Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Pemkab HSS Berikan Sertifikat Tanah kepada 333 KK

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyampaikan bahwa 500 bidang tanah untuk 333 Kepala Keluarga (KK) bakal menerima sertifikat
- Apahabar.com     Kamis, 22 September 2022 - 12:11 WITA

Pemkab HSS Berikan Sertifikat Tanah kepada 333 KK

Sidang panitia pertimbangan landreform (PPL) Pemkab HSS bersama BPN Kabupaten HSS. Foto: Kominfo HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyampaikan bahwa 500 bidang tanah untuk 333 Kepala Keluarga (KK) bakal menerima sertifikat resmi.

Diungkapkan Bupati Achmad Fikry, sidang panitia pertimbangan landreform (PPL) pembagian tanah negara bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten HSS ditujukan kepada masyarakat yang terletak di Desa Lungau, Kecamatan Kandangan.

“Setelah melalui proses yang panjang sampai akhir nanti mereka mendapatkan sertifikat untuk 333 KK,” kata Bupati Achmad Fikry di Aula Rakat Mufakat Setda HSS.

Sidang ini sendiri berlangsung hampir satu jam lebih dengan diskusi panjang dan berjalan dengan lancar, membahas penetapan objek dan subjek redistribusi tanah berdasarkan hasil pengukuran, pemetaan, inventarisasi dan indentifikasi.

Menurut Bupati HSS, semangat dari kegiatan ini adalah untuk terus memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Pasalnya sekian lama mereka menggrap tanah negara maka sekarang diberikan hak memiliki sertifikat.

“Tentu kalau sudah ada sertifikat mereka punya kepastian, tidak ada keraguan lagi untuk menggarap lahannya selain itu ada tambahan nilai ekonomis,” jelasnya.

Alasannya, masyarakat yang kekurangan modal usaha mengungkapkan bahwa adanya sertifikat bisa meminjam melalui kredit usaha rakyat (KUR) ke Bank tanpa harus terjerat rentenir.

Bupati Achmad Fikry menegaskan pemerintah daerah akan terus mengawasi tanah yang diberikan. Jika peruntukannya untuk lahan pertanian, maka jangan sampai dialih fungsikan.

“Saya sudah tugaskan Satpol PP mengawasi itu, apabila mereka melanggar maka akan kita tarik sertifikatnya termasuk bagi yang menelantarkan lahannya selama dua tahun. Pasti akan kita tarik juga,” tegas Bupati Fikry.

Mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, Bupati Achmad Fikry menyampaikan terima kasih kepada BPN karena setiap tahun melaksanakan program tersebut.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HSS

Pemkab HSS

HSS Terima Penghargaan PPD Terbaik I Pemprov Kalsel
Harganas

Pemkab HSS

Bupati HSS Hadiri Puncak Harganas Ke-29

Pemkab HSS

Perbaikan Jalan Penghubung Desa Sungai Kupang-Lungau Bakal Diusulkan Pemkab HSS
Kabah Wilda

Pemkab HSS

Di Daha Utara, Bupati HSS Tanam Padi Perdana Melalui Inovasi Kabah Wilda

Pemkab HSS

Wakil HSS Pamit, Ikut Seleksi Tilawatil Quran Tingkat Nasional XXVI

Pemkab HSS

4 Ponpes di HSS Ikuti Piala KASAD Liga Santri 2022
Pemkab HSS

Pemkab HSS

Siap-Siap! Pemkab HSS Rencanakan Vaksinasi Berhadiah

Pemkab HSS

Rapat Paripurna, Wabup HSS Sampaikan Pendapat Soal Raperda Inisiatif DPRD
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com