Rodney Goncalves; Pemain Barito Putera Harus Punya Rasa Marah dan Lapar Hasil MotoGP Jepang: Quartararo Melempem, Bagnaia Crash, Selisih Poin Semakin Menjauh Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama

KONI Bagikan Buku Pedoman Dana Hibah Keolahragaan Untuk Tingkatkan Akuntabilitas Organisasi Keolahragaan

Dalam Rakernas KONI 2022, Komite Olahraga Nasional Indonesia membagikan Buku Pedoman Dana Hibah Keolahragaan
- Apahabar.com     Rabu, 14 September 2022 - 15:18 WITA

KONI Bagikan Buku Pedoman Dana Hibah Keolahragaan Untuk Tingkatkan Akuntabilitas Organisasi Keolahragaan

apahabar.com/Farhan

apahabar.com, JAKARTA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) telah menerbitkan buku pedoman pengelolaan dana nibah untuk program keolahragaan di daerah pada acara Rakernas KONI Pusat di Jakarta.

Tema Rakernas KONI Tahun ini bertemakan, “Bersatu Menuju Prestasi Global” meluncurkan buku pedoman dana hibah yang berjudul “Pedoman Pengelolaan Dana Hibah untuk Program Keolahragaan di Daerah.”

Buku pedoman tersebut diberikan kepada seluruh peserta yang hadir dari seluruh Indonesia.

Mereka yang hadir dalam kesempatan Rakernas tersebut adalah anggota KONI Pusat, yaitu 34 KONI Provinsi, 70 organisasi Induk Cabor maupun 6 organisasi fungsional.

Selain itu, turut diundang pula Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) dari seluruh provinsi yang diharapkan mampu bekerja sama bersama KONI Provinsi untuk meningkatkan kualitas pembinaan.

Dalam kesempatan tersebut itu juga turut hadir, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Dr. Agus Fatoni.

Dana Hibah Untuk Pembinaan Olahraga

Agus menegaskan bahwa untuk pembinaan olahraga yang berprestasi, pemerintah akan selalu memberikan dukungan melalui dana hibah.

“Dalam rangka meningkatkan pembinaan dan pengembangan olahraga di daerah, pemerintah daerah dapat menyediakan anggaran dalam APBD,” ujarnya mengacu pada Permendagri nomor 27 Tahun 2021.

“Organisasi pembinaan olahraga dapat menerima dana hibah karena tujuannya adalah untuk prestasi yang membanggakan bangsa dan negara,” lanjut Agus.

Disamping itu, ia juga menjelaskan kalau dana hibah masuk kategori Lembaga nirlaba dan sukarela. Dana hibah nantinya akan diberikan kepada badan atau lembaga yang bersifat nirlaba, sukarela, dan sosial.

Lebih lengkapnya tentang teknis dijelaskan dalam buku pedoman, mulai dari persyaratan, penyusunan proposal, sumber penganggaran, pengelolaan hingga pelaporan serta evaluasi dana hibah keolahragaan di daerah.

Mayjen TNI Purn Heru Suryono selaku Ketua Tim Kelompok Kerja (Pokja) Pedoman Pengelolaan Dana Hibah untuk Program Keolahragaan menjelaskan awal buku tersebut dapat disusun.

“Buku pedoman yang baru dipaparkan itu berangkat dari keprihatinan Bapak Ketua Umum KONI Pusat terhadap beberapa kasus yang terjadi di daerah khususnya di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota,”

“Ada beberapa pengurus organisasi olahraga yang berhadapan dengan hukum, sehingga Pak Ketum KONI Pusat membuat pokja yang dapat dipedomani KONI Provinsi dan KONI Kabupaten/kota,” Jelas Heru.

“Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu pelaku organisasi pembinaan olahraga terhindar dari masalah hukum,” lanjut Heru.

Ia juga menjelaskan buku pedoman tersebut sudah mengacu kepada regulasi yang sudah belaku, antara lain undang-undang No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, PP No.2 Tahun 2012 tentang Hibah Daerah, Permendagi No. 77 Tahun 2020 tentang pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Kepala Daerah dan Perpers No. 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

Reporter : Farhan

Editor: Denny Firmansyah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Sport

Jadwal MotoGP Eropa 2020 Yahama Tunjuk Lorenzo! Valentino Rossi Absen? Live Streaming Fox Sport 2

Sport

Eks Juara Tinju Dunia Gabung Tentara Ukraina, Siap Ladeni Invasi Rusia
apahabar.com

Sport

Daud Yordan Pulang ke Indonesia Tunggu Jadwal Tarung

Sport

Memphis Depay Bergabung, Bukti Kemesraan Barcelona dan Timnas Belanda

Sport

Jadwal Liga Inggris: Liverpool vs Aston Villa, Momen Comeback Gerrard ke Anfield

Sport

Jelang MotoGP Aragon: Debut Kedua Maverick Vinales dan Franco Morbidelli
Pemain Inti

Sport

Alami Benturan Keras, Begini Kondisi Terkini Elkan Baggot
Raffi Ahmad

Sport

Susul Kaesang Pangarep, Raffi Ahmad Akan Akuisisi Klub Liga 2 Cilegon United
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com