Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Sambut Gatriwara Kalsel, Noormiliyani Banggakan Pencapaian Perempuan Batola

- Apahabar.com     Selasa, 13 September 2022 - 19:32 WITA

Sambut Gatriwara Kalsel, Noormiliyani Banggakan Pencapaian Perempuan Batola

Bupati Hj Noormiliyani AS menghadiri pertemuan dwibulanan Gatriwara Kalsel di ruang rapat paripuran DPRD Batola. Foto: Prokopimda Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Sederet pencapaian perempuan Barito Kuala dibanggakan Bupati Hj Noormiliyani AS, ketika menghadiri pertemuan Gabungan Istri Anggota Wakil Rakyat (Gatriwara) kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Pertemuan dua bulanan tersebut berlangsung ruang rapat paripurna DPRD Batola, Selasa (13/9). Juga berhadir Hj Faridah Supian HK selaku Ketua Gatriwara Kalsel.

Dalam kesempatan tersebut, Noormiliyani menitipkan harapan agar anggota Gatriwara dapat menjadi perempuan tangguh yang mendukung kinerja suami masing-masing.

Lantas mantan Ketua DPRD Kalsel itu juga menyampaikan sejumlah pencapaian Batola dalam mengupayakan kesetaraan perempuan.

Salah satu indikator yang terlihat adalah jumlah kepala desa perempuan di Bumi Selidah. Bahkan di Kalsel, Batola menjadi satu-satunya kabupaten/kota dengan jumlah kepala desa perempuan terbanyak.

“Dari 165 desa di Batola, 13 di antaranya dipimpin kepala desa perempuan. Tentu bukan hal mudah untuk mereka bisa bersaing mendapatkan posisi ini,” bangga Noormiliyani.

“Walau masih belum mencapai kuota minimal 30 persen, pencapaian itu tetap sangat menggembirakan dan membahagiakan,” imbuh bupati perempuan pertama di Kalsel tersebut.

Selain kepala desa, 40 persen kursi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Batola, juga diduduki perempuan.

“Sekali lagi hal tersebut menjadi bukti perempuan dipercaya masyarakat, serta mampu bersaing dengan laki-laki,” papar Noormiliyani.

Kemudian di level legislatif, sejumlah perempuan juga diamanahi sebagai anggota DPRD Batola untuk periode 2019-2024.

Mereka adalah Halimah, Arfah, Rini Dewi Kencana, Ayu Dyah Liliana Sari Wiryono, Hendri Dyah Estiningrum, Jurmiah, Sri Wahyuningsih dan Rusmiati.

Sementara dalam rangkaian kegiatan yang digelar setiap dua bulan tersebut, juga diisi talk show dengan keynote speaker Sri Wahyuningsih dan Arpah.

Bertema ‘Perananan Perempuan Di Ruang Publik’, talk show yang dikemas santai itu membahas peran wanita, serta tantangan Gatriwara dalam mendukung peran suami sebagai wakil rakyat.

Secara garis besar, tema itu mengingatkan bahwa perempuan yang terjun ke dunia politik praktis harus mampu mengatur waktu, serta tidak lupa dengan kodrat sebagai ibu rumah tangga.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan silaturahmi anggota Gatriwara tetap kuat. Juga diperoleh wawasan baru dan penambahan pengetahuan dalam setiap kegiatan,” sahut Faridah Supian HK.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Barito Kuala

Luput dari Kawasan Strategis Kalsel, Bupati Batola Isyaratkan Terus Berjuang

Pemkab Barito Kuala

Batola Tuntaskan Target 70 Persen Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

Pemkab Barito Kuala

Punya Visi Jitu, Bupati Batola Raih Penghargaan Indonesia Visionary Leaders

Pemkab Barito Kuala

Apresiasi Inisiatif dan Implementasi, Sepuluh Inovasi Terbaik di Batola Diguyur Penghargaan

Pemkab Barito Kuala

Batola Raih Dua Penghargaan dari Kementerian Keuangan
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Selalu Jaga Suami, Pesan Bupati Batola Dalam HUT DWP
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Demi Kesatuan Bangsa, Masyarakat Batola Nyatakan Sikap

Pemkab Barito Kuala

Batola Pertahankan KLA Pratama, Bupati Noormiliyani Belum Puas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com