun
BPK Banjarmasin

Hot Borneo

Tabrakan Maut BPK Terulang Lagi, Apa Kabar Perda Damkar Banjarmasin?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com