Mengenal Deretan Mobil yang Digunakan dalam Tragedi G30S PKI [Breaking News] Polri Tahan Putri Candrawathi Kecelakaan Maut di Sebamban Baru Tanbu, Truk Kontainer Timpa Pemotor Jarang Mencatat Laporan Keuangan, Jadi Penyebab UMKM Susah Naik Kelas BUMN Merugi, Siap-Siap Tak Terima Kucuran Dana PMN

BSU Rp600 Ribu Besok Cair, Pekerja Kena PHK Masih Berhak Asal…

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memastikan Dana Subsidi Upah atau BSU Rp600 ribu besok, Senin (12/9/2022).
- Apahabar.com     Minggu, 11 September 2022 - 17:27 WITA

BSU Rp600 Ribu Besok Cair, Pekerja Kena PHK Masih Berhak Asal…

Ilustrasi BSU. Foto- Okezone.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memastikan Dana Subsidi Upah atau BSU untuk pekerja Rp600 ribu cair besok, Senin (12/9/2022).

Sekjen Kemenaker, Anwar Sanusi menyebutkan pihak telah memproses pencarian BSU, dan sudah bisa diambil secara bertahap melalui Bank Himbara.

Bank Himbara yakni Himpunan Bank Milik Negara, gabungan dari 4 bank BUMN, yakni Bank BRI, BNI, Mandiri dan BTN. Penerima BSU bisa cek saldo besok atau ambil langsung sesuai jam operasional Bank Himbara.

“Saya mengingatkan, tahap pertama ini penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara yah,” jelas Anwar dalam siaran resminya dikutip apahabar.com, Minggu (11/9/2022).

Per Jumat (9/9/2022) malam, Kemenaker telah memproses pencairan dana BSU tahap pertama bagi 4,36 juta orang pekerja/buruh dengan anggaran mencapai Rp 2,61 triliun.

Dana tersebut diteruskan kepada Bank Himbara selaku Bank Penyalur melalui KPPN untuk selanjutnya disalurkan kepada para penerima BSU tahap pertama.

Anwar juga mengatakan, diperlukan proses verifikasi, validasi, dan pemadanan data sesuai dengan kriteria yang diatur pada Permenaker BSU 2022 sebagai upaya untuk menjaga ketepatan sasaran dan akuntabilitas.

Anwar juga menuturkan, Kemenaker telah menerima 5,09 juta data calon penerima BSU tahun 2022 dari BPJS Ketenagakerjaan.

Data tersebut kemudian dilakukan verifikasi, validasi, dan pemadanan data sebelum ditetapkan sebagai penerima BSU.
Setelah dilakukan proses tersebut, terdapat 4,36 juta orang pekerja atau buruh yang dapat menerima BSU di tahap pertama.

“Kami memahami bahwa BSU 2022 sangat ditunggu oleh pekerja atau buruh, namun selain cepat kami juga harus menjaga prinsip ketepatan sasaran dan akuntabilitas dari progam ini,” kata dia.

“Saya berterima kasih kepada para buruh yang telah sabar menunggu pencairan BSU 2022,” imbuh Anwar Anwar.

Ia menambahkan, masyarakat dapat mengakses berbagai informasi terkait BSU, termasuk pengecekan status penyaluran, melalui kanal bsu.kemnaker.go.id.

Pekerja Kena PHK

Lantas, apakah pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK masih berhak menerima BSU?

Mengutip dari laman resmi Kemenaker, disebutkan bahwa pekerja kena PHK ternyata masih bisa, namun dengan catatan masih membayar iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022.

“Pekerja/buruh sebagai Peserta aktif program BPJS Ketenagakerjaan yang membayar iuran kepesertaan sampai bulan Juli 2022, berhak mendapatkan BSU Tahun 2022,” bunyi pernyataannya.

“Pekerja/buruh yang terPHK setelah bulan Juli 2022 tetap berhak mendapatkan BSU sepanjang memenuhi ketentuan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.10 Tahun 2022Pekerja/buruh yang diusulkan dan ditetapkan sebagai penerima BSU Tahun 2022 dapat melakukan cek mandiri ke website Kementerian Ketenagakerjaan R.I www.bsu.kemnaker.go.id,” lanjut pernyataan di laman kemenaker tersebut.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

G20 RI

News

G20 RI Bakal Panas, Putin Berencana Datangi Bali
ilustrasi sabu

News

Kurang Seminggu, Polsek Tapin Utara Amankan 3 Budak Sabu
Kedaluwarsa

News

Ramai Masa Kedaluwarsa Vaksin Covid-19 Diperpanjang, Emang Bisa?

News

Di Depan Elite PDI Perjuangan, Cak Nun Sebut Presiden Sekarang Belum Tepat
mypertamina

News

Ini Daftar Daerah yang Beli Pertalite Pakai MyPertamina, Kalsel Salah Satunya
PLN Kalselteng

News

Dear Milenial Kalselteng, Coba Listrik Prabayar Lebih Mudah dan Nyaman

News

Akhir MotoGP Indonesia: Macet Parah dan Penonton Terlantar Hingga Tengah Malam
Kapolda Jambi

News

Rabu Lusa Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J, Kapolda Jambi Tinjau Persiapan Lokasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com