Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Masuk Grup Neraka, Pelatih: Hasil Uji Coba Bisa Jadi Keyakinan

Memanggil Keberuntungan dengan Jimat Kucing ‘Maneki Neko’

- Apahabar.com     Kamis, 8 September 2022 - 15:07 WITA

Memanggil Keberuntungan dengan Jimat Kucing ‘Maneki Neko’

apahabar.com, JAKARTA Yuki ga shorio umu, yang berarti keberanian akan menghasilkan kemenangan (keberuntungan), sebuah pepatah Jepang yang menjelma spirit bagi masyarakatnya.

Dalam riwayat panjang, Jepang merupakan bangsa yang futuristik namun tetap merawat mitos sebagai akar budayanya. Misalnya saja, negara ini memiliki jimat keberuntungan yang sudah mendunia, yaitu Maneki Neko.

Jimat berwujud patung kucing yang mengangkat satu tangan bak menyapa itu biasanya diletakkan di toko-toko. Ia dipercaya sedang memanggil keberuntungan bagi pemilik tempatnya bernaung.

Maka tak heran jika Maneki Neko kerap diletakkan di dekat pintu masuk. Keyakinan ini telah tumbuh subur dalam tatanan sosial Negeri Matahari Terbit selama berabad-abad. Bahkan kini meluas ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Lantas, baimana asal usul Maneki Neko sebenarnya?

Berawal dari Legenda Shiawase Wo Maneita Neko

Suatu ketika, tepatnya di masa Edo (1603 – 1868), seorang samurai bangsawan sekaligus penguasa wilayah Hikone, Ii Naotaka, tengah berburu elang di dekat kuil Gtuko-ji di Tokyo. Namun, tiba-tiba turun hujan deras.

Naotaka pun mencari tempat perlindungan di bawah pohon besar dekat kuil. Saat berlindung di sana, dia melihat kucing dari dalam kuil tersebut mengangkat tangannya, seolah memanggil sang samurai.

Naotaka merasa kucing tersebut aneh, sehingga tertarik untuk mengikutinya. Setelah mengikuti si kucing, petir besar menyambar pohon yang dia jadikan tempat berteduh sampai hancur. Sang samurai pun merasa sangat bersyukur karena kucing itu memanggilnya, sehingga nyawanya masih terselamatkan. Sebagai bentuk rasa syukur, Naotaka memperbaiki kuil tersebut dan menyumbangkan hartanya.

Saat kucing itu mati, Naotaka juga membuatkan makam khusus. Tak berhenti di situ, sang samurai sampai mengabadikannya dengan membuat patung Maneki Neko.

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Relax

Pakai Ganja untuk Bermusik, Vokalis Sisitipsi Terancam 5 Tahun Penjara
Youtuber

Relax

Untuk Pahami Video Berdurasi Panjang, YouTube Tambahkan Fitur Transkripsi di Aplikasi Android
Nadia Zulfa

Relax

Nadia Zulfa Gadis Cantik Kotabaru Segudang Prestasi di Dunia Tari & Modeling

Relax

Busui Wajib Tahu! Asupan Nutrisi Ini yang Tepat untuk ASI Berkualitas

Relax

Rara ‘Pawang Hujan’ Bakal Layangkan Somasi ke Pesulap Merah, Kenapa?
Cinta Berawal Lewat Virtual

Relax

Viral! Cinta Berawal Lewat Virtual, Seorang Bule Rela Jadi Mualaf Pasca Berjumpa Pacarnya

Relax

Idap Empty Sella Syndrome, Blak-blakan Ruben Onsu Bocorkan Kondisi Kesehatannya

Relax

Seorang Ibu Bagikan 200 Bingkisan ke Penumpang Pesawat untuk Meminta Maaf. Apa yang Terjadi?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com