Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Masuk Grup Neraka, Pelatih: Hasil Uji Coba Bisa Jadi Keyakinan PSAI Minta Dukungan untuk Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia yang Berlaga di Piala Dunia 2022 Viral Video Dugaan Perampasan Oleh Emak-emak di Banjarmasin, Simak Pengakuan Si Perempuan Berhijab

Harga Pertalite Turun Lagi, Menteri ESDM: Insyaallah

- Apahabar.com     Jumat, 9 September 2022 - 18:37 WITA

Harga Pertalite Turun Lagi, Menteri ESDM: Insyaallah

Petugas operator SPBU di Belitung Banjarmasin melakukan sosialiasi pembelian BBM via subsidi kepada pengendara mobil pada hari pertama uji coba, Jumat 1 Juli 2022. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif membuka peluang turunnya harga BBM Pertalite. Di tengah melandainya harga minyak dunia, menurutnya bisa saja terjadi.

“Iya nanti kita lihat kalau harga minyak membaik ya insyaallah (harga Pertalite bisa turun),” kata Arifin kepada wartawan di Hotel Ayana MidPlaza, Jakarta Pusat, Jumat (9/9), dikutip apahabar.com dari Detik.com.

Harga Pertalite bisa saja kembali turun, asal harga minyak mentah paling tidak di angka US$40 per barel. Gambarannya, harga minyak dunia US$41 ketika harga Pertalite masih Rp7650.

Namun harga minyak dunia bukan satu-satunya penentu. Menteri BUMN Erick Thohir pernah berkata naik turunnya harga BBM juga menyesuaikan nilai subsidi dari pemerintah.

Artinya, perlu ada penyesuaian kembali dengan mempertimbangkan harga keekonomian. Gambarannya, harga Pertalite saat ini Rp10 ribu atau masih di bawah keekonomiannya, yakni Rp14 ribu. Sedang solar yang kini dijual Rp 6.800 per liter harga keekonomiannya Rp 13.950/liter. Selisih itulah yang disubsidi oleh pemerintah.

Kembali ke Arifin, pemerintah sedang merevisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM. Perpers berkaitan pembatasan pembelian BBM subsidi.

“Sekarang sedang dibahas karena ada beberapa opsi. Pertimbangannya kan dalam, kita juga mengidentifikasinya harus teliti,” ujarnya.

Di satu sisi, Arifin meminta masyarakat secara sadar dapat menghemat konsumsi BBM. “Caranya, yang biasa keluar bensin 3 liter bisa enggak 2 liter aja, kurangi menghirup udara yang berpolusi dengan CO2,” ujarnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, harga pertalite telah naik menjadi Rp10 ribu per liter dari semula Rp7.650. Kementerian Keuangan melihat potensi peningkatan inflasi sampai 1,9 persen hingga akhir tahun.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

MyPertamina

News

Beli Pertalite Pakai MyPertamina Batal Berlaku Hari Ini

News

Pelajar Dilarang Demontrasi, Blok Politik Pelajar: Dapat Mengganggu Motivasi Berpendapat Sejak Dini!
semen

News

Imbas BBM Naik, Harga Semen di Papua Rp650 Ribu!
Presiden Joko Widodo

News

Hindari Kepadatan Arus Balik, Presiden Jokowi Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal

News

Pemilu 2024 PSI Targetkan Perolehan Suara 7 Persen

News

Produksi Gas Diproyeksikan Tumbuh Menjadi 24 Persen dalam Bauran Energi Nasional 2050
Laskar Adat Dayak Nasional

News

Klaim Tak Bersalah, Laskar Adat Dayak Nasional Siap Kawal Kasus Mardani H Maming
Tips melibas tanjakan

News

Jangan Asal ‘Ngegas’, Ini Cara Aman Melibas Tanjakan dan Turunan Saat Mengendarai Skutik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com