Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB

Sering Terkecoh Lantaran Mirip, Begini Cara Membedakan Bahan Kulit Asli atau Sintetis

- Apahabar.com     Kamis, 8 September 2022 - 07:00 WITA

Sering Terkecoh Lantaran Mirip, Begini Cara Membedakan Bahan Kulit Asli atau Sintetis

apahabar.com, JAKARTA – Memiliki barang dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau merupakan harapan semua orang. Sayangnya seringkali barang berkualitas tersebut harganya terlewat mahal karena menggunakan bahan alami, sedangkan barang dengan kualitas standard lebih memiliki harga yang terjangkau.

Salah satu yang bisa dijadikan contoh paling tepat adalah penggunaan bahan kulit untuk produk fashion seperti jaket, ikat pinggang, dompet, dan tas. Seringkali produk dengan bahan kulit dinilai lebih tahan lama, kuat, dan elegan.

Sayangnya dengan harga kulit asli yang terlampau mahal, dan banyaknya permintaan akan produk kulit ini maka munculah alternatif yaitu kulit sintetis. Lalu apa sebetulnya perbedaan antara kulit asli dengan kulit sintetis dan bagimana cara membedakannya?

Mengenal Jenis Kulit Asli dan Sintetis

Kulit asli merupakan material yang berasal dari lapisan kulit hewan asli, kulit hewan yang dimaksud disini seperti kulit buaya, sapi, atau ular. Dengan berbagai proses kulit ini diolah sampai akhirnya menjadi barang yang siap pakai. Beberapa contoh jenis kulit asli yang populer di dunia diantaranya grain leather, goatskin, dan lambskin.

Sedangkan untuk kulit sintetis adalah jenis kulit yang terbuat dari bahan sintetis (hasil rekayasa kimia), dalam pengolahannya melibatkan berbagai bahan seperti lilin dan pewarna untuk menghasilkan warna dan tekstur yang menyerupai kulit asli.

Dari sumber lain mengatakan bahan sintetis terdiri dari campuran antara serat alami dan sintetis, bahan sintetis biasanya dibuat dari poliuretan (PU) dan Poliviniklorida (PVC).

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Relax

Kondisi yang Memungkinkan Pasien Kanker Bisa Dirawat di Rumah
Sembunyi di Kolong Bus

Relax

Miris! Alasan Tidak Punya Ongkos Pria Ini Sembunyi di Kolong Bus Demi Pulang Kampung
Kaesang

Relax

Usai Kahiyang Ayu, Unggahan Bobby Nasution Bikin Salfok, Kaesang Pangarep-Erina Gudono Siap ke Pelaminan?
Shahnaz Indira

Relax

Top! Shahnaz Indira Model Curvy Asal Indonesia Debut di London Fashion Week 2023
Pawang Hujan Mandalika

Relax

Jadi Pawang Hujan Mandalika di MotoGP 2022, Segini Tarif Rara Istiati Wulandari
Elon Musk

Relax

Ngaku Mau Beli Manchester United, Elon Musk: Itu Hanya Lelucon

Relax

Viral Potret Reporter Terjebak Banjir Seoul Korsel Tuai Sorotan Warganet!

Relax

Digandeng Sony Music, Band Batulicin Primitive Monkey Noose Siap Ngerock di Album Perdana
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com