Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB

DKPP Tala Bantu Nelayan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

DKPP Tala memberikan alat tangkap ikan ramah lingkungan secara gratis bagi nelayan, Senin (12/9). Sasarannya para nelayan kecil.
- Apahabar.com     Senin, 12 September 2022 - 22:44 WITA

DKPP Tala Bantu Nelayan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

DKPP Tala memberikan alat tangkap ikan ramah lingkungan secara gratis bagi nelayan, Senin (12/9). Foto-Humas Tala

apahabar.com, PELAIHARI – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tanah Laut (Tala), memberikan alat tangkap ikan ramah lingkungan secara gratis bagi nelayan, Senin (12/9).

Pemberian tersebut diawali dengan pertemuan antara DKPP, penyedia dan perwakilan nelayan di kantor DKPP Tala guna melakukan verifikasi kesesuaian standar peralatan yang ada.

Sasaran penerima kali ini merupakan para nelayan kecil dengan ukuran kapal hingga lima Gross tonnage (GT) yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Penerima alat tangkap ikan, yakni KUB Berkat Rakat dari Desa Tanjung Dewa Kecamatan Panyipatan, KUB Arus Samudra dari Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung, dan dua KUB dari Desa Sungai Rasau Kecamatan Bumi Makmur, serta KUB Sumber Mutiara dan KUB Lestari.

Kepala DKPP Tala, Rizayadi mengatakan, kegiatan yang terlaksana melalui sumber dana alokasi khusus (DAK) ini, menjadi wujud penerapan aturan yang berlaku soal penangkapan ikan dengan menggunakan alat ramah lingkungan.

Menurutnya, DKPP Tala akan menerapkan secara bertahap dan mengganti penggunaan alat tangkap perikanan yang tidak ramah lingkungan yang digunakan nelayan selama ini.

“Kami ingin nelayan menjadi lebih paham tentang pentingnya keberlangsungan ekosistem di lautan. Jadi, tolong pelihara dan menggunakan alat ini sebaik-baiknya sesuai aturan dan jalur penangkapan,” pintanya.

Ia menambahkan, adanya alat ini diharapkan membuat nelayan dapat semakin mudah menjalankan keseharian mereka selama melaut.

“Mudah-mudahan mereka tambah semangat. Semoga juga jumlah produk hasil tangkapan serta perekonomian mereka dan keluarga dapat terus meningkat,” tutupnya.

Perwakilan nelayan dari KUB Berkat Rakat, Sunarno menilai, adanya bantuan peralatan ini pastinya akan menambah semangat saat melaut nantinya.

“Kami ucapkan berterima kasih dan senang karena adanya bantuan dari pemerintah. Pastilah kami semangat. Semoga bantuan ini terus diberikan kepada para nelayan,” tuturnya.

Diketahui, sebanyak 14 nelayan dari KUB Berkat Rakat dan 10 nelayan dari KUB Arus Samudra. Setiap orang mendapatkan masing-masing 10 unit alat berjenis Trammel Net.

Pada hari yang sama, diserahkan oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPP Tala langsung ke lokasi masing-masing KUB tersebut.

Nantinya penyerahan serupa juga akan langsung menyasar dua KUB dari Desa Sungai Rasau pada Selasa (13/9/2022), dimana, masing-masing KUB yang terdiri dari 10 nelayan tersebut akan mendapatkan 10 unit alat berjenis Gill Net.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Bupati Tala HM Sukamta

Pemkab Tanah Laut

Rencana Bupati Tanah Laut Cegah Banjir Saat Musim Hujan
Kunker DPRD HST ke Diskominfo Tala

Pemkab Tanah Laut

Batola Sudah, Giliran DPRD HST Kaji SPBE Berbasis Elektronik ke Tala
Bupati Tala HM Sukamta

Pemkab Tanah Laut

Tala Gandeng Kadin Sebagai Mitra Songsong IKN Nusantara
Bupati Tala HM Sukamta

Pemkab Tanah Laut

Bupati Tala Ajak Masyarakat Jaga Kualitas Lingkungan
Paskibraka Tala

Pemkab Tanah Laut

Bupati Tala Kukuhkan 13 Anggota Paskibraka
Manunggal Tuntung Pandang

Pemkab Tanah Laut

Desa Sumber Jaya Kintap Tuan Rumah Manunggal Tuntung Pandang ke-87
Kontingen Popda Tala

Pemkab Tanah Laut

Lepas 115 Atlet, Tala Bidik Gelar Juara di Popda Kalsel 2022
Bus Sekolah

Pemkab Tanah Laut

Dua Bus Sekolah untuk Pelajar Tala Resmi Beroperasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com