Hasil MotoGP Jepang: Quartararo Melempem, Bagnaia Crash, Selisih Poin Semakin Menjauh Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5

Sangat Manipulatif, Kenali Ciri Psikopat yang Mungkin Ada di Sekitar Anda

- Apahabar.com     Jumat, 16 September 2022 - 07:00 WITA

Sangat Manipulatif, Kenali Ciri Psikopat yang Mungkin Ada di Sekitar Anda

Ilustrasi seorang psikopat (Foro: Secret Bristol)

apahabar.com, JAKARTA – Saat menonton film tentang pembunuhan berantai, ditemukan sosok utama si pembunuh yang seringkali disebut sebagai psikopat.

Banyak dari adegannya yang menggambarkan tokoh dengan kepribadian yang dingin, penyendiri, dan misterius. Atau sebaliknya, tokoh pembunuh justru terlihat periang dan bukan orang yang anti-sosial.

Lalu mengapa penggambaran ini seringkali berbeda? Ternyata memang psikopat sebetulnya merupakan gangguan kepribadian yang ditandai dengan beberapa ciri seperti anti-sosial, tidak memiliki empati dan sulit untuk mengendalikan emosinya.

Sayangnya orang dengan gangguan ini seringkali menutupi sifat aslinya dan terlihat layaknya orang normal hingga membuat keberadaan mereka sulit untuk dideteksi.

Dilansir dari sebuah studi yang dimuat di jurnal Psychiatriki pada 2012, jumlah orang dengan gangguan kepribadian psikopat diperkirakan mencapai satu persen dari total populasi umum.

Dan dari penelitian tersebut diperoleh fakta menarik, yakni pria tiga kali lipat lebih banyak mengalami gangguan mental ini dibandingkan wanita.

Apa itu Psikopat?

Dalam bahasa Inggris sering disebut psychopath, namun lebih lumrah dengan sebutan psycho yang artinya gangguan mental.

Perlu diketahui, psikopat tidaklah sama dengan sosiopat, meski kedua kondisi ini termasuk ke dalam kelompok gangguan kepribadian antisosial.

Sebab orang yang psikopat tidak dapat merasakan emosi. Empati yang ditunjukkan oleh seorang psikopat hanyalah manipulatif, yaitu dengan mempelajarinya dari respons orang lain.

Sedangkan, orang yang sosiopat masih dapat merasakan empati terhadap orang lain, tetapi mengabaikan norma-norma sosial dan cenderung lebih impulsif serta semena-mena. Dibandingkan dengan psikopat, seorang sosiopat lebih mudah gelisah.

Apa Ciri-Ciri Seorang Psikopat?

1. Memiliki pesona dan pandai beretorika

Psikopat umumnya berbicara dengan percaya diri dan berenergi dengan berbagai informasi yang meyakinkan. Kebanyakan mereka adalah orang dengan daya tari yang memesona dan membuat orang benar-benar menyukai individu dengan aura dan sikapnya.

2. Arogansi tinggi

Tampak karismatik atau menggetarkan bagi orang lain, bahkan terkesan sombong. Orang dengan kondisi ini percaya bahwa mereka adalah manusia yang unggul.

3. Mudah bosan

Seseorang dengan psikopati sering kali memiliki kedisiplinan yang rendah dalam menjalankan tugasnya hingga selesai, karena mereka mudah bosan.

Mereka tidak akan bisa bekerja dalam pekerjaan yang sama untuk waktu yang lama atau tugas-tugas yang mereka anggap membosankan atau rutin.

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Relax

Komika Marshel Widianto Gombalin Bule di Paris, Sukses Bikin Salting!
Viral Driver Ojol Dapat Kabar Duka Anaknya Meninggal Dunia saat Mengantar Pesanan. Foto-Istimewa

Relax

Viral Driver Ojol Dapat Kabar Duka Anaknya Meninggal Dunia saat Mengantar Pesanan

Relax

WHO Sebut Indonesia Peringkat ke-3 Penyakit Kusta, Kenali Gejala dan Bahayanya
mobil terbakar, begini tips mencegahnya

News

Tips Agar Kendaraan Tidak Mudah Terbakar, Nomor 5 Sering Diabaikan

Relax

6 Artis Melahirkan di Tanggal Cantik, Aurel Hermansyah hingga Nadine Chandrawinata

Relax

Sebelum Menyehatkan, Mesin Olahraga Treadmill adalah Alat Penghukum, Kok Bisa?

Relax

Kecelakaan Maut Cibubur: Rem Blong Jadi Sumber Malapetaka. Pengemudi Wajib Tahu Cara Mencegahnya

Relax

Mirip Film ‘Miracle in Cell No 7’, Begini Pilunya Kisah Korban Salah Tangkap di Dunia Nyata
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com