Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Sehari Bakar 800 Ribu Barel Minyak, Menteri ESDM Dorong Konversi ke Kendaraan Listrik

- Apahabar.com     Kamis, 1 September 2022 - 19:12 WITA

Sehari Bakar 800 Ribu Barel Minyak, Menteri ESDM Dorong Konversi ke Kendaraan Listrik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (kanan) bersama Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (kiri) memberikan keterangan usai mengikuti program Penguatan Antikorupsi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) untuk para penyelenggara negara di kantor KPK, Gedung Merah Putih, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Program yang diselenggarakan KPK tersebut merupakan upaya pencegahan yang salah satunya diimplementasikan melalui pendidikan untuk membangun integritas bagi penyelenggara negara sehingga tidak korupsi. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengungkapkan jika per sepeda motor menghabiskan satu liter Bahan Bakar Minyak (BBM) per hari, maka Indonesia telah membakar 800.000 barel minyak per hari.

Arifin mensimulasikan jika harga minyak sekarang 100 USD, maka setiap hari Indonesia sudah membakar USD80 juta atau atau sebesar Rp1,2 triliun yang dijadikan asap. Karena itu, kata Arifin, pemanfaatan kendaraan berbaterai listrik digadang-gadang menjadi solusi mengurangi konsumsi BBM dan emisi karbon.

“Di Indonesia ini sekarang ada 120 juta sepeda motor. Beberapa contoh yang ada di sini sepeda motor buatan tahun 2000-an. Sesudah di konversi kita lihat juga bagus dan ada beberapa manfaat yaitu pertama mengurangi emisi. Kita tahu bahwa emisi ini sangat berdampak terhadap lingkungan dan juga kesehatan kita, ini bisa menghemat BBM,” kata Arifin dalam Parade Konversi Sepeda Motor BBM di Bali dalam siaran daring, Kamis (1/9).

Arifin menjelaskan pemerintah sedang menyiapkan strategi ke depan untuk bisa memanfaatkan kendaraan bermotor berbaterai listrik. Guna menjalankan strategi tersebut, pihaknya telah melakukan peninjauan stasiun pengisian kendaraan listrik sampai melakukan diskusi dengan para pengguna kendaraan listrik.

“Kemarin saya beberapa hari yang lalu, juga meninjau stasiun pengisian kendaraan listrik. Saya bicara dengan pengemudi dari Grab, juga Gojek. Berapa kamu bayar? 10.000 rupiah all in, all day, sedangkan kalau pakai BBM berapa?,” tanya Arifin.

“Tiga liter atau dua liter sehari. Sekarang 2 liter kali 7.650 rupiah itu udah 15.000 rupiah. Ongkos pengisian baterai itu hanya 10.000 all day, ini pengisiannya bisa juga nanti di lakukan di rumah atau juga bisa pengganti sistem baterai persis seperti kita kalau mengisi bensin,” tambahnya.

Pemerintah saat ini sedang membuat transmisi dan beberapa industri sudah memulai, Arifin berharap Indonesia bisa memproduksi komponen yang dibutuhkan untuk konversi kendaraan listik di dalam negeri.

Hal tersebut menurutnya akan menumbuhkan industri baru serta akan menyerap tenaga kerja baru yang dapat di alihkan secara nasional.

“Kita punya bahan mineral yang bisa dipakai untuk membuat baterai. Ya kita punya nikel, kita  punya tembaga, dan lain sebagainya. Nah itu sekarang ini sedang diupayakan untuk diproses, dari bahan mentah menjadi bahan jadi dan tidak hanya motor, tapi juga akan masuk ke industri kendaraan empat roda dan selanjutnya,” tutup Arifin.

Reporter: Resti

Editor: Bethriq Kindy Arrazy - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

SC Munas HIPMI

News

HIPMI Tetapkan Tiga Bakal Calon Ketua Umum Hasil Verifikasi

News

Membanggakan, Anak Penjual Ikan Sukses Jadi Kades di Kotabaru

News

Dua Tahun Corona di Banjarmasin, Pasien Ulin-01 Temukan Banyak Perbedaan
Banjir Banjar

News

Update Banjir Kalsel: 6.392 Rumah Terendam, Banjar Terparah

News

Analisis Pakar Soal Upaya Presiden Jokowi Damaikan Rusia & Ukraina

News

Spesifikasi Sukhoi Su-30 Rusia yang Diklaim Ditembak Jatuh Ukraina

News

Rusia Balas Beri Sanksi AS dan Eropa, Terkait Luar Angkasa
Sylvi

News

Anggota DPD: Mungkin Sesuai Harapan Rakyat, Tapi Keputusannya di Presiden 
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com