Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Punya Uang Kuno? Kolektor dan Bank Indonesia siap Membelinya dengan Harga Menggiurkan, Ini Caranya

- Apahabar.com     Senin, 12 September 2022 - 18:36 WITA

Punya Uang Kuno? Kolektor dan Bank Indonesia siap Membelinya dengan Harga Menggiurkan, Ini Caranya

apahabar.com, JAKARTA – Setiap beberapa tahun sekali, Bank Indonesia (BI) akan melakukan penerbitan uang baru. Biasanya hal ini dilakukan karena berbagai alasan mulai dari tingkat pemalsuan uang, nilai intrinsik uang, masa edar sampai kebutuhan masyarakat akan pecahan baru.

Dengan hadirnya uang baru maka uang lama pun perlahan akan mulai ditukarkan, dihacurkan atau disimpan. Jika uang tersebut disimpan dalam jangka waktu yang lama, maka boleh dibilang uang tersebut menjadi uang kuno.

Uang kuno ini memang sudah tidak bisa digunakan sebagai alat transaksi, dan secara nominal juga sudah tidak ada jika terlampau lama.

Namun bukan berarti keberadaan uang kuno menjadi tidak berharga, karena untuk sebagian orang yang memang memiliki ketertarikan dengan uang lama ini, mereka pun bersedia untuk membeli dengan harga tinggi terlebih jika keberadaanya cukup langka.

Lalu apa betul untuk bisa menjual uang kuno hanya bisa kepada kolektor, dan bagiamana standar yang dibutuhkan agar uang kuno yang dimiliki bisa segera dijual.

Standar kondisi uang kuno

Terdapat beberapa kriteria dalam menentukan harga dari uang kuno. Melansir dari ajaib.co.id berikut kriteria dari uang kuno yang bisa untuk dijual kembali seperti:

1. Fair

Uang kuno yang termasuk dalam kategori ini kondisinya sudah sangat buruk, dalam uang kuno ini bisa ditemukan coretan, bagian uang juga ada yang hilang sampai terdapat kotoran dan lainnya.

2. Fine

Uang dalam kategori ini berarti kondisinya tidak mulus, terdapat banyak kerutan dan warna yang terlihat sudah mulai memudar.

3. Uncirculated

Kondisi uang dalam kategori ini adalah yang paling baik, karena belum pernah diedarkan apalagi dipakai. Kondisinya sangat mulus dan terlihat seperti baru sehingga harga uang kuno bisa menjadi sangat mahal.

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Makhluk Misterius Diduga Tuyul

Relax

Viral, Video Penemuan Makhluk Misterius Diduga Tuyul Bikin Heboh

Relax

Respons Pertanyaan Tentang Kemungkinan Big Mouth Season 2, Begini Penjelasan Produser
Begini Tanggapan Pemuda Asal Barabai Tentang Videonya Usai Viral di Media Sosial. Foto-Istimewa

Relax

Usai Videonya Viral di Medsos, Begini Tanggapan Pemuda Asal Barabai
Tessy

Relax

Inalillahi…Istri Tessy Meninggal Dunia Akibat Diabetes, Sahabat Ungkap Kondisi Sang Pelawak

Relax

Heboh Meme ‘Begini Tanggapan Lesti’, Rizky Billar Lakukan Hal Ini

Relax

Sah, Via Vallen Menikah dengan Chevra Yolandi

Relax

Charles Jadi Raja Inggris, Gelar Pangeran William & Kate Middleton Berubah
Tangmo Nida

Relax

Merinding, Video Diduga Tersangka Kematian Tangmo Nida Berjalan Tanpa Kepala Tersebar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com