Mengenal Deretan Mobil yang Digunakan dalam Tragedi G30S PKI [Breaking News] Polri Tahan Putri Candrawathi Kecelakaan Maut di Sebamban Baru Tanbu, Truk Kontainer Timpa Pemotor Jarang Mencatat Laporan Keuangan, Jadi Penyebab UMKM Susah Naik Kelas BUMN Merugi, Siap-Siap Tak Terima Kucuran Dana PMN

Rilis Trailer Film ‘Sri Asih’, Begini Kiprah Sutradara Film Joko Anwar yang Angkat Kisah Superhero Lokal

- Apahabar.com     Selasa, 6 September 2022 - 19:15 WITA

Rilis Trailer Film ‘Sri Asih’, Begini Kiprah Sutradara Film Joko Anwar yang Angkat Kisah Superhero Lokal

apahabar.com, JAKARTA – Joko Anwar membagikan trailer film terbarunya, Sri Asih, melalui akun Twitter @jokoanwar, Selasa (6/9/2022). Video berdurasi dua menitan itu menampilkan sejumlah aktor yang bakal berlaga dalam film kedua keluaran Jagat Sinema Bumilangit.

“Inilah Official Trailer SRI ASIH. Dibintangi oleh Pevita Pearce, Reza Rahadian, Christine Hakim, Jefri Nichol, Dimas Anggara, Surya Saputra,” demikian cuitnya.

Film Sri Asih sendiri menuturkan kisah adisatria alias pahlawan wanita paling sakti di Jagat Bumilangit. Skenario film tersebut ditulis oleh Joko Anwar, dan disutradarai oleh Sartri Dania Sulfiati.

Joko Anwar dan Kearifan Lokal

Ini bukan kali pertama Joko Anwar terlibat dalam pembuatan film yang mengadopsi kearifan lokal. Dia mensutradarai film sebelumnya, Gundala, yang juga menuturkan kisah superhero khas Indonesia.

Pamor Joko Anwar sendiri terkenal sebagai sosok yang andal meramu film bergenre horor. Namanya mulai dikenal publik usai Pengabdi Setan mendulang kesuksesan. Joko Anwar berhasil mengubah nilai jual film horor Indonesia yang semula identik dengan adegan esek-esek.

Meski genre-nya berbeda, Sri Asih dan Pengabdi Setan sama-sama mengusung kearifan lokal. Premis film horor keluaran tahun 2017 itu berangkat dari kebudayaan Nusantara yang masih lekat dengan hal-hal berbau mistis.

Sementara itu, karakter superhero dalam film Sri Asih sangat melekat dengan ornamen khas Indonesia, di mana tampil berbalut kemben yang dilengkapi mahkota beserta kain selendang. Sosoknya digambarkan memiliki tinggi badan sekitar 172 cm itu bisa terbang, bertubuh kebal, dan memiliki kekuatan setara tenaga 250 pria dewasa.

Begitu pun dengan film bergenre thriller dengan judul Kala. Film yang pertama kali rilis pada 2007 itu mengisahkan keadaan politik Indonesia. Karya ini pun sukses melambungkan nama Joko Anwar hingga ke mancanegara.

Ternyata adalah Lulusan Sarjana Teknik

Sederet karya itu sudah tentu melambungkan nama Joko Anwar sebagai seorang filmmaker. Namun, siapa sangka, pria asal Medan itu rupanya menyandang gelar Sarjana Teknik.

Dia merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB), lebih tepatnya dari jurusan Aerospace Engineering. Kesempatan untuk berkecimpung di industri perfilman baru menghampirinya usai menjajali profesi wartawan.

Ya, sebelum menjadi sutradara, Joko Anwar sempat bekerja sebagai wartawan harian yang berfokus meliput dunia film. Sejak saat itu pula, dirinya dikenal menjadi kritikus film bermulut pedas.

Joko Anwar memulai debutnya di dunia perfilman melalui film Arisan. Dirinya terlibat sebagai penulis naskah bersama Nia Dinata. Adapun debutnya sebagai sutradara baru dimulai pada 2005, lebih tepatnya lewat film Janji Joni.

Demikianlah sekilas perjalanan karier Joko Anwar, sang penulis skenario film Sri Asih yang bakal tayang di layar lebar pada 6 Oktober 2022 mendatang. Terinspirasi untuk mengikuti jejaknya? (Nurisma)

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Relax

Viral Wanita Ngaku Dipoligami Ternyata Cuma Ngarang Demi Konten, Cek Faktanya!

Relax

Tari Hokya ala Marlupi Dance Academy Sukses Memukau Denmark

Relax

Eks Pengacara Bharada E Deolipa Yumara Bikin Lagu Gangster Sambo & Putri Malu
Gus Miftah. Foto-Istimewa

Relax

Jadi Saksi Pernikahan Deddy Corbuzier, Gus Miftah Tulis Pesan Menohok soal Jodoh
Film Pengabdi Setan 2 Tembus 500 Ribu Penonton di Hari Pertama. Foto-Istimewa

Relax

Film Pengabdi Setan 2 Tembus 500 Ribu Penonton di Hari Pertama, Bakal Kalahkan KKN di Desa Penari?

Relax

Dari Bunga Citra Lestari sampai Andien Pilih ‘Pengobatan Holistik’ untuk Masalahnya, Apakah itu?

Relax

Tayang Mulai 24 Mei di Indonesia, Simak Bocoran Film Top Gun: Maverick

Relax

Komposer Musik Ikonis James Bond, Monty Norman Tutup Usia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com