Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB

Koperasi Perlu Lakukan Digitalisasi, Menteri Teten: Agar Distribusi BBM Subsidi Tepat Sasaran

Koperasi nelayan perlu melakukan digitalisasi agar dapat memantau penggunaan BBM subsidi sekaligus produktivitas ikan tangkapan nelayan.
- Apahabar.com     Minggu, 18 September 2022 - 19:41 WITA

Koperasi Perlu Lakukan Digitalisasi, Menteri Teten: Agar Distribusi BBM Subsidi Tepat Sasaran

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Foto: Dok. KemenkopUKM

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) meminta agar koperasi nelayan di seluruh Indonesia bisa menjadi mitra bagi PT Pertamina (Persero) dalam hal penyaluran BBM subsidi. Dengan begitu diharapkan dapat tetap sasaran.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengungkapkan salah satu yang perlu dilakukan dengan digitalisasi. Dengan begitu, koperasi akan memperkuat akuntabilitas dalam penyaluran BBM bersubsidi kepada nelayan.

“Saat ini, proses digitalisasi koperasi yang menghubungkan seluruh unit usaha dalam platform digital CUSO Minos telah selesai. Sehingga, proses transaksi dari anggota dapat dilihat secara real time,” katanya Teten melalui keterangan ditulis Minggu (18/9).

Hal tersebut disampaikannya pada acara Peresmian Inisiasi Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan KUD Mino Saroyo di Cilacap, Jawa Tengah.

Teten menerangkan PT CUSO Digital Indonesia dilibatkan dalam proses digitalisasi KUD Mino Saroyo. Perusahaan tersebut merupakan salah satu teknologi provider portal IDX Coop. adapun saat ini telah dibangun database koperasi modern yang didampingi oleh semua Asdep yang disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan koperasi.

Aplikasi CUSO nantinya juga mencatat seluruh anggota dalam database koperasi. Sehingga hal tersebut dapat mendukung aktivasi platform My Pertamina di SPBU Cilacap. Dengan begitu diharapkan penyaluran BBM subsidi dapat tepat sasaran.

Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat memonitor penggunaan BBM oleh nelayan yang melaut. Termasuk juga mencacat produktivitas tangkapan nelayan yang dijual di TPI secara digital.

“Dengan begitu, target kenaikan pendapatan nelayan minimal sebesar 10 persen per tahun dapat dievaluasi secara cepat dan tepat,” terangnya.

Teten juga memastikan pihaknya akan membantu pengembangan bisnis dari hulu hingga hilir. Salah satunya dengan mengundang para offtaker untuk membeli seluruh produk nelayan. Dengan begitu, kata Teten, ekosistem bisnis nelayan dapat diperbaiki bersama.

Hal tersebut menurutnya juga sejalan dengan UU Cipta Kerja bahwa Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sudah diperbolehkan dikelola oleh koperasi. Dengan begitu, Teten mendorong agar nelayan mampu menjadi offtaker dengan membeli seluruh ikan hasil tangkapan nelayan.

“Perkuatan permodalan koperasi akan didukung dana bergulir dari LPDB-KUMKM,” kata MenkopUKM.

Dengan begitu, koperasi dapat memilah jenis ikan, termasuk akan didistribusikan ke beberapa pasar seperti pasar tradisional, pasar modern, hingga pasar ekspor.

“Sehingga nelayan hanya fokus melaut saja,” pungkasnya.

Editor: Bethriq Kindy Arrazy - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Jatuh di Selat Madura, Badan Pesawat Latih TNI AL Ditemukan

News

Di Tengah Situasi Krisis Global, FAO dan IRRI Puji Ketangguhan Sektor Pertanian Indonesia
Haji Isam

News

Mardani H Maming Akan Melawan KPK Soal Status Tersangkanya Lewat Praperadilan
Stunting

News

Mengintip Angka Stunting di Kalsel, Tak Ada Daerah Berstatus Biru

News

Temuan Ombudsman: Minyak Goreng Langka, Termasuk di Kalsel

News

Kemensos Ungkap ACT Potong Donasi 13,7% Langgar Ketentuan Pemerintah
Presiden Joko Widodo. Foto-Istimewa

News

Sah! Jokowi Lantik Zulhas dan Hadi Tjahjanto Jadi Menteri
Formula E Jakarta

News

Buru-buru! Dugaan PDIP Soal Ambruknya Atap Tribun Formula E
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com