Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Menteri Risma Pastikan September Ini BLT BBM Akan Didistribusikan  

- Apahabar.com     Sabtu, 3 September 2022 - 19:44 WITA

Menteri Risma Pastikan September Ini BLT BBM Akan Didistribusikan   

Menteri Sosial, Tri Rismaharini. Foto tangkapan layar.

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Sosial memastikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah siap disalurkan kepada 18.486.756 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah ini masih lebih sedikit dari rencana awal sebanyak 20,65 juta KPM yang akan disalurkan melalui PT POS.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan sisa bantuan kepada 313.244 keluarga penerima manfaat masih dalam proses cleansing. Hal ini perlu dilakukan setelah diumumkannya bantuan di jam tertentu akan ada orang yang meninggal dunia, sehingga perlu dilakukan cleansing.

“Pemberian ini akan kita berikan 150.000 sebanyak 4 kali, namun kita berikan dalam dua tahap jadi per tahapnya Rp300.000. Kita berikan per September ini dan nanti pada awal Desember kita berikan yang kedua,” ujarnya dalam siaran daring di Kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/9/2022).

Risma menerangkan masyarakat tidak perlu khawatir mengenai proses penyaluran BLT. Menurutnya untuk mengantisipasi masalah, Kemensos sudah menyediakan situs Usul Sanggah, sehingga bagi masyarakat yang belum mendapatkan BLT bisa mengusulkan dirinya sendiri untuk nantinya dapat dilakukan pemeriksaan oleh pendamping.

Adapun jumlah pendamping yang akan disiagakan berjumlah 70.000 yang tersebar di seluruh Indonesia. Petugas pendamping ini nantinya akan melakukan verifikasi kepada warga yang sudah mengusulkan diri sebagai penerima.

“Kadang karena katanya tidak menerima, ternyata setelah kita cek dia sudah menerima lengkap PKA dan PPNT seperti itu,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, menurut Risma nantinya jika ada keluhan mendesak, maka masyarakat bisa menghubungi Command Center Kemensos di nomor 021171. Menurutnya Command Center akan selalu siap 24 jam untuk melayani keluhan masyarakat jika diperlukan.

Dia juga menambahkan, bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses akibat kondisi fisik ataupun geografis misalnya seperti daerah Papua, Kemensos bersama dengan PT Pos Indonesia akan bekerja sama dengan seluruh pihak mulai dari kepala suku, tokoh agama, sampai pemerintah daerah untuk menyalurkan bantuan tersebut dengan menggunakan penerbangan khusus.

Adapun bagi warga yang sakit atau dalam kondisi disabilitas, Risma meminta agar tidak perlu sampai keluar rumah. Sebab, Kantor Pos Indonesia terdekat akan mengantarkan bantuan ke rumah yang dituju. Caranya cukup dengan menelfon Command Center Kemensos atau dapat melalui aplikasi Cek Bansos dengan mengoperasikan menu Usul dan Sanggah.

“Jadi yang sakit sekali lagi, yang lansia, yang mungkin jauh tidak bisa mengakses ke PT POS tidak usah khawatir. Kami akan antar ke rumah masing-masing,” tutupnya.

Reporter: Thomas

Editor: Bethriq Kindy Arrazy - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

KDRT Tanah Bumbu

News

Suami Pencemburu Tanbu Ditangkap Lagi, Balok Paha Istri hingga Main Parang

News

Tarif Ojol Naik, Pengemudi Ojol: Argonya Tambahin Sedikit Lagi, Jangan Segitu!
aktivis asing

News

Aktivis Asing Ungkap Kelakuan Kanada yang Buang Sampah ke Indonesia

News

Semarak Kemerdekaan Warga Pecinan: Tahun Lalu Pandemi Cuma di Dalam Gang Saja

News

Tolak Kenaikan Harga BBM dan Omnibus Law, Buruh Akan Demo Awal September

News

Pelat Nomor Putih Berlaku Mulai Juni 2022, Prioritas Untuk Kendaraan Jenis Ini
Migor Langka

News

Sempat Langka, Migor di Pasar Tanjung Tersedia Meski di Atas HET
komparasi motor cbr 250rr, r25 dan ninja 250

News

Komparasi Motor Honda CBR 250RR, Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250, Pilih Mana?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com