Viral Keributan Suporter Futsal Antar Pelajar di Banjarbaru, Polisi Turun Tangan Rodney Goncalves; Pemain Barito Putera Harus Punya Rasa Marah dan Lapar Hasil MotoGP Jepang: Quartararo Melempem, Bagnaia Crash, Selisih Poin Semakin Menjauh Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan

Si Paling Maksa! Begini Cara Ampuh Atasi Orang yang Bersikap Control Freak  

- Apahabar.com     Jumat, 16 September 2022 - 18:33 WITA

Si Paling Maksa! Begini Cara Ampuh Atasi Orang yang Bersikap Control Freak   

Ilustrasi orang dengan karakter Control Freak (foto: Pexels)

apahabar.com, JAKARTA – Apa yang dirasakan ketika bertemu dan menghadapi seseorang yang suka sekali mengatur?, risih, emosi, atau kesal. Jika iya maka mungkin anda sedang bertemu dengan seseorang yang bisa disebut control freak.

Profil orang yang identik pemaksa ini sendiri merupakan kondisi seseorang yang ingin mengontrol segala hal di sekelilingnya agar sesuai dengan keinginannya.

Hal ini juga berlaku untuk orang lain yang dituntut harus bersikap atau berperilaku sesuai dengan apa yang dia mau.

Seringkali karakter ini juga dikaitkan dengan beberapa masalah psikologis seperti OCD, gangguan kecemasan dan gangguan kepribadian.

Biasanya orang yang seperti ini tidak sadar dengan perilaku suka mengaturnya, karena hal tersebut merupakan cara untuk bisa melampiaskan kecemasan yang dirasakan.

Ciri- Ciri Orang Control Freak

1. Selalu merasa benar

Jika bertemu dengan seseorang yang tidak pernah mau mengakui kesalahannya dan merasa dirinya selalu benar, mungkin ini adalah salah satu ciri dari seorang yang control freak.

Biasanya orang seperti ini juga sering berlaku playing victim dan tidak ingin disalahkan, bahkan disaat kondisi sudah menunjukan bahwa dirinya terbukti salah.

2. Banyak menuntut

Biasanya karakter ini merasa senang jika apa yang diinginkannya selalu dituruti oleh orang lain, namun terkadang keinginannya tersebut seringkali melewati batas kewajaran dan bisa sampai merugikan orang lain.

Bayangkan saja ketika untuk makanan ataupun cara berpakaian harus selalu sesuai dengan keinginannya, dan masih banyak lagi aturan yang pastinya semakin lama akan membuat kita kesulitan.

3. Bersikap kasar

Dengan banyak tuntutan yang diberikan, mungkin saja akan ada yang tidak bisa dipenuhi. Orang control freak tidak akan ragu untuk berlaku keras bahkan sampai kasar jika tuntutanya tidak dipenuhi.

Tindakan kasarnya tidak hanya sebatas kata-kata namun juga perbuatan seperti memukul, menampar, dan tidakan lainnya yang bisa menimbulkan luka fisik dan psikis.

4. Intimidasi

Tidak jarang seorang yang memiliki keberhasilan dan kekuasaan akan sering merendahkan bahkan sampai merusak reputasi orang lain. Hal ini bisa terlihat saat dirinya meremehkan hasil pekerjaan orang lain demi menunjukan seberapa baik dirinya dalam bekerja.

Cara Menghadapi Orang dengan Control Freak

Tentunya menghadapi orang control freak memang tidak mudah, terlebih untuk korban yang sudah merasakan dampak negatif secara langsung dari sikap ini.

Maka jalan terbaik untuk bisa keluar dari jeratan orang seperti ini adalah jangan pernah mendiamkan perbuatan mereka.

Selain itu beberapa cara ini juga bisa diterapkan diantaranya seperti berusaha menjaga jarak dan jangan memaksakan diri.

Kemudian berusaha mengkomunikasikan dengan pelaku mengenai sikapnya yang dirasa sudah merugikan kalian, dengan menggunakan bahasa yang sopan namun tetap tegas.

Tidak perlu memusingkan bagimana caranya dia menjatuhkan kalian dengan sifatnya, cukup fokus pada diri sendiri dan berikan yang terbaik dalam pekerjaan apapun.Hal ini menjadi penting karena akan sulit untuk mengubah orang dengan control freak.

(Thomas)

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Malaysia

Tak Berkategori

Perbatasan Dibuka, Malaysia Cabut Larangan Berpergian Warganya
Sabu

Tak Berkategori

Simpan Sabu, Ibu Rumah Tangga di Banjarbaru Diciduk Polisi
Lokasi Syuting

Tak Berkategori

Perlakuan di Lokasi Syuting: Raffi Ahmad Tidur di Kamar, Rizky Billar Beralas Karpet
Sebuah Cinta

Tak Berkategori

Rilis Album Sebuah Cinta, Mahen Terinspirasi Mendiang Glenn Fredly
Perampok

Tak Berkategori

Kronologi Penangkapan Perampok Ngaku Dikuasai Setan di Balikpapan
apahabar.com

Tak Berkategori

Viral di Banjarmasin, Penipu Kena Prank Perempuan Muda
Banjarmasin

Tak Berkategori

Mapolresta Banjarmasin Terbakar, 75 Persen Berkas Perkara Ludes!
apahabar.com

Tak Berkategori

Positif Covid-19, Presiden AS Donald Trump Dipindahkan ke Pusat Medis Militer
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com