Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Masuk Grup Neraka, Pelatih: Hasil Uji Coba Bisa Jadi Keyakinan

Remaja Tanjung Priok Komitmen Bawa Perubahan lewat TBM Bahari Cerdas

- Apahabar.com     Minggu, 11 September 2022 - 08:01 WITA

Remaja Tanjung Priok Komitmen Bawa Perubahan lewat TBM Bahari Cerdas

apahabar.com, JAKARTA – Masih lekat dalam ingatan, betapa kontroversialnya pernyataan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, pada 2020 lalu. Kala itu, dia menyatakan Tanjung Priok sebagai daerah penghasil kriminalitas.

Sontak, pernyataan ini menuai kecaman, utamanya dari kawula muda setempat. Mereka khawatir stigma negatif itu bakal berimbas pada minimnya lapangan pekerjaan bagi warga Tanjung Priok.

Padahal, banyak anak muda di kawasan tersebut yang justru aktif terlibat dalam kegiatan positif. Seperti halnya, Lala Iskandar, seorang pegiat literasi yang tergabung dalam Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bahari Cerdas.

Bukan sekadar menggalakkan literasi, remaja putri yang akrab disapa Lala ini turut berkontribusi meningkatkan taraf ekonomi warga Tanjung Priok. Caranya, dengan mencanangkan sebuah bisnis yang sekiranya bisa dikembangkan warga sekitar.

Amati, Tiru, Modifikasi

Salah satu upaya Lala dalam mewujudkan hal tersebut ialah mencontoh bisnis yang sudah berhasil. Seperti, budidaya jamur mikoponik di kawasan Bumi Kepanduan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Lala, bersama remaja Tanjung Priok lainnya, mengunjungi langsung tempat budidaya tersebut. Tujuannya adalah untuk belajar mengelola potensi wilayah menjadi modal utama bisnis.

Mengingat potensi setiap wilayah berbeda, Lala mengatakan bisnis yang bakal dikembangkan pun tak sama persis. Mereka bakal mengadopsi prinsip ‘amati, tiru, dan modifikasi.’

“Kita di sini bukan untuk meniru bisnisnya, tapi mengadopsi spirit (semangat membangun bisnis),” ujarnya kepada apahabar.com, Sabtu (9/9/2022).

Setelah menimbang berbagai potensi Tanjung Priok, Lala membeberkan bahwa anggota TBM Bahari Cerdas kemungkinan bakal mengembangkan budidaya lele di dalam ember. Dia berharap hasil budidaya nantinya dapat membantu meningkatkan taraf ekonomi daerah asalnya itu.

Senada dengan hal itu, Nandha Julistya yang merupakan pegiat literasi sekaligus inisiator kegiatan ini, turut menambahkan jika literasi bukan hanya berhenti sebagai gerakan minat membaca buku, melainkan menstimulasikan pengetahuan yang diperoleh dari bacaan agar berdampak pada peningkatan kesejahteraan.

“Spirit yang coba kami tumbuhkan melalui rangkaian kegiatan ini adalah bagaimana pemuda di Priok bisa mengadopsi pola ini (kegiatan vokasi) untuk kemudian diimplementasikan sesuai potensi yang dimiliki,” pungkasnya. (Nurisma)

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

iPhone SE 5G

Relax

Baru Dirilis, iPhone SE 5G Diperkirakan Berjaya di Asia

Relax

Heboh Baku Hantam Jefri Nichol Vs Keanu, Begini Kronologinya!
Pengantin pria yang hendak mengucap ijab kabul viral di media sosial. Penyebabnya, orang di sebelahnya tak sengaja mengenai mikrofon ke giginya. Foto-Istimewa

Relax

Hendak Ucap Ijab Kabul, Pengantin Pria Ini Malah Kepentok Mikrofon

Relax

Tak Lagi Produktif di Kantor? Bisa Jadi ‘Burnout’ Penyebabnya
Dibungkus dengan Plastik ES, Hembusan Nafas Billie Elish di Jual Seharga Rp 222 Juta.

Relax

Dibungkus dengan Plastik ES, Hembusan Nafas Billie Elish Dijual Seharga Rp 222 Juta

Relax

Invasi Punk Banjar di Tengah Ramainya Industri Musik Indonesia

Relax

Ramai Uang Kertas Baru 2022, Bagaimana Cara BI Mencetak Uang?
Menganiaya Mantan Istri

Relax

Heboh! Video Pria Diduga Menganiaya Mantan Istri Saat Sedang Jemput Anak, Warganet Geram
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com