Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Masuk Grup Neraka, Pelatih: Hasil Uji Coba Bisa Jadi Keyakinan

Dari Film Jailangkung Sandekala: Begini Mitos yang Masih Dipercaya Orang Indonesia

Kisah Jailangkung bermula saat keluarga kecil Adrian dan Sandra berlibur ke kawasan pegunungan. mengunjungi danau wisata.
- Apahabar.com     Jumat, 23 September 2022 - 16:50 WITA

Dari Film Jailangkung Sandekala: Begini Mitos yang Masih Dipercaya Orang Indonesia

Film Jailangkung: Sendakala (Foto: TitikTemu)

apahabar.com, JAKARTA“Liburan keluarga yang mestinya menyenangkan, justru menjadi petaka mematikan.” Begitu kiranya premis film Jailangkung: Sandekala yang mulai tayang di layar lebar pada Rabu (21/9) kemarin.

Film horor besutan Kimo Stamboel ini menuturkan teror boneka supernatural. Kisah bermula saat keluarga kecil Adrian dan Sandra berlibur ke kawasan pegunungan. Kala mengunjungi danau wisata, anak bungsu mereka, Kinan, menghilang secara misterius.

Menurut penuturan warga sekitar, memang banyak anak kecil yang hilang di tempat asing bernama Sandekala itu. Kabarnya, kalau ada bocah baru menghilang, maka anak yang sebelumnya menghilang bakal ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

Mendengar hal tersebut, Adrian dan Sandra makin panik. Mereka terus mencari keberadaan Kinan. Namun, alih-alih menjumpai anak bungsunya, mereka malah menemukan boneka jelangkung.

Mengangkat Mitos Jelangkung dan Sandekala

Sutradara Jailangkung: Sandekala, Kimo Stamboel, menuturkan bahwa film garapannya itu mengangkat dua mitos yang akrab di kalangan masyarakat Indonesia. “Ada dua mitos yang dibicarakan: Jailangkung dan Sandekala itu sendiri,” ungkapnya, dalam Live Instagram @cinema.21, dikutip Jumat (23/9).

Jelangkung merupakan permainan tradisional yang bertujuan memanggil arwah. Caranya, menggunakan boneka dan alat tulis. Bila entitas supernatural itu masuk ke boneka, bakal muncul jawaban dari sang arwah melalui lewat tulisan tangan boneka itu.

Sedangkan, Sandekala adalah makhluk gaib yang kisahnya menyeruak di kalangan masyarakat Sunda. Konon, lelembut ini kerap mengganggu anak-anak yang masih bermain di luar rumah kala maghrib tiba.

Mitos Sandekala inilah, yang disinyalir mengilhami pamali mengenai larangan keluar rumah menjelang fajar terbenam. Lantas, sebenarnya seperti apa kisah Sandekala yang melegenda ini? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya.

Sandekala dan Pamali Orang Sunda

“Ulah kaluar pas magrib, pamali bisi diculik Sandekala.” Begitulah ungkapan orang Sunda yang melarang anaknya untuk keluar rumah pada waktu senja. Kepercayaan yang sudah mengakar sejak zaman baheula ini masih terus tumbuh subur hingga kini.

Ajip Rosidid dalam buku Ensiklopedi Sunda: Alam, Manusia, dan Budaya mendeskripsikan Sandekala sebagai suatu golongan jin atau makhluk halus yang muncul kala fajar terbenam. Itulah sebabnya, lelembut ini disebut juga dengan nama ‘hantu senja.’

Sementara itu, sejumlah budayawan Sunda menggambarkan Sandekala sebagai makhluk bertubuh besar yang memiliki sayap dan tanduk dengan mata merah menyala. Sosok ini seringkali menculik anak kecil ketika menjelang waktu maghrib.

Usut punya usut, Sandekala diyakini sebagai bentuk dari mamala alias konsekuensi buruk akibat dilanggarnya pamali yang berlaku. Pepep D.W. dalam buku Manusia dan Gunung menjelaskan ada alasan tertentu di balik pamali yang demikian.

Menurutnya, larangan tersebut diberlakukan lantaran masyarakat Sunda percaya bahwa dalam setiap peralihan waktu, ada ketidakseimbangan yang terjadi di alam. Ketidakseimbangan ini bisa memberikan dampak buruk bagi manusia dan alam sekitarnya.

Demikianlah sekilas kisah di balik Sandekala, mitos orang Sunda yang diangkat dalam film Jailangkung: Sandekala. Percayakah Anda dengan kisah yang demikian?

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Video Raffi Ahmad sedang tidur di mobil sambil mulut terbuka viral di media sosial. Foto-Istimewa

Relax

Tidur Cuma 3 Jam Sehari, Video Raffi Ahmad Tertidur Sambil Mangap di Mobil Viral
Anak PAUD

Relax

Berpakaian Adat, Anak PAUD di Martapura Bergaya ‘Fashion Week’

Relax

Tok! Eks ART Nirina Zubir Divonis 13 Tahun Penjara Atas Kasus Mafia Tanah
Nokia Edge 2022

Relax

Tampilkan Tiga Kamera Layaknya iPhone, Simak Spesifikasi Hp Nokia Edge 2022

Relax

Ternyata Cara Mandi Pengaruhi Mood Kulit dan Rambut
Membersihkan jeroan dengan mesin cuci. Foto-Istimewa

Relax

Viral di TikTok, Pria Ini Bersihkan Jeroan Hewan Kurban Pakai Mesin Cuci
Nadia Zulfa

Relax

Nadia Zulfa Gadis Cantik Kotabaru Segudang Prestasi di Dunia Tari & Modeling

Relax

Kisah Mistis hingga Sejarah, Ini Serba-Serbi Grand Indonesia yang Jarang Diketahui
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com