Rodney Goncalves; Pemain Barito Putera Harus Punya Rasa Marah dan Lapar Hasil MotoGP Jepang: Quartararo Melempem, Bagnaia Crash, Selisih Poin Semakin Menjauh Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama

Buka Bimtek Pengadaan Barang Jasa untuk Desa, Ini Pesan Bupati Tabalong

- Apahabar.com     Selasa, 6 September 2022 - 11:58 WITA

Buka Bimtek Pengadaan Barang Jasa untuk Desa, Ini Pesan Bupati Tabalong

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menekankan 4 hal saat membuka bimtek pengadaan barang jasa bagi para kepala desa. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin.

apahabar.com, TANJUNG – 121 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tabalong mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tata cara pengadaan barang/jasa untuk desa, di Gedung Pusat Informasi Pembangunan, Tanjung, Selasa (6/9).

Kegiatan tersebut digagas Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah Tabalong.

“Tujuan kegiatan ini agar kepala desa mengetahui dan memahami pengelolaan keuangan desa serta memahami pengadaan barang dan jasa sesuai dengan peraturan pemerintah,” kata Kabag BPBJ Tabalong, Subhan.

Sementara itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, saat membuka bimtek tersebut berpesan agar para Kades dapat betul-betul mengikuti kegiatan tersebut.

“Kades sangat penting mengetahui dan menguasai tata cara pengadaan barang jasa, dan itu (bisa) diketahui dari bimtek hari ini. Ini sebagai pintu masuk untuk selamat,” katanya.

Selanjutnya, sambung Anang, begitu sudah mengetahui tata cara maka segera lakukan percepatan pengadaan barang dan jasa di desa. Karena ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di desa.

Pada teori ekonomi, jika pembangunan dilakukan di bulan ini maka akan terjadi apa yang disebut effect multiplier.

Contoh, pembuatan jalan menggunakan anggaran dengan jumlah tertentu, membeli material setempat, tukang setempat, maka uang itu akan berputar di desa itu. Kemudian, tukangnya setelah mendapat upah belanja di warung setempa, pemilik warung nanti beli sayur, beras di situ juga.

“Menurut teori ekonomi, jika perputarannya itu kencang akan dapat lagi efek lainnya. Untuk itu segera lakukan pengadaan barang dan jasa di desa,” pinta Anang.

Anang juga mengingatkan jangan sampai keasikan pengadaan barang jasa dan juga pelaksanaannya saja.

“Yang juga penting pertanggung jawabannya, karena satu sen pun harus dipertanggung jawabkan. Dari Kades yang lagi terjerat kasus hukum ini lemah dipertanggung jawaban. Kelemahan itu tidak berdiri sendiri tetapi dimulai dari perencanaan,” ingatnya.

Menurut Bupati Anang, jika perencanaan lemah maka pelaksanaannya pasti kacau, apalagi pengelolaannya. Jadi pesankan itu dengan perangkat desa.

“Yang terakhir hasil atau output, kemudian outcomenya harus ada kontribusinya terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kepala Disdukcapil Tabalong Berganti

Pemkab Tabalong

Mendagri Ganti Kepala Disdukcapil Tabalong
Bupati Tabalong

Pemkab Tabalong

Kunker Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Pemkab Tabalong Gelar Rapat Persiapan

Pemkab Tabalong

Launching Kartu Kendali Gas Elpiji 3 Kg, Bupati Tabalong Pesan UKM Kembangkan Usahanya
Pembangunan

Pemkab Tabalong

Pembangunan 2021 di Tabalong Mulai Berjalan, Puluhan Paket Pekerjaan Sudah Selesai Lelang
Safari Percepatan Vaksinasi

Pemkab Tabalong

Safari Percepatan Vaksinasi, Wabup Tabalong Pinta Tiga Pilar di Pugaan Makin Gencar Lakukan Vaksin
jemaah haji tabalong

Pemkab Tabalong

Tiba di Bumi Sarabakawa, Jemaah Haji Tabalong Disambut Wabup Mawardi

Pemkab Tabalong

Wakil Bupati Tabalong Serahkan Insentif Ratusan Pengurus Rumah Ibadah
PUPR

Pemkab Tabalong

Tahun Ini, Dinas PUPR Tabalong Rehabilitasi 2 Cek Dam dan Bangun Sejumlah Saluran Irigasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com