Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Melacak Virus yang Menjangkiti Justin Bieber, Benarkah ‘Ramsay Hunt Syndrome’ Berawal dari Cacar Air?

- Apahabar.com     Kamis, 8 September 2022 - 07:06 WITA

Melacak Virus yang Menjangkiti Justin Bieber, Benarkah ‘Ramsay Hunt Syndrome’ Berawal dari Cacar Air?

Justin Bieber (Foto: Wartapop)

apahabar.com, JAKARTA – Justin Bieber kembali menggemparkan penggemar. Pada Rabu (7/9/2022), melalui Instagram pribadinya, pelantun Love Yourself itu mengumumkan bahwa dirinya memutuskan untuk menunda konser dengan dalih kesehatan.

“Awal tahun ini, saya mengumumkan kepada publik tentang perjuangan saya melawan Ramsay Hunt Syndrome, di mana separuh wajah saya mengalami kelumpuhan. Akibat penyakit ini, saya tidak bisa menyelesaikan ‘Justice Tour’ di bagian Amerika Utara,” ungkapnya.

Suami Hailey Bieber itu mengaku sudah beristirahat dan berkonsultasi dengan dokter sebelum melanjutkan konser ‘Justice Tour’ di negara-negara Eropa. Namun, selepas tampil di Brazil, Justin kembali merasakan lelah yang teramat menguras kesehatannya.

Penyakit yang diidap oleh penyanyi asal Kanada ini barangkali membuat Anda bertanya-tanya, sebenarnya seberapa gawat Ramsay Hunt Syndrome? Apa yang menyebabkan seseorang mengalami kelumpuhan wajah? Bisakah pengidap sindrom ini pulih sepenuhnya?

Berawal dari Cacar Air

Dokter Spesialis Saraf dari FKK-MK Universitas Gadjah Mada (UGM), Sekar Satiti, menjelaskan bahwa Ramsay Hunt Syndrome bukanlah kelainan genetik. Penyakit ini disebabkan reaktivasi Varicella-Zoster, yaitu virus yang juga menyebabkan cacar air.

Ramsay Hunt Syndrome, kata Sekar, dapat terjadi manakala Varicella-Zoster masih menetap di saraf usai cacar air mereda. Virus tersebut berpotensi aktif kembali dan menyerang saraf wajah.

“Dalam beberapa tahun, dapat terjadi reaktivasi (Varicella-Zoster) dan mengenai saraf wajah. Yang sering dijumpai sebagai penyebab reaktivasi virus ini adalah akibat daya tahan tubuh turun atau terjadi infeksi baru,” jelasnya, seperti dikutip dari laman UGM, Kamis (8/9/2022).

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Relax

Atta Halilintar Beri Jawaban soal Larang Paman Bertemu Ameena

Relax

Bertemu di Markas Tesla, Momen Luhut Tawarkan Kopiko ke Elon Musk Trending Twitter!

News

World Patient Safety Day, Kemenkes Tekankan Pola Pengobatan yang Aman
Anderson Paak

Relax

Berambut Poni Khas Pak Tarno, Penampilan Anderson Paak di Met Gala 2022 Trending

Relax

Jangan Diabaikan, Begini Cara Menjaga Bodi Motor Biar Tetap ‘Kinclong’
Pencipta Joko Tingkir Ngombe Dawet

Relax

Diprotes Ulama, Pencipta Joko Tingkir Ngombe Dawet Akhirnya Minta Maaf dan Mengubah Lirik Lagu

Relax

Hasilkan Karya Seni Berkelas Dunia, Muklay: Inspirasi Gue Datang dari Toilet

Relax

Bintang Emon Viral Usai Tampil di Somasi Deddy Corbuzier, Materinya Bikin ‘Dag Dig dug’
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com