Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Esok, BSU Rp600 Ribu untuk Pekerja Mulai Cair!

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bakal menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) bagi pekerja bergaji di bawah Rp3,5 juta per bulan.
- Apahabar.com     Kamis, 8 September 2022 - 14:10 WITA

Esok, BSU Rp600 Ribu untuk Pekerja Mulai Cair!

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bakal menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) bagi pekerja bergaji di bawah Rp3,5 juta per bulan atau setara upah minimum kabupaten/kota (UMP) mulai Jumat (9/9) besok.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal PHI Jamsos Kemnaker, Surya Lukita Warman, dalam diskusi publik “Kebijakan Pemerintah Pasca Kenaikan Harga BBM pada Sektor Perlindungan Sosial dan Ketenagakerjaan” bersama Ombudsman RI, Kamis (8/9).

Surya mengatakan, saat ini persiapan penyaluran bantuan sosial (bansos) imbas kenaikan harga BBM sudah siap, dan diharapkan bisa disalurkan mulai besok.

“Walaupun penyaluran BSU ini belum tersalurkan sampai hari ini, tapi persiapannya sudah siap, dan kami harapkan di Minggu ini, di Jumat (9/9), paling lambat sudah kami salurkan,” ucap Surya seperti dilansir CNN Indonesia.

Dia menuturkan, penyaluran BSU awalnya ditargetkan kepada 16,2 juta pekerja. Namun, setelah proses verifikasi hanya terdapat 14,6 juta pekerja yang berhak. Karena itu, dari total anggaran awal Rp9,6 triliun hanya diperlukan Rp8,7 triliun saja.

“Ternyata yang memenuhi persyaratan hasil exercise kami, hanya 14,6 juta orang. Angka ini yang kami usulkan kepada Kemenkeu, agar anggarannya disiapkan dengan nilai bantuan Rp600 ribu per kepala, akhirnya nilai anggaran subsidi upah tahun ini Rp8,7 triliun,” kata Surya.

Sebelumnya, aturan mengenai BSU ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh.

Dalam beleid itu, selain bergaji di bawah Rp3,5 juta per bulan atau setara UMK, syarat lain untuk bisa mendapatkan BSU ini adalah warga negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan (NIK).

Kemudian, pekerja yang merupakan peserta aktif program BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juli 2022.

Pemberian bantuan pemerintah berupa subsidi gaji ini dikecualikan bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau TNI/Polri.

Permenaker yang ditetapkan pada 5 September 2022 itu menyatakan pemberian subsidi gaji diprioritaskan bagi pekerja yang belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan (PKH), atau bantuan produktif usaha mikro pada tahun anggaran berjalan sebelum bantuan ini disalurkan.

Bantuan subsidi upah ini merupakan salah satu bansos yang dikeluarkan pemerintah untuk membantu pekerja dalam menghadapi tekanan hidup, seperti kenaikan harga BBM.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jokowi

News

Jokowi Bertakziah ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo
Mudik

News

BUMN Sepakat Tambah 400 Angkutan Mudik Gratis Lebaran 2022
Ekspor Batu Bara

News

Stok Batu Bara PLN Dipastikan Aman, Segera Bentuk BLU!

News

Di Depan Elite PDI Perjuangan, Cak Nun Sebut Presiden Sekarang Belum Tepat
Duet Ganjar -Emil

News

Politikus PAN Nilai Ganjar-Ridwan Punya Chemistry Kuat Maju Pilpres 2024
Perawat Viral

News

Viral! Konten Perawat Pasang Kateter ke Pasien Pria, Diklaim Melanggar Privasi
Pertamax

News

Simak! Jenis Sepeda Motor Ini Bakal Dilarang Isi Pertalite

News

Digitalisasi Berperan Penting Dalam Pengembangan Kampung Budaya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com