Mengenal Deretan Mobil yang Digunakan dalam Tragedi G30S PKI [Breaking News] Polri Tahan Putri Candrawathi Kecelakaan Maut di Sebamban Baru Tanbu, Truk Kontainer Timpa Pemotor Jarang Mencatat Laporan Keuangan, Jadi Penyebab UMKM Susah Naik Kelas BUMN Merugi, Siap-Siap Tak Terima Kucuran Dana PMN

Dua Atlet Panjat Tebing Indonesia Berprestasi Internasional, Sang Pemecah Rekor Dunia Asal Kalimantan

Cabang Panjat Tebing jarang terekspos media indonesia, padahal prestasinya sudah mendunia. Bahkan dua atletnya adalah pemecah rekor dunia.
- Apahabar.com     Kamis, 22 September 2022 - 16:05 WITA

Dua Atlet Panjat Tebing Indonesia Berprestasi Internasional, Sang Pemecah Rekor Dunia Asal Kalimantan

Veddriq Leonardo, Foto : Instagram @veddriq

apahabar.com, JAKARTA – Meski kurang disorot, atlet panjat tebing di Indonesia sudah menorehkan prestasi gemilang di kancah dunia.

Kecepatan menjadi salah satu hal paling penting dalam ajang lomba panjat tebing. Meski begitu, dalam memanjat tebing tidak bisa asal cepat saja, faktor mental dan kekuatan otot dari atlet juga mempengaruhi aksi panjat tebing.

Hal ini yang dimiliki oleh dua pemuda yang sudah mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi mereka yang mendunia.

Lalu siapa saja dua atlet itu? Yuk kita telusuri satu persatu.

Dua Atlet Panjat Tebing Kebanggaan Indonesia

Veddriq

Veddriq Leonardo, Foto : Instagram @veddriq

Veddriq Leonardo

Atlet panjat tebing ini lahir di Pontianak, Kalimantan Barat pada 11 Maret 1997.

Veddriq pertama kali mengenal olahraga panjat tebing saat duduk di bangku SMA. Pada tahun 2014, ia mengikuti kejuaraan nasional  pertamanya di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Dalam kejuaraan itu, ia berhasil berada di delapan besar.

Ia bergabung dalam tim pemanjat tebing Nasional pada awal Januari 2018 lalu. Meski demikian ia berhasil membuktikan diri dengan langsung berlaga di Asian Games.

Pecahkan Rekor Dunia

Sejumlah prestasi gemilang berhasil ia catat selama menjadi atlet panjat tebing, salah satunya adalah menjadi pemecah rekor dunia dalam turnamen IFSC Boulder Cup 2021. Saat itu ia berhasil mencatat waktu 5,25 detik di nomor speed putra.

Selain itu, prestasi Veddriq yang cukup membanggakan lainnya adalah ketika ia berhasil menjadi juara dunia dalam ajang IFSC seri Villars. Kompetisi tersebut digelar di Swiss pada 2 Juli 2021 silam.

Tidak berhenti sampai disana, yang terbaru, pria berusia 25 tahun itu sukses mendapat catatan terbaik di World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022.

Dalam kompetisi tersebut, Veddriq sukses menyabet medali emas pada nomor speed putra Meidi Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat.

Medali Emas itu bukan pertama kali untuknya, ia juga sudah pernah menyabet medali Emas tersebut dalam kompetisi Piala Dunia Panjat Tebing di Seoul, Korea Selatan di awal Mei.

Kiromal Katibin

Kiromal Katibin, Foto : Instagram @kiromalk

Kiromal Katibin

Selain Veddriq, Indonesia juga punya Kiromal Katibin. Prestasi dari Kiromal tidak kalah hebat, ia tercatat pernah mengukir prestasi di kancah dunia hingga membanggakan Indonesia.

Kiromal Katibin lahir pada 21 Agustus 2000 di Batang, Jawa Tengah. Pertama kali Kiromal mengenal olahraga panjat tebing pada saat usianya masih 7 tahun.

Di tahun 2007, Kiromal menyaksikan olahraga panjat tebing di alun-alun kota Batang dalam acara Pra-Pekan Olahraga Provinsi (Pra Porprov).

Ketertarikannya membuat ia memutuskan untuk berlatih panjat tebing pada tahun 2009. Ia berlatih dengan sang kakak.

Hal itu membuatnya suka dengan olahraga ini karena ia sering bertemu banyak teman dan orang baru. Sejak saat itu ia fokus di panjat tebing.

Medali pertama yang didapat adalah Lead di Kejurnas Jakarta 2011. Setelah itu ia berhasil menyabet medali emas nomor Speed di Kejurnas Bangka 2016. Ia juga berhasil meraih emas nomor Speed di Kejurnas Padang 2017.

Sukses Pecahkan Rekor Dunia

Untuk prestasi terbarunya, pria berumur 22 tahun ini sukses mencatat rekor baru di babak kualifikasi Men’s Speed IFSC Climbing World Cup 2022 yang digelar di Chamonix, Prancis, pada Jumat 8 Juli 2022 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, ia memecahkan rekor dunia speed dengan waktu lima 5,00 detik dengan ketinggian tebing 15 meter.

Prestasi ini bukan kali pertama untuk atlet kelahiran Batang ini dalam memecahkan rekor dunia.

Sebelumnya, ia sukses mencetak rekor dunia dengan waktu 5,04 detik saat tampil di Villars, Swiss, pada 30 Juni 2022.

Itu dia dua atlet panjat tebing yang sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Meski begitu, Prestasi-prestasi gemilang diatas barulah sebuah permulaan untuk mereka. Mari kita nantikan prestasi membanggakan lain yang akan ditorehkan oleh mereka untuk Indonesia di masa depan.

 

Editor: Denny Firmansyah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Liga Champions

Sport

Daftar Pemain Sheriff Tiraspol, Klub Moldova yang Ukir Sejarah di Liga Champions 2021/2022    
Barito Putera vs PSS Sleman

Sport

Jadwal Lengkap Barito Putera di Seri Ketiga Liga 1, Dihadang Klub Raksasa Jawa-Bali!
apahabar.com

Sport

Sukses di Haornas 36, Kuntau Samudra Jaya Tatap Fornas V
Jonatan Christie

Sport

Kejuaraan Dunia 2022: Jonatan Christie Cemerlang, Ditunggu Wang Tzu Wei di Babak 16 Besar
apahabar.com

Sport

Jenazah Istri Spaso Dibawa Siang Ini
apahabar.com

Sport

Matchday Pertama Liga Champions 2020-2021, Paris Saint-Germain vs Manchester United, PSG Hanya Punya 13 Pemain
apahabar.com

Sport

Gol Tunggal Pemain Kintap Bawa Barito U18 Kokoh di Puncak Klasemen Grup B
apahabar.com

Sport

Jadwal MotoGP Aragon 2020 Akhir Pekan ini, Peluang Rossi dan Podium Kedua Marquez? Link Live Streaming
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com