Mengenal Deretan Mobil yang Digunakan dalam Tragedi G30S PKI [Breaking News] Polri Tahan Putri Candrawathi Kecelakaan Maut di Sebamban Baru Tanbu, Truk Kontainer Timpa Pemotor Jarang Mencatat Laporan Keuangan, Jadi Penyebab UMKM Susah Naik Kelas BUMN Merugi, Siap-Siap Tak Terima Kucuran Dana PMN

Dua Tahun Menanti, Ribuan Jemaah Hadiri Haul Datu Bakumpai di Marabahan

- Apahabar.com     Sabtu, 10 September 2022 - 16:34 WITA

Dua Tahun Menanti, Ribuan Jemaah Hadiri Haul Datu Bakumpai di Marabahan

Cicit Datu Abdussamad, H Ahmad Mubarak, menyambut kedatangan jemaah haul H Abdusshamad bin Mufti H Jamaluddin bin Maulana Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari di Masjid Nurul Anwar Marabahan. Foto: Prokopimda Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Sesuai estimasi penyelenggara, jumlah jemaah haul Datu Bakumpai atau H Abdusshamad bin Mufti H Jamaluddin bin Maulana Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari di Masjid Nurul Anwar Marabahan, dipadati ribuan orang, Sabtu (10/9).

Bahkan jemaah sudah berdatangan sejak pukul 07.00 Wita, kendati rangkaian haul ke-127 Datu Bakumpai dan milad ke-322 Maulana Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari itu baru dimulai sekitar pukul 09.00 Wita.

Selanjutnya sejumlah jemaah dan undangan, terutama laki-laki, mulai mengisi ruang induk masjid. Namun karena jemaah yang membeludak, sebagian lain menempati tenda-tenda yang disiapkan di halaman.

Sementara ratusan petugas gabungan relawan dari berbagai kecamatan di Barito Kuala, juga mengatur kedatangan jemaah dan penempatan kendaraan di lokasi parkir.

Mereka juga bertugas membagikan konsumsi untuk jemaah yang datang. Tak kurang 12.000 porsi makanan disiapkan untuk menyambut jemaah.

Prosesi haulan diawali pembacaan manaqib Maulana Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari dan H Abdusshamad bin Mufti H Jamaluddin. Manaqib ini dibacakan Ustaz H Safwansyah dan H Nuzulul Khair.

Dilanjutkan pembacaan Surah Yasin yang dipimpin Ustaz Arbani dan Muhammad Zaini, serta ditutup pembacaan tahlil dan doa oleh Ustaz Abda’i, Hasanudin, dan Yuhyil Husna.

Mewakili ahlul bait, Ustaz H Ahmad Mubarak menyampaikan terima kasih atas kehadiran jemaah, serta kepada relawan, donatur dan masyarakat yang telah membantu materi hingga tenaga.

“Semoga hadirin dan semua pihak yang terlibat mendapatkan limpahan berkah, rahmat dan magfirah dari Allah SWT,” ungkap Ahmad Mubarak.

Biasanya penyelenggaraan haul berlangsung di Kompleks Kubah Datu Abdussamad di Jalan Veteran Marabahan. Namun atas pertimbangan kenyamanan dan kemampuan daya tampung, zuriah mengalihkan tempat pelaksanaan.

“Juga semoga haulan ini membawa kebaikan spritual dan menjadi wadah silaturahmi yang mendapatkan rida dan karunia Allah SWT,” imbuh Ahmad Mubarak yang juga cicit Datu Bakumpai.

Jemaah yang hadir tidak cuma dari Batola. Tak sedikit jemaah dari kabupaten tetangga seperti Banjar, Banjarmasin, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah hingga Tabalong.

Mereka menggunakan berbagai moda transportasi. Mulai dari sepeda motor, hingga junior bus pariwisata yang berkapasitas 39 tempat duduk.

“Alhamdulillah bisa menghadiri haul Datu Bakumpai, setelah dua tahun diselenggarakan terbatas,” papar Ahmad Fauzan, jemaah dari Candi Laras Utara, Tapin.

Setelah mengikuti rangkaian haul, tak sedikit jemaah yang singgah ke Kubah Datu Abdussamad untuk berziarah, sebelum menunaikan salat zuhur di Masjid Agung Al Anwar.

Selain ribuan jemaah dari berbagai daerah, puluhan pedagang juga membuka lapak. Mereka berjualan berbagai minuman dingin, hingga kue khas seperti apam dan dodol.

Ribuan jemaah haul H Abdusshamad bin Mufti H Jamaluddin bin Maulana Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari menempati tenda yang disiapkan di Halaman Masjid Nurul Anwar Marabahan. Foto: Prokopimda Batola

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Soal Dugaan Timbunan Solar di Banjarbaru, Polisi Tak Temukan Bukti
Penyelewengan Solar Subsidi Kotabaru

Hot Borneo

Eks Anggota DPRD Kalsel Bantah Dakwaan Penyelewengan Solar Subsidi Kotabaru
Tabalong

Hot Borneo

Han, Pembunuh Warga Marindi Tabalong Terancam 7 Tahun Penjara
Polisi Gadungan balikpapan

Hot Borneo

Ngakunya Pindahan Mabes, Ternyata Gadungan…
Cuaca

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah, Siang & Malam Potensi Hujan-Petir!

Hot Borneo

Harapan Pedagang Setelah Pasar Keraton Rantau Ditertibkan

Hot Borneo

Ayo Kunjungi Banjarmasin Village Festival 2022, Ada Pengolahan 1.000 Wadai Cincin

Hot Borneo

Pilrek ULM 2022, Asesmen Belum Juga Dilakukan 
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com